Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Sejatinya ULAR di Taman EDEN adalah NAGA TERBANG

sandman's picture

 

Perlahan lahan mencari "sesuatu", kembali membuka kejadian pasal 2-3.

Ternyata terlintas begitu saja sebuah ide, memang tmasih MISTERI, tapi tidak ada salahnya saya kemukakan apa yang menjadi pemikiranku. Seperti yang kita ketahui dalam diskusi yang terjadi di SS belakangan ini topik yang sedang ramai adalah soal siapa sejatinya si ular itu, kalau boleh saya kategorikan seperti yang di usung oleh hai-hai dan samuel franklyn maka kemungkinan ular itu bisa dibagi menjadi 3, yaitu:

   1. Ular taman Eden adalah ular sejati
   2. Ular taman Eden adalah malaikat
   3. Ular taman Eden adalah Adam

Dari semua kemungkinan saya coba mengkronologiskan yang terjadi di kejadian 2:8-25

1. TUHAN Allah membentuk manusia,  (ayat 7)

2. Manusia di taruh di Eden ketika Tuhan Allah sedang membuat taman. ( ayat 8)

3. Menumbuhkan berbagai macam pohon. (ayat 10)

4. Setelah taman siap, manusia di pindahkan kedalam taman.(ayat 15)

5. Memberi perintah tentang yang boleh dimakan dan tidak (ayat 16 dan 17)

6. membentuk segala binatang dan burung  termasuk si ular si objek ( ayat 19 )

7. Allah membangun manusia lainnya yaitu hawa ( ayat 21 22)

Ketika memikirkan kronologis diatas,  saya mendapat satu keanehan, setelah membaca pasal kejadian 2 saya lanjutkan kembali kepada pasal3.

diawali dengan perbincangan hawa dan ular, dialog dibuka dengan, "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

Bagi saya ini adalah sebuah keanehan, bukan pertanyaannya, tapi bagaimana si ULAR bisa mengetahui jika TUHAN  ALLAH memberi perintah seperti itu? Kalau kembali kepada kronologis yang di atas, Bilamana si ular itu adalah ular sejati, bagaimana caranya dia bisa mengetahui perintah dan larangan yang diberikan oleh TUHAN ALLAH. Jika kita lihat pada kronologis diatas, maka si ULAR dibuat sesudah PERINTAH dan LARANGAN itu di firmankan.

Jawaban hawapun membuat saya bertanya-tanya kapan HAWA tahu larangan yang diberikan TUHAN ALLAH? apakah ADAM memberitahukannya? atau TUHAN ALLAH juga memberi tahu kepada HAWA secara langsung?.

Semisal, katakanlah hawa diberitahu oleh ADAM ataupun Tuhan ALLAH secara langsung, maka ketika bisik-bisik atau pembicaraan tentang LARANGAN ini di dengar oleh para binatang,bagaimana caranya si ULAR bisa mendengar?

Katakanlah jika HAWA tidak tahu dan tidak pernah di beri tahu soal LARANGAN itu maka satu-satunya mahluk hidup yang tahu LARANGAN itu tinggal ADAM seorang.

Yah ADAM bapa moyang kita.

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

@sandman, Ular Tahu Dari

Bagi saya ini adalah sebuah keanehan, bukan pertanyaannya, tapi bagaimana si ULAR bisa mengetahui jika TUHAN  ALLAH memberi perintah seperti itu?

Sanda, si ular lagi melingker-lingker di atas pohon, saat itu Adam dan Hawa sedang pacaran di balik semak, di bawah pohon. Saat itulah Adam berbisik kepada Hawa, "Jangan bilang siapa-siapa, Allah berfirman, jangan makan buah pengetahuan, nti kamu mate ho." Adam dan Hawa nggak tahu bahwa Ular saat itu mendengar dan dia bisa bahasa Indonesia.

Mungkin juga, Adam dan Hawa karena nggak ada kerjaan, maka setiap minggu mengumpulkan binatnag-binatang untuk sekolah minggu. Dari cerita sekolah minggulah ular tahu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Ko Hai dan Sand man

Ko Hai menulis : Mungkin juga, Adam dan Hawa karena nggak ada kerjaan, maka setiap minggu mengumpulkan binatnag-binatang untuk sekolah minggu. Dari cerita sekolah minggulah ular tahu.

Kalao seperti itu jawabannya, smile juga mau komen ah :
smile : Mungkin si ular dengerin radio yang diputar sama Hawa, beritanya tentang dialog antara Allah dan Adam,....hehehehihihi...

Ada ada saja,....

Sand,...
Bukankah hawa diambil dari tulang rusuk adam? jadi ibarat kloningan bro,..apa yang adam tahu, ya hawa jadi tahu,....huahahahahah...itulah JURUS 1001 TAFSIR TOGEL.....

Peace, bro,...

smile


 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

@Smile kloningan...

Kalau soal kloningan saya tidak tahu kalau mereka bisa berbagi pikiran, katakanlah kloningan seperti yang anda katakan,  seharusnya ADAM berlari sekencang-kencangnya ketika HAWA di GODA oleh si ULAR, karena ADAM tahu. Paling tidak adam memarahi HAWA dari JAUH lewat ILMU berbagi PIKIRANNYA itu.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

smile's picture

Sorry bro : lagi nyeleneh neh

Sebenarnya si Adam juga mau tahu bro,...tapi dia ga mau jadi pendosa pertama, makanya dia diam aja, padahal dia Tahu si Hawa lagi digoda oleh si ular,....

Bener deh, bro,...adam kan sms an sama si Hawa,....tanpa diketahui oleh yang lain...huahahahahahahaaaaa....

jadi gila,...neh,....

peace bro....

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

whoislikegod's picture

halo preennnn...

Sandman... coba perhatikan kejadian 2:1. Adalah lebih baik jika itu dialamatkan sebagai Kej 1:32. Rupanya Kej. 1 adalah kerangka dan kejadian 2 adalah penjelasan secara detail. Tapi menurut saya penjelasan tersebut bukan kronologis mengingat menurut Kej 1 manusia adalah ciptaan terakhir setelah hewan darat. Jadi Kej 2 tidak bisa dikategorikan ... Lihat Selengkapnyakronologis ayat yang awal adalah kejadian yang awal, misal Kej 2:7 manusia dibentuk bukan berarti manusia lebih dulu dari binatang karena binatang diciptakan di ayat 19. Sampai di sini dulu Sand.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

sandman's picture

@Efte akhirnya koment lagi ..

efte lihat konteks dimana buat, binatang outside and inside taman eden bukan?baca lagi te, apa yang saya tulis, PENCIPTAAN selesai berkahir di hari ke 7 tapi yang saya sebut KRONOLOGIS itu di atas bukan KRONOLOGIS PENCIPTAAN, tapi KRONOLOGIS kejadian 2:8-25

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

2x?

Apakah Tuhan melakukan 2 kali penciptaan?? inside dan outside taman Eden?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

sandman's picture

@Efte brow bukan..

dicipta dan dibentuk ...2 hal yang berbeda bukan?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

emang beda

dicipta dan dibentuk emang beda. Bahkan dari bahasa aslinya juga udah beda. Dalam kej 1 Allah menggunakan 'bara' dan dalam pasal 2 menggunakan 'yatsar'. Yang satu mencipta yang lain membentuk.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

unyil's picture

@sandman; TTS

Sandman:
Dari semua kemungkinan saya coba mengkronologiskan yang terjadi di kejadian 2:8-25
1. TUHAN Allah membentuk manusia,  (ayat 7)
2. Manusia di taruh di Eden ketika Tuhan Allah sedang membuat taman. ( ayat 8)
3. Menumbuhkan berbagai macam pohon. (ayat 10)
4. Setelah taman siap, manusia di pindahkan kedalam taman.(ayat 15)
5. Memberi perintah tentang yang boleh dimakan dan tidak (ayat 16 dan 17)
6. membentuk segala binatang dan burung  termasuk si ular si objek ( ayat 19 )
6.a. Manusia memberi nama kepada segala ternak, burung, binatang (chay) hutan (sadeh) termasuk si ular si objek (ayat 20)
7. Allah membangun manusia lainnya yaitu hawa ( ayat 21 22)
8. Mulai dialog ular, hawa, adam (Kej 3)
 

Penyampaian fakta yang sistematik dan jujur dari kronologis Kej 2:8-25.
Unyil tambahin di point 6a dan 8, boleh?

Boleh... *maksa.com, anggap saja mencoba mengisi  TTS (Teka Teki Silang Serpent).

Kej 2:7  ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk (nepesh) yang hidup (chay).

Kej 2:19
Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang (chay) hutan (sadeh) dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk (nepesh) yang hidup (chay) , demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kej 2:20
Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang (chay) hutan (sadeh), tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Kej 3:10a
Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang (chay) di darat (sadeh) yang dijadikan oleh TUHAN Allah.


Sandman, mohon koreksinya jika tambahan Unyil salah.

Sandman boleh buatkan kronologis serupa untuk untuk hari penciptaan ke 5 dan ke 6 di Kejadian 1, mau bantu?

 

__________________

Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan.

sandman's picture

@Unyil silahkan saja...

Disini kita bersama-sama BELAJAR tanpa harus ada prasangka, setuju? pastlah setuju *maksa.com* .

Kemarin saya sedikit sharing soal tulisan ini kepada seseorang, dan dia memberikan jawaban seperti ini

v****tha* (1/11/2010 9:13:06 pm):
v****tha* (1/11/2010 9:13:26 pm): Hmm
v****tha*(1/11/2010 9:36:09 pm): Aku buka dari hp. ga ketemu buat posting commentnya
v****tha*(1/11/2010 9:37:23 pm): Hmm ga sekalian tanya, kok hawa ga kaget ya napa ular bisa bicara? kalau gua mah ketemu ular yg bisa ngomong langsung ngabur.

 

6.a. Manusia memberi nama kepada segala ternak, burung, binatang (chay) hutan (sadeh) termasuk si ular si objek (ayat 20)

Pas waktu itu kenapa si ULAR tidak berdialog sama si ADAM yah, bukankah itu kesempatan EMAS untuk menjatuhkan MANUSIA? Adam sendiri Ular sendiri, NGERUMPI deh mereka tentang TUHAN !!

 

 

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Samuel Franklyn's picture

Ular sakti si naga terbang

Menurut hikayat pada jaman dahulu kala hiduplah seekor ular sakti. Ular ini sakti karena bisa bicara dan paling cerdik diantara semua mahluk hidup.

Sayang karena terlalu sakti ular ini sombong dan iseng maka dia menggoda dan berbohong pada seorang perempuan. Ular sakti ini lalu dikutuk Tuhan. Keturunan ular sakti ini akan diremukkan kepalanya oleh keturunan si perempuan.

Begitulah jaman berlalu sampai beribu-ribu tahun lamanya. Sampai akhirnya tibalah waktu kelahiran keturunan si perempuan. Si perempuan berada di langit karena itu si ular sakti menjadi naga terbang hendak menelan keturunan si perempuan. Sayangnya dia tidak berhasil.

Jika memang ular di taman Eden adalah binatang ular maka dongeng diataslah yang di ceritakan oleh Alkitab. Ada sejenis ular yang bisa bicara dan ular ini sudah beranak pinak selama ribuan tahun. Lalu kenapa kita tidak pernah melihat atau mengetahui adanya ular yang bisa bicara? Bukankah ular macam ini jumlahnya mustinya sudah amat banyak karena sudah beranak pinak selama ribuan tahun?

Oh itu ternyata karena ular tersebut selain bisa bicara bisa juga terbang. Karena ular tersebut berada dilangit maka dia bisa menyembunyikan diri dari manusia. Jadilah ular di taman Eden menjadi ular sakti si naga terbang kalau dia memang binatang. Berarti dongeng-dongeng Cina mengenai naga yang sakti dan bisa terbang bukanlah bualan belaka. Bwa ha ha ha.

 

sandman's picture

@Sam misalkan

Anda menjadi HAWA saat itu, apa yang anda lakukan saat TAHU ada ULAR bisa ngomong?  Kira-kira apa yang MEMBUAT anda tetap disana NGOBROL sama tuh ULAR?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

king heart's picture

@sandman : Alternatif lain

Mungkin main ular tangga kali ? he he he he

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

sandman's picture

@KH Ular Tangga

Sekarang ularnya bisa jadi tangga yah KH? wah BIDAT itu... NGAWUR dan SESAT

 ha ha ha ha :p

tolong justifikasinya  kalau ular bisa jadi TANGGA

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

king heart's picture

@sandman : jangan ngawur, lihat konteks

Kali ini anda benar benar mengenaskan tidak melihat konteksnya sudah berani mencap orang bidat, kan saya bilang ular tangga kalau naik ya pakai tangga kalau turun baru pakai gambar ular. Ularnya sih gak pernah jadi tangga. Masa kecil anda jelas kurang bahagia ha ha ha ha ha

Lihat konteksnya bung bukan kontetnya he he he he

Singo Edan VS Maung Bandung mau gak mau skornya 1-0

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

sandman's picture

@KH Ha ha ha ha kok 1-0 sih?

Kalau soal Ular tangga saya pernah menang dengan cuma 3 kali lempar dadu.. :D. Itu Singo Edan Vs Maung bandung kok bisa 1-0 sih? Apa gara-gara kalah sama PERSEMA?

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

king heart's picture

Maksudnya kapan lagi

Maksudnya kapan lagi Aremania SS bisa menang lawan Viking SS he he he gitu lho

Arema  VS Persema : 3-0

Mau skor kita jadi 2-0 ??

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

sandman's picture

@KH ha ha ha ha

Yah kalau begitu.. saya AKUI  sebagai BOBOTOH mengaku kalah di MALANG 1-0, kita lihat nanti apakah di BANDUNG bisa terbalik.. :D he he he

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

sandman's picture

@Pniel ...

Sandman : Sudah tanya kepada stefanus belum pniel? siapa yang dimaksud sandyman itu orangnya?  Jika sudah,saya jawab. Mudah bukan?

Saya tak akan melakukan kengangguran spt itu. Silahkan anda jawab pertanyaan saya. Mudah bukan?

Kalau anda bukan pengangguran buat apa tanya-tanya soal kaitannya nama sandyman dan saya? jika anda ingin bertanya silahkan tanyakan siapa sandyman itu.

Sandman : Semua  orang  yang di blog ini saya anggap sebagai teman, termasuk anda juga. Mudah bukan?

Jangan pura-pura didalam perahu. Anda tentunya tahu maksud pertanyaan saya.

Saya tidak kura kura dalam perahu, bagi saya semua disini adalah teman, atau mungkin anda yang tidak ingin menjadi teman saya? it ok fine .

Sandman : bagaimana dengan ini Statistic of small number, bukankah anda sering melakukannya kepada orang-orang yang bersinggungan kepada hai-hai?

Saya tidak katakan ke seadanya orang. Saya hanya tujukan ke orang2 tertentu yang memang saya tahu dimana dia berada.

Anda tentunya di pihak Hai Hai dengan mendukung tesis tolol bahwa Adam = iblis bukan?

Hanya karena setuju dalam beberapa hal terus anda anggap mereka sebagai gerombolan? darimana itu dasarnya? Jangankan blog, setuju dalam bercanda aja anda angga gerombolan hai-hai waktu di box ijo.

Mana bukti saya dipihak hai hai dalam tesis adam = iblis? tunjukan secara jelas dan gamblang, kalau anda MENGERTI TEOLOGI seperti yang anda banggakan.

Sandman : Bagaimana dengan ini Post Hoc, ergo propter hoc bukankah anda pernah mengatakan saya sebagai dari hasil dari kesesatan hai?

Silahkan lihat di blog terakhir anda. Kenapa itu tak muncul SEBELUM Hai Hai mengutarakan teori nyelenehnya?

Emang salah merenungkan BLOG nyeleneh adam = iblis  tersebut dengan merenungkan beberapa bulan, mencerna semua informasi lalu menuangkan apa yang menjadi pergumulan dalam sebuah blog? Salah itu? ( jawab jangan ya dan tidak ) Coba baca blog saya apakah salah blog saya di atas?

 

Sandman : bagaimana dengan ini Communal reinforcement , bukankah anda pernah mengatakan kepada blogger lainnya yang tidak bilang  hai hai sesat sebagai gerombolan hai hai?

Jawaban saya sama dengan jawaban saya diatas diatasnya lagi.

Baik saya akan cari coba komentar anda tentang hal diatas, seingat saya ketika anda membabi buta menuduh orang tertentu sebagai gerombolan dan termasuk gerombolan hai hai yang sesat.

 

Sandman : Maukah anda merenung sebentar? Biarlah aku yang bodoh ini sedikit mangap harap maklum yah.

Sebaliknya anda yang harus merenung apa yang telah anda perbuat dengan mendukung kesesatan tanpa anda sendiri punya dasar Alkitab dan logika yang kuat.

Mana bukti saya mendukung kesesatan? Supaya tidak sesat standardnya bagaimana? dasar alkitabnya harus seberapa kuat? logikanya harus bagaimana belajarnya. Kalau mau kasih tahu jangan setengah setengah. Nanti anda akan kena seperti dibawah ini

Half truths
Suatu pernyataan yang biasanya ditujukan untuk menipu seseorang
dengan menyembunyikan sebagian fakta / kebenaran.
Contoh:
• Orang-orang agama X itu pasti bahagia dan diberkahi Tuhan.
Sengaja tidak mencantumkan data tentang umatnya yang miskin,
penyakitan, broken home, dsb)

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________