Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Tuhan Musuhan Dengan Orang Kaya

mercy's picture

Tuhan Musuhan Dengan Orang Kaya

 

Saya pernah mendengar orang-orang berbicara tentang teologi kemakmuran, dimana intinya adalah mengajarkan bahwa Tuhan menghendaki kita sukses, kaya, sehat, diberkati dll. Kalau kita miskin, maka ada yang tidak beres dengan kehidupan kita, entah itu masih ada kutuk yg belum diputus, iman yang kurang, atau dosa yg masih belum dibereskan (masih disimpan).

Hidup ini dimaksudkan Tuhan untuk dinikmati. Tidur di hotel mewah, makan di restoran bagus, liburan ke luar negri, dan juga membeli mobil terbaru dan termahal. Bapa kita adalah pemilik alam semesta, tidak mungkin Dia akan membiarkan anakNya tinggal dalam kemiskinan dan sakit penyakit. Karena kita adalah anak Raja, maka Allah ingin kita menikmati semua fasilitas yg ada di dunia ini.

Sepanjang kita tidak melanggar Firman Tuhan seperti berzinah, mencuri, membunuh apa yang salah dengan menjadi kaya. Selama kita memberi persembahan untuk hamba Tuhan, untuk misi dan penginjilan bahkan memberi perpuluhan, apa yang salah dengan memiliki harta kekayaan materi yang berlimpah-limpah.

Jika ada orang yang merasa terganggu dengan keberadaan dan gaya hidup para penganut teologi kemakmuran, pastilah dikarenakan orang tersebut iri.

Mungkin dalam bahasa “gaul” , aplikasi dari teologi kemakmuran adalah MUDA FOYA-FOYA, TUA KAYA RAYA, MATI MASUK SORGA.

Kendati demikian, tidak bisa disangkal, tentunya ada banyak juga orang Kristen yang menentang ajaran dari penganut teologi kemakmuran dengan pemikiran bahwa, orang kaya itu konotasinya tidak rohani.

Argumentasinya adalah bahwa, menurut banyak ayat-ayat di Alkitab, orang kaya merupakan kelompok yg tidak disukai alias dimusuhi oleh (Firman) Tuhan. Lihat saja ayat-ayat berikut dibawah ini.

(Luk 6:24) Tetapi celakalah kamu, hai kamu yang kaya, karena dalam kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu.

(Luk 18:25) Sebab lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."

(Yak 1:10) dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput.

Bukankah Firman Tuhan tidak mungkin salah, bukankah ayat-ayat diatas dengan jelas menunjukkan ketidaksukaan perihal sesuatu yg disebut kekayaan. Bukankah orang kaya sangat sulit bahkan hampir mustahil masuk Kerajaan Allah.

Disamping apa yang dikatakan alkitab, saya juga pernah mendengar istilah-istilah seperti berikut sehubungan dengan dukungan terhadap kemiskinan:

Biar Miskin didunia asal kaya di sorga

Contohlah hidup Yesus, selama di bumi Yesus kan miskin.

Malah ada yg bilang semakin miskin seseorang, maka semakin rohani orang tersebut.

Dari beberapa ayat Firman Tuhan diatas ditambah dengan istilah-istilah diatas, rasanya sulit untuk mendapatkan celah adanya dukungan Firman Tuhan yang menyatakan bahwa Yesus suka dengan orang kaya. Sebab semua ayat diatas serta istilah-istilah dibawahnya, mengindikasikan dengan jelas mengenai ketidaksukaan Tuhan kepada orang kaya.

Namun demikian, seandainya ada peluang, saya tetap lebih suka menjadi orang kaya, tentunya tanpa dimusuhi oleh Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

esti's picture

Orang kaya masuk sorga ....."

Dear Mercy, Pernyataan mu yang terakhir semua orang juga mau, Tetapi biasanya orang kaya itu banyak maunya... Mau rumah lagi, mau mobil lagi, mau permata lagi dan segudang "mau" yang lain. Karena semua mau tadi mengarah kepada kesenangan pribadi, sedangkan ikut Tuhan itu harus meninggalkan keinginan2 duniawi, jadi sekarang tinggal pilih yang mana? Meski aku juga pengin seperti pernyataanmu, tapi kalau disuruh milih aku pilih ikut Tuhan. Kan ada firman yang mengatakan: lebih mudah seekor onta masuk lubang jarum dari pada orang kaya masuk sorga. OK Grace, Met malam, aku ngaso dulu ya" Salam"
mercy's picture

Oma, selamat pagi

Dear Oma,

Terima kasih sudah berkomentar. Bagaimana kabar oma dan keluarga hari ini? Semoga dalam keadaan baik ya oma.

Oma, Sebagai jemaat, saya mendapati ada dua penjelasan yg tidak selaras soal miskin dan kaya, yang pernah disampaikan oleh orang-orang kristen pada umumnya, dan oleh para pendeta/penginjil pada umumnya, seperti yg saya sampaikan dalam tulisan saya diatas. Itulah mengapa saya menuliskannya untuk "digunjingkan" oleh pedagang dan pengunjung/pembeli di Pasar Klewer ini.

Hal berikutnya, apa sebetulnya standar kaya menurut pengertian umum? Kemudian apa sebetulnya standar kaya menurut Alkitab? Sekali lagi yg saya maksudkan adalah kaya secara jasmani/lahiriah.

Mengenai onta masuk lubang jarum, seperti kita ketahui, sebagian pendeta menjelaskan yg dimaksud lubang jarum adalah sebuah pintu gerbang yg ada di Israel, dimana kalau onta masuk, harus menunduk dan menurunkan beban yg ada di punggungnya.

Tuhan Yesus memberkati.

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

Kristi's picture

Orang kaya masuk sorga.....mungkin bagi Allah....

Dear Oma Esti...

Oma menulis:

Kan ada firman yang mengatakan: lebih mudah seekor onta masuk lubang jarum dari pada orang kaya masuk sorga.

Dulu saya berpikir, wah jadi orang kaya itu sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar masuk sorga ya, lha wong onta masuk lubang jarum yang ....mana mungkin....tapi itupun masih lebih mudah.

Tapi untunglah ada ayat selanjutnya dari perikop firman tersebut di Lukas 18

 

18:24  
Lalu Yesus memandang dia dan berkata: /"Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah.*

18:25
 
/Sebab lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."*

18:26
 
Dan mereka yang mendengar itu berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"

18:27
 
Kata Yesus: /"Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah."*

Ayat yang ke-27 bagian terakhir....mungkin bagi Allah

Jadi yang sepertinya sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar masuk surga....bisa jadi mudah bagi ALLAH.

Makanya kalau kita diberi kemakmuran oleh Tuhan, itu tujuannya adalah untuk memakmurkan orang lain juga. Artinya diberi untuk memberi.

Mari kita muliakan Tuhan dengan harta kita....

 

Hayo...siapa yang tidak mau makmur?


GOD IS LOVE

__________________

GOD IS LOVE

jesusfreaks's picture

@mercy : teologi kemakmuran

Dear mercy, Teologi kemakmuran tidak hanya bicara kekayaan, tp jg kesehatan, kesuksesan, status. Tidak ada yang salah dengan itu semua. Yang salah ketika semuanya itu DIJADIKAN STANDART KEHIDUPAN BERTUHAN. Kenapa mesti bersusah menjadi makmur. Kalau kita memanggil DIA, BAPA. Kalau DIA yang kita sebut BAPA itu pemilik alam semesta ini, bukankah kita yang dianggap anakNYA otomatis menjadi anak orang terkaya didunia ini.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mercy's picture

@JF, Mana yg benar dan bagaimana penerapannya?

Dear JF,

Pada tulisan saya diatas, saya juga mencantumkan perihal sehat, sukses dll sebagai bagian dari apa yg disebut teologi kemakmuran.

Dalam pemahaman saya, kalau kita sepakat dengan teologi kemakmuran, maka otomatis kita akan menjadikan kekayaan, kesehatan, sukses dll sebagai STANDART KEHIDUPAN BERTUHAN. Tentu Tuhan kita tetap Tuhan Yesus (maksud saya kita tidak memberhalakan kemakmuran - walau dalam praktek akan sulit).

Kemudian, saya mendapati bahwa definisi kaya (secara jasmani/lahiriah) dalam pengertian secara umum juga belum jelas. Mungkin Anda punya definisi kaya?

Anda juga berkomentar:

Kenapa mesti bersusah menjadi makmur. Kalau kita memanggil DIA, BAPA.
Kalau DIA yang kita sebut BAPA itu pemilik alam semesta ini, bukankah kita yang dianggap anakNYA otomatis menjadi anak orang terkaya didunia ini.

Mana yg banar, kita dianggap anakNya atau kita memang anakNya?

Kemudian, karena menurut Anda kita otomatis menjadi anak orang terkaya didunia, apa yg kita bisa buat sesuai pernyataan tersebut?

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

Priska's picture

Kaya apa ya?

Kaya apa ya? Punya uang banyak, punya rumah mewah, punya mobil selusin, punya apa lagi ya... mmm, kesehatan yang bagus dan anak2 yang berhasil, semuanya terlihat OK dan proper (maksudnya sesuai pada tempatnya masing2). Itukah yang disebut kaya??? Aku tidak pernah menolak ajaran kemakmuran atau anti dengan itu. Tapi justru ketika orang diberkati secara berlimpah, itulah ujian terberat dalam hidupnya. Karena seakan akan orang yang (sudah terlanjur) kaya, dapat melakukan segalanya tanpa Tuhan. So, apapun itu... kalau aku (secara pribadi) lebih pilih "kaya yang Tuhan mau aja degh" (bahasa indonesianya: seperti yang Tuhan mau saja lah... he he he...) Karena kalau nurut kemanapun yang Tuhan mau (entah kaya ataupun miskin), pasti degh... tetep ae ngerasa "AYEM" (damai sejahtera) GBU ^_^ "I can do all things through Christ who strengthen me"
__________________

"I can do all things through Christ who strengthen me"

mercy's picture

@Priska, Tuhan mau kita kaya

Dear Priska,

Priska mengatakan "seperti yang Tuhan mau saja". Karena di blog ini kita sedang berbicara mengenai kaya atau miskin secara jasmani, maka bolehkah saya mengartikan kalimat "seperti yg Tuhan mau saja" menjadi kalimat "Tuhan mau supaya kita kaya", khususnya berdasarkan ayat dibawah ini.

2 Kor 8:9 Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinanNya.

Btw, ibu guru Priska sedang sibuk-sibuknya ya sekarang?

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

Anto Hermawan's picture

Kaya apa miskin ya enaknya

kalo menurut aku, jadi kaya atau miskin, itu sudah Tuhan takarkan buat kita masing-masing sesuai kekuatan kita. Jadi seperti Firman Tuhan bilang: Jangan Berikan aku kekayaan atau kemiskinan, tetapi berikan aku apa yang menjadi bagianku. Kaya itu bukan hanya bicara materi tetapi sikap hati. Sebab orang bisa miskin materi tetapi limpah hatinya, sebaliknya orang kaya bisa miskin hatinya. Jadi kaya menurutku tidak haram dihadapan Tuhan. Perumpamaan Tuhan tentang orang kaya dan lazarus si miskin, Orang kaya msuk ke neraka, tetapi Lazarus ,masuk ke surga duduk di pangkuan bapa Abraham. Apakah orang kaya tidak masuk surga? Ngga juga tuh, bapa Abraha itu orang yang amat teramat kaya, tetapi dia duduk di surga memangku Lazarus. Jadi sekali lagi, Tuhan mau kaya itu di hati.. Segala sesuatu itu tiada yang menjadi milik kita, semuanya milik Tuhan. Kalo Tuhan minta ya lepaskanlah... Ada orang yang anti kemakmuran, dan dia seharusnya bersukacita dengan kemiskinannya. tetapi nyatanya jarang sekali orang miskin memiliki hati yang sukacita, yang ada gerundelan, omelan dan impian untuk jadi serba cukup. So semuanya tergatung kita..bagaimana??
mercy's picture

@Anto, semua memang milik Tuhan

Dear Anto, salam kenal ya,

Sering orang berkata bahwa semua yg ada padanya adalah milik Tuhan. Namun, bagaimana sebenarnya penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, bisakan Anda memberi contoh? Kemudian, konsekuensi dari pernyataan itu, siapakah yg sudah melaksanakan sepenuhnya?

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

Samuel Franklyn's picture

Watchman Nee pelaksana semua milik Tuhan

Saya pernah baca buku Watchman Nee dimana dia berkata bahwa diantara para pelayan Tuhan dalam pelayanan di mana dia melayani maka dia adalah orang yang paling sering memberikan uang terakhir dia kepada orang lain. Inilah cara melaksanakan prinsip semua milik Tuhan. Saya sendiri pernah melakukan apa yang dilakukan Watchman Nee yaitu memberikan uang terakhir saya untuk kepentingan orang lain. Ibu saya juga begitu bahkan lebih sering dari saya. Yah mungkin ini semacam  penyakit gila keturunan. He he he.
mercy's picture

@SF, That's good

Dear SF,

Thanks sudah memberi komentar pada tulisan ini.

Apa yg kamu dan Ibu kamu lakukan, tentu saja hal yang baik.

dalam pemahaman saya, kalimat "SEMUA MILIK TUHAN" memiliki konsekuensi SELALU atau SENANTIASA.

Maksud saya, penerapan atau aplikasi dari "SEMUA MILIK TUHAN" dan kita adalah pelaksana atau pengelolanya, maka kita harus selalu bersikap seperti contoh yang kamu lakukan.

Saya mengenal orang yang cukup sering melakukan hal-hal seperti yang kamu lakukan, tapi TIDAK SELALU.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

Dedy Yanuar's picture

menurutku arti "semua milik Tuhan"

brp banyak harta yg kita punya????

kalau mobil kita dibakar massa....

kalau dompet kita diambil pencopet....

kalau rumah kita kemalingan....

kalau tubuh kita menderita penyakit....

kita akan tetap bisa bersyukur.

sebab apa yg kita punya adalah Tuhan punya. jadi kalau ilang yg ilang punya-Nya Tuhan, bukan punya kita.

hal ini dapat membuat kita hidup lebih nyaman. gak bakal pusing mikirin barang yg kita anggap paling berharga kalau ilang.

segitu dulu....

Dedy Yanuar

mercy's picture

@Dedy, saya akui

Dear Dedy,

Terima kasih buat komentarnya.

Saya harus mengakui dengan jujur bahwa apa yg kamu tulis, saya belum sanggup untuk senantiasa melakukan sepenuhnya.

But, anyway, thanks a lot for the suggest.

GBU bro.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

Dedy Yanuar's picture

@mercy aku juga lagi belajar

aku juga sedang belajar melakukan hal itu.

sebenarnya dulu aku pernah mencoba bunuh diri, karena tidak ada yg aku anggap berharga untuk dipertahankan.

Untunglah Yesus datang kedalam kehidupanku, karena Yesuslah aku ada sampai hari in.

jadi hal yg lain (diluar tentang Yesus) aku anggap sampah.

kalau sampah ilang ya gak apa2, itu kan sampah?

sampah = hal yang fana = hal yg tidak bisa dibawa ke sorga.

GBU 

mercy's picture

@Dedy, terima kasih untuk kesaksiannya

Dear Dedy,

Thanks buat kesaksiannya.

Nasehat yg disampaikan Rasul Paulus mengenai menganggap "yg dulu sebagai keuntungan, namun sekarang sebagai sampah, setelah mengenal Kristus" memang sedang saya kerjakan, sedikit demi sedikit.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

esti's picture

Buang sampah angel lho ....."

Dear Mercy n Dedy,

Sampah itu kalau nggak cepet2 dibuang bisa jadi beban lho"

Tapi ngomong2 gimana ya cara buang yang simple?

 

Salam"

Josua Manurung's picture

cara mbuang sampah yang simple...

boleh marah tapi tidak mendendam...

boleh kesal tapi tidak dibawa tidur...

boleh ngambek tapi jangan berhari-hari...

cara buang sampah yang simpel adalah bicara...

sharing kepada orang lain....

lalu tutup... case closed bukan untuk dijelek-jelekkan

atau mencari dukungan dan persetujuan

untuk menjelek-jelekkan...

biasanya ini ibu-ibu dan nona-nona 

yang suka gosip...

 

ada cara yang lebih simple lagi...

biar sampahnya mbuangnya ndak susah...

miliki hati yang gampang mengampuni...

ahh...

susah apa simpel ini...

hehehe...

 

TUHAN KUASA!

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

esti's picture

Sampah Dedy, Mercy n JM......

Dear JM,

Kalau sampah yang JM maksudkan sih memang gampang tinggal buang kelaut byuuuurrr..... sirnalah sudah.....

Tapi yang dimaksud sampah menurut Mercy n Dedy itu adalah sampah yang enak, sampah berkat lho siapa yang tidak tergiur? Kekayaan, kepandaian keberuntungan, kesuksesan itu harus dianggap sampah kalau mau bener2 ikut Tuhan Yesus(seperti mas Paulus). Lha opo ora eman2 to? Monggo kulo aturi dipun renungaken rumiyin nggih mas JM" terjemahannya minta sama JF saja ya.

 

Salam"

 

Josua Manurung's picture

walah...

walah.. iki pake bahasa Prancis... mas waskami.. mas waskita... siapa saja... apa ini artinya.... supaya direnungkan ya... hahaha... Selamat Hari MINGGU semuanya...

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

mercy's picture

@Oma, Sampah bagi saya

Dear Oma, apa kabar hari ini?

Terima kasih buat komentarnya, sekalipun sebagian yg dalam bahasa "prancis" saya boten understand.

Menurut saya, sampah adalah segala sesuatu yang Tuhan tidak suka jika hal tersebut ada dalam kehidupan kita.

Dan melalui tulisan ini, saya bermksud kita sharing tentang bagaimana kita memandang kesuksesan, berkat, kepandaian, kekayaan, keberuntungan dalam perspektif kekristenan.

Tentu saja saya pribadi tidak memandang berkat sebagai sesuatu yang tidak disukai Tuhan, sebab berkat (dalam pengertian yg benar) tentunya berasal dari Tuhan.

Alasan saya menulis blog ini, karena (sekali lagi) saya menemukan adanya pandangan yg berbeda dari orang kristen dalam memandang kekayaan dll.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

erick's picture

Moto ku

Ehm,.....Judulnya: Tuhan musuhan dengan orang kaya, genralisasi dari mana? Mana mungkin Tuhan bermusuhan karena Dia adalah Kasih. Orang kaya selalu dikonotasikan dengan tidak rohani, terus Mercy ambil ayat Alkitab yang dapat mendukungnya. Disisi lain, Mercy mengambil istilah yang mendukung kemiskinan,.... otakku ga mudenk ah.... Tetapi satu motoku, sedikit beda tapi akhirnya sama masuk sorga: MUDA KERJA KERAS, TUA KAYA RAYA, MATI MASUK SORGA.
__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

mercy's picture

@erick, memang saya sengaja

Dear erick,

Alasan saya menulis "Tuhan musuhan dengan orang kaya" adalah karena pada kenyataannya, saya menemukan adanya sikap mendua hati diantara orang kristen terhadap kekayaan (ada yg pro dan ada yg kontra), apalagi jika yg kaya itu adalah seorang pendeta.   

Tuhan Yesus memberkati.

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

jesusfreaks's picture

@erick : disorga memberontak

Muda kerja keras, tua kaya raya, mati masuk sorga, disorga memberontak.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mercy's picture

@JF, Tolong tunjukkan

Dear JF,

Tolong tunjukkan bagian Firman Tuhan yg mendukung pernyataan bahwa nanti di sorga manusia masih mungkin memberontak. Dan juga seperti yg Anda bilang di blog yg lain (saya lupa blog yg mana), bahwa kalau nanti di sorga manusia memberontak, maka akan dibuang (apakah maksud Anda dikeluarkan dari sorga), karena tidak ada kesempatan lagi untuk bertobat.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

mercy's picture

@JF, mana ayatnya?

Dear JF,

Saya masih menunggu ayat Firman Tuhan yg mendukung pernyataan diatas, bahwa di sorga nanti manusia masih bisa memberontak.

Juga tolong disampaikan ayat Firman Tuhan yg mendukung pernyataan bahwa "kalau nanti di sorga manusia memberontak akan dibuang (dikeluarkan dari sorga) karena tidak ada kesempatan lagi untuk bertobat".

Terima kasih.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

jesusfreaks's picture

@mercy : kan ada anak Bapa ada anak iblis

Ada anak Bapa, ada anak iblis, ada anak Bapa yg memberontak, ada anak Bapa yg menolak kasih Bapa. Apakah yg kita lakukan sebagai anak orang terkaya ? Namanya juga anak-anak ya main-main sama Bapa. Kayak gw sama jesse, pengennya main bersama terus.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Penonton's picture

jangan setengah-setengah jesusfreak....

Jesusfreak,.... tulisan balasan tentang ada anak Bapa, ada anak iblis, dst... kok cuma segitu? tolong tulis kelanjutannya donk.... maklum saya suka nggak ngerti dengan arti dari tulisan kamu kalau menuliskan tanggapan blog (sepotong-sepotong). From Oz far..far...away...
__________________

xxx

mercy's picture

@JF, Anda di complain oleh Penonton he he he

Dear JF,  

Ada baiknya dijelaskan lebih detail komentarnya, supaya yang membacanya lebih memahami penjelasannya.

Tuhan Yesus memberkati  

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

jesusfreaks's picture

@penonton : Yang mana yang kurang jelas

Waduh, kayaknya gak ada yang gak jelas. Mercy kan tanya kata2 saya "dianggap anak". Pada mulanya adam n hawa anak2 Bapa. Setelah mereka berdosa, maka keturunannya adalah anak2 Bapa yang terhilang, kalau menurut gw malah bukan lagi keturunan Bapa. Lalu manusia mencari Bapa. Bapapun membuka tangannya lebar2. Soal anak iblis kan ada di alkitab. Kayaknya gak ada yg gak jelas deh.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mercy : mereka yg sudah mengecap.

Dear mercy, Ayatnya nanti ya. Saya lagi sibuk mutasi nih. Jadi browsing by hp terus. Pernah dengar lucifer, mereka yg pernah mengecap sorga, tapi berpaling.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Anto Hermawan's picture

Ayat -ayat di Alkitab itu

Ayat -ayat di Alkitab itu ada bukan ditujukan untuk debat kusir dan perang ayat.

Tuhan memberikan ayat itu sebagai tuntunan agar kita kelak kembali kepada Bapa, itu kerinduan terutama Bapa.Itu surat cintanya buat kita.

Jadi ngga perlu deh rasanya mengemukakan pendapat yang subyektif, kemudian baru dicari ayatnya.

Apalagi anda mencontohkan Lucifer sebagi penghuni surga yang memberontak, perlu diketahui bahwa Lucifer bukan manusia, dia adalah malaikat. Lucifer memang memberontak terhadap sang Khalik, karena dia ingin menjadi seperti sang Khalik.

Banyak perkara surgawi yang kita susah mengerti karena keterbatasan kita sebagai manusia.

Btw ketika anda mengutip nama Lucifer, apakah anda tahu nama asli Lucifer??

mercy's picture

@JF, Mutasi ke Makasar ya?

Dear JF,

OK deh saya tunggu ayat Firman Tuhan yg dimaksud.

Btw, mutasi ke Makasar ya?

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

jesusfreaks's picture

@anto : Bapa mengasihi lucifer

Jikalau kamu mau tahu pendapat saya soal alkitab ataupun lucifer. Saya ada tulis kok, silahkan baca. Manusia tidaklah lebih baik dari lucifer, manusia tidaklah lebih layak dari lucifer. Silahkan baca, lalu caci makilah saya.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Penonton's picture

Memangnya bisa berontak di surga?

Jesusfreak, Memangnya nanti di surga kita bisa berontak kepada Allah Bapa? Kalau menurut saya,pemberontakan Lucifer dulu tidak akan pernah terulang lagi. Sebelum berpikiran buat berontak juga sudah nggak bakalan diberi ijin buat masuk surga. Tapi sekali lagi itu menurut pandangan saya sebagai manusia lhoo...... Yang sebenar-benarnya kita bakalan tahu setelah kita bertemu dengan Bapa di Surga. Kadang-kadang kamu (jesusfreaks) memang punya pemikiran yang lain dari pada yang lain......seperti kata koh Hai-hai....anda kadang-kadang memang RUaaar Biasaaa...... Salam dari kangguru kuning dari sebrang tanah melayu,. From Oz far..far...away...
__________________

xxx

jesusfreaks's picture

@penonton : kisah orang2 berdalih

Sedapat mungkin, gw memahaminya lewat kebenaran alkitab. Pernah baca kisah orang yg diundang perjamuan lalu berdalih 1000 alasan. Lalu Tuhan memanggil seluruh orang yg kurang beruntung untuk datang. Lalu pada saat perjamuan ada orang yg gak pakai pakaian pesta, lalu diusir. Itulah salah satu pemberontak disorga. Jadi ingat masuk sorga itu gampang, tidak memberontak itu yg susah.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Perjamuan kawin anak domba artinya menerima Injil

Kamu salah tafsir nih. Tafsir yang benar dari perumpamaan ini maka perjamuan kawin anak domba adalah menerima pemberitaan Injil. Menerima keselamatan dari Injil itulah perjamuan kawin Anak Domba. Tidak berpakaian pesta artinya tidak hidup sesuai dengan Injil. Pakaian pesta berarti tindakan-tindakan yang sesuai dengan penerimaan Injil. Penerimaan Injil berdasarkan iman tapi orang harus hidup dan bertindak berdasarkan imannya barulah imannya itu hidup. Kalau iman tanpa perbuatan maka iman itu mati.
mercy's picture

@SF, saya menyebutnya tindakan iman

Dear SF,

Saya setuju dengan pernyataan bahwa orang beriman harus hidup dan bertindak berdasarkan (sesuai) dengan imannya. Melalui perbuatannyalah seseorang membuktikan bahwa ia adalah orang yang beriman. Saya menyebutnya tindakan iman. Tulisan selengkapnya bisa dibaca disini.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

jesusfreaks's picture

@mercy : untung gak main tebak2an

Dear mercy, Kok lo tahu sih, gw akan ke makassar. Untung gw gak buat taruhan tiket lagi. Lo tahu dari mana?

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mercy's picture

@JF, saya nanya sama pengkotbah alam roh

Dear JM,

Saya pasti tahu, soalnya saya nanya sama seorang pengkotbah alam roh he he he.

Kalau tidak salah, kamu pernah nulis di salah satu komentar, bahwa kamu minta di doain supaya bisa dipindah ke makasar, dan saya ikut doain, jadi kayaknya saya boleh dong dikasih tiket ke Bali he he he.

Tuhan Yesus memberkati.

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

jesusfreaks's picture

@Mercy, Anto & Penonton : INI DIA AYATNYA...

Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. selengkapnya...baca MATIUS 22 : 2-13 TOLONG RENUNGKAN AYAT 12 BAIK-BAIK... mungkin gak orang yang masuk Sorga memberontak, mungkin saja... mungkin gak orang yang masuk Sorga dilempar keluar Sorga, mungkin saja... lihat saja lucifer yang diusir dari Sorga... lihat saja Adam yang diusir dari Eden...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mercy's picture

@JF, Orang yg masuk sorga, tidak akan keluar lagi

Dear JF,

seperti telah dijelaskan oleh Samuel diatas, ayat-ayat Firman Tuhan yg kamu sampaikan bukanlah tentang orang yang telah masuk surga lalu berontak dan kemudian dibuang keluar oleh Tuhan, melainkan tentang orang yg menerima Injil tapi hidupnya tidak sepadan dengan Injil.

(Wah 3:12)  Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia TIDAK AKAN KELUAR LAGI dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.

 

Dulu Lucifer memberontak dan kemudian dibuang. Tapi kelak orang-orang yg ke sorga adalah mereka yang akan tetap di sorga.

 

"Sorga adalah tempat bagi mereka yang siap (dalam arti sepenuhnya) untuk ke sorga", saya pernah baca pernyataan tersebut, tapi lupa dimana. Dan saya setuju dengan pernyataan tersebut. 

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

galatia220's picture

Tuhan "Musuhan" Dengan Orang Kaya? Kata Siapa?

apakah memang benar orang kaya susah masuk Surga?

perlu tanya Tuhan,

apakah Ayub masuk surga?

apakah perempuan-perempuan kaya yang melayani Yesus selama Dia memberitakan injil didunia tidak masuk ke surga?

apakah Yusuf orang kedua dimesir tidak masuk surga?

apakah ..... abraham, ishak, yakub, daud, salomo tidak masuk surga juga? 

Dari beberapa ayat Firman Tuhan diatas ditambah dengan istilah-istilah diatas, rasanya sulit untuk mendapatkan celah adanya dukungan Firman Tuhan yang menyatakan bahwa Yesus suka dengan orang kaya. Sebab semua ayat diatas serta istilah-istilah dibawahnya, mengindikasikan dengan jelas mengenai ketidaksukaan Tuhan kepada orang kaya.

bro ane kutip kelanjutan Lukas 18:

18:26 Dan mereka yang mendengar itu berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"

18:27 Kata Yesus: "Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah."

INGAT: "Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah."

Selama Tuhan merencanakan engkau jadi orang kaya,

jadilah orang kaya yang dikehendaki Tuhan? Bukan orang kaya duniawi, tapi Tuhan ingin orang kaya yang rendah hati, saling mengasihi? Selama orang kaya tersebut mengasihi Tuhan dengan segenap hatinya, segenap jiwanya, segenap akal budinya dan mengasihi sesama manusia seperti dirinya sendiri. Jadilah orang kaya demikian karena itulah yang dikehendaki Tuhan. RENDAH HATI dihadapanNya.

PEACE bro, karena saya tidak menemukan ada firman Tuhan yang melarang jadi orang kaya masuk kedalam kerajaanNya.

Cuma Tuhan Yesus bilang "lebih sukar" artinya lebih susah bukan melarang, jadi Tuhan tidak bermusuhan dengan orang kaya.

__________________

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan
Kristus yang hidup di dalam aku.... Galatia 2:20

mercy's picture

@galatia220, Kesulitan orang kaya

Dear Galatia,

Berdasarkan Alkitab, saya percaya Abraham masuk sorga. Alasan saya menulis blog ini adalah supaya kita semakin "kaya" dalam hal pandangan soal kekayaan dalam konteks kekristenan.

Dalam komentarnya di blog ini, Samuel bilang bahwa kita harus memposisikan diri sebagai pelaksana (atau dalam bahasa saya pengelola) semua milik Tuhan.

Menurut saya, salah satu kesulitan manusia (termasuk orang kaya) adalah mau atau setuju untuk memposisikan diri sebagai "hanya" pengelola dari semua harta yg ada dalam "kuasanya". Akibatnya, manusia seringkali menggunakan kekayaannya menurut kemauannya sendiri.

Bagaimana menurut kamu?

Tuhan yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

KEN's picture

Sekedar nyelip aja boleh ya?

Allah bukan tidak suka dengan orang kaya, tapi lebih di tekankan bahwa Allah tidak suka dengan dosa orang kaya, karna Allah tahu bahwa manusia cenderung tidak menuruti Allah yang telah dimulai sejak manusia pertama. 

>>>GOD=LOVE=YOU>>

 

 

 

mercy's picture

@Ken, Apa kabar?

Dear Ken, selamat sore, apa kabar?

Terima kasih buat komentarnya.

Saya setuju, manusia cenderung mau bebas, dalam arti tidak suka mentaati Firman Tuhan. Yesus Kristus datang, menyelamatkan dan memberi teladan bagaimana supaya manusia kembali mentaatiNya.

Tuhan Yesus memberkati

Sola Gratia

__________________

 

 

 

Sola Gratia

KEN's picture

@mercy, Shallom...

Sama2 mercy. 

>>>GOD=LOVE=YOU>>

 

 

 

jesusfreaks's picture

Jesus Freaks, "Live X4J,

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-