Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Roh agamawi

mujizat's picture

Beberapa pengkotbah Kristen tertentu meyakini adanya roh agamawi (religion spirit) yang dapat mengikat seseorang pada suatu agama tertentu yang oleh ikatan tersebut membuatnya sulit menerima perubahan yakni pembaruan yang sebenarnya bertujuan “menempatkan” orang tersebut di atas kebenaran sejati. Saya melihat beberapa contoh sekte dengan gejala atau fenomena ikatan roh agamawi semacam itu.

Ahab mengawini Izebel binti Etbaal, raja Sidon yang merupakan penyembah berhala, dengan Baal dan Asyera sebagai dewa-dewinya, sebagai ilah-ilah atau sesembahannya, dan Ahab juga menjadi penyembah berhala mengikuti isterinya yang dengan itu menimbulkan sakit hati TUHAN (1 Raja 16). Lalu TUHAN mengutus nabi Elia untuk mengembalikan Ahab dan Israel kepada-Nya, dan di hari tertentu Elia menyarankan Ahab untuk mereka membuktikan siapakah Sesembahan yang sebenarnya, lalu mereka mengumpulkan “seluruh Israel ke gunung Karmel, juga nabi-nabi Baal yang empat ratus lima puluh orang itu dan nabi-nabi Asyera yang empat ratus itu, yang mendapat makan dari meja istana Izebel” (1 Raja 18:19). Dan terbuktilah bahwa Baal dan Asyera bukanlah Sesembahan yang benar, melainkan TUHAN lah Allah (Sesembahan) Yang Benar, dan ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!" lalu ke 850 penyesat itu (450 nabi Baal + 400 nabi Asyera) tewas di ujung pedang di tepian sungai Kerit. Sebagian Israel menerima kebenaran itu, yakni bahwa TUHAN lah Allah sedangkan Baal dan Asyera hanyalah berhala kesia-siaan, namun Ahab dan Izebel tetap tidak menerima kenyataan itu, mereka murka dan berikhtiar melenyapkan nabi Elia. Kedua orang ini menjadi salah satu contoh orang yang terikat roh agamawi.

Contoh lain dapat kita lihat zaman Yohanes Pembaptis. Kitab nabi Yesaya telah menubuatkan akan adanya “suara orang yang berseru-seru: persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita” (Yes 40:3) dan itu berbicara tentang kedatangan Yohanes Pembaptis yang menerima tugas dari pengutusnya untuk membaptis (baptisan pertobatan), namun walau banyak orang Israel memberi diri dibaptis, tetapi banyak juga orang yang tidak mau memberi diri menerima baptisan. Orang-orang ini adalah mereka yang tidak siap menerima penggenapan nubuat yang justru sebenarnya telah tertulis dalam kitab-kitab sucinya. Inilah contoh kedua mengenai orang-orang yang terikat roh agamawi.

Lalu di zaman Yesus Kristus hidup sebelum kenaikan-Nya ke Sorga. Kitab-kitab Musa telah menubuatkan kedatangan Mesias, misalnya di (Kej 3:15), di (Ulangan 18:18). Lalu kitab Yesaya (Yes 7:14; Yes 53:1-12) dan sebagainya. Tetapi sekalipun Mesias telah datang dengan tanda-tanda dari Allah, yaitu Yesus Kristus atau Yesus Sang Mesias dengan berbagai mujizat yang meneguhkan bahwa Dial ah Mesias yang telah dijanjikan itu, dan begitu banyak orang menjadi percaya bahwa Yesus lah “Nabi” yang dijanjikan itu, namun tetap saja banyak orang yang tidak percaya, sekalipun mereka telah banyak sekali mendengar dari banyak orang, dan bahkan sebagian dari mereka telah melihat sendiri, namun bukannya mereka percaya, tetapi malah menuduh Yesus sebagai menggunakan kuasa Beelzebul. Orang-orang yang sulit percaya kepada pekerjaan Tuhan ini adalah contoh lain dari mereka yang terikat kepada roh agamawi. Telah sangat jelas, walaupun kitab Suci sudah menulis tentang Mesias, dan sekalipun mereka telah mendengar dan melihat begitu banyak tanda, namun hati mereka tetap kekeh jumekeh dalam penolakan kepada Yesus Kristus. Itulah betapa jahatnya roh agamawi, roh yang mengikat seseorang sehingga menyulitkannya mengakui penggenapan janji-janji Allah.

Bagaimana dengan manifestasi roh agamawi di zaman modern?

Alkitab sudah menulis banyak hal mengenai Injil Yesus Kristus. Bahwa Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa (1 Kor 4:20) yang bermakna bahwa Yesus dahulu melayani pemberitaan Firman Allah dengan berkotbah, tetapi juga dengan tanda-tanda kuasa Allah yang menyertai Yesus dengan berbagai mujizat; dan bermakna juga bahwa para rasul, para pemberita Injil, mereka pun melakukan juga seperti “Sang Guru”, misalnya Petrus dan Paulus selain memberitakan injil dengan berkotbah, mereka pun “lakukan” mujizat-mujizat. Roh agamawi di zaman modern ini akan berkata: “Itu kan dulu, zaman para rasul, tetapi sekarang tidak. Saat ini sudah ada kemajuan teknologi, sains telah begitu luarbiasa. Kesembuhan lewat sains itulah mujizat,.. dst.”

Roh agamawi terkenal kelicikannya, lewat doktrin dan dogma dari gereja yang tidak pernah mengalami pelayanan injil dengan kuasa Allah, roh ini akan berusaha memompakan sebuah keyakinan kepada para “stick holder” yang kalau bisa, orang Kristen akan meyakini bahwa “mujizat saat ini sudah tidak ada”, dan apa akibatnya? Akibatnya adalah: jika saat ini Allah memperagakan mujizat, maka hal itu akan selalu dianggap sesat,…..

Tetapi Firman Allah tidak berubah.

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.  Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,   mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." (Markus 16:15-18).

Orang-orang percaya adalah Anda dan Saya, jadi bukan hanya para rasul yang hidup di zaman Yesus dulu, melainkan semua orang yang beriman kepada Yesus Kristus, dari sejak Yesus hidup sebagai manusia, sampai nanti jelang kedatangan Yesus kembali.

Jika tanda-tanda itu belum Anda miliki, itu karena Anda belum merindukannya sehingga Yesus belum memberikannya, atau karena Anda selama ini tanpa sadar masih terikat roh agamawi. Sebagai orang percaya, Anda berhak memiliki tanda-tanda itu, walau mungkin tidak harus meraih seluruhnya, tergantung Tuhan Yesus dan Bapa, sebagai Sang pemberi, namun memiliki salah satu tanda akan menguatkan iman Anda.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; (Yoh 14:12)

Sekali lagi, orang yang “percaya kepada-Ku” bukan hanya para rasul, tetapi bisa Anda dan Saya.

Saya (penulis) adalah seseorang yang dilahirkan dari Kristen yang kurang mempercayai bahwa mujizat masih terjadi hingga saat ini, sampai umur lebih kurang 40 tahun, ketika ada sesuatu dalam diri saya yang terus mendorong saya untuk mendalami Firman Tuhan. Lalu oleh kebaikan Tuhan, saya menghadiri KKR oleh seorang pendeta dari Singapura, saya lihat pertama kali bagaimana seseorang yang kerasukan setan dilepaskan, yang sebelumnya baru say abaca dari kitab Injil, namun kejadian di KKR itu telah begitu “memompa” saya, sehingga terus mencari, mencari dan mencari, sampai Tuhan bawa saya ke pelayanan dengan tanda-tanda tertentu: ngusir setan, mendoakan orang sakit dan sembuh, mendoakan sakit sendiri dan sembuh, terus ber komitmen sendiri untuk sehat tanpa obat dan seterusnya. Sekedar contoh bahwa seseorang yang tadinya terikat roh agamawi, juga dapat lepas dari ikatan itu dengan pertolongan (Roh) Allah dan kemauan kuat, serta konsisten.

Salam.

__________________

 Tani Desa

jlwijaya's picture

@Muji:tidak semua orang beroleh iman

Muji tidak semua orang beroleh iman karena banyak orang yang pikirannya di butakan oleh illah zaman ini.jadi ngak heran ngak percaya mujizat.padahal Allah kita adalah Allah yang Hidup ,dan Allah yang mendengarkan doa jadi jika ada mujizat bukan perkara yang aneh.

muji mereka yang ngak percaya mujizat adalah karena merasa diriNya pinter,tetapi lupa bahwa orang buta ngak bisa mengerti warna dengan pikirannya dan orang tuli ngak bisa mengerti suara dengan pikirannya. demikian pula orang yang tak percaya tak akan melihat dan mengalami mujizat karena prinsipnya adalah engkau akan melihat kemuliaan Allah jika engkau percaya.

Tidak percaya mujizat adalah seperti orang yang tidak punya indra penciuman yang  hanya mau percaya bahwa bau adalah sebuah realita jika ada orang yang bisa membuktikan secara objectif bahwa bau itu sebuah realita ditambah dengan dirinya bisa mengalami secara subjectif.

Muji biarlah yang tidak percaya tetap tidak percaya tidak perlu repot2 berdebat.

ingat nasehat paulus dalam 1kor 2:14

jlwijaya's picture

MUJI: berbahagialah yang tidak melihat namun percaya.

Sampai setelah saya menjadi orang Kristen 30 th saya baru melihat mujizat kesembuhan yang nyata yaitu kesembuhan mata mama saya setelah di doakan oleh pendeta yang tadinya pendeta GRII reformed.

sebelum didoakan pendeta itu bilang sakit matanya adalah karena serangan setan,setelah di doakan mengalami kesembuhan ,setelah beberapa hari ternyata kembali sakit lagi ,lalu mamaku telp pendeta tadi lalu mamaku di ajar bagaimana berdoa untuk sakitnya setelah mengikutinya maka sembuh sampai hari ini.tadinya saya berpikir itu efek placebu ,ternyata sesungguhnya adalah serangan setan yang kembali membuat sakit seperti semula jika kita ngak mengerti cara mengatasi tipuannya.

Saya sama dengan mama saya sekalipun ngak pernah melihat dan mengalami hal yang nyata selama puluhan tahun tapi ngak pernah ngak percaya bahwa mujizat masih berlangsung dan karena dalam hidup ,kami merasa Tuhan adalah Tuhan yang hidup , maka banyat mujizat2 yang terjadi dengan sendirinya sekalipun bukan bersifat mujizat yang nyata seperti sakit mata yang di sembuhkan.

hai hai's picture

@jlwijaya, Maukah anda ..

jlwijaya, maukah anda menceritakan lebih detail lagi kisah kesembuhan mama anda? Menurut saya itu hal yang cukup menarik untuk diuji.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rogermixtin09's picture

Minum racun

Selamat Natal bang Muji :

Anda menulis :

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,   mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." (Markus 16:15-18).

Ini persis sama dengan komentar saya pada blog anda berjudul "ayat-ayat yang sering dihindari oleh para pengkhotbah" DISINI


jlwijaya's picture

Hai 2: Bagaimana anda menguji nya?

Hai hai bagaimana cara anda menguji bahwa Yesus menyembuhkan anak perwira di kapernaun?

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Menguji Mujizat

jlwijaya: Hai hai bagaimana cara anda menguji bahwa Yesus menyembuhkan anak perwira di kapernaun?

Mengujinya dengan mempelajari Alkitab. 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

hai2:coba anda lakukan

bisakah anda melakukannya untuk saya?

hai hai's picture

@ jlwijaya, Maaf

jlwijaya, maaf saya tidak akan melakukannya. Nggak cocok dengan isi blog saya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2:pernahkan doa kamu di jawab Tuhan?

Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

hai hai's picture

@jlwijaya, Tidak Pernah

jlwijaya: Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.


__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

hai2:wow jawaban yang jujur.

hai2 sangat sulit bukan membuktikan bahwa  Duren itu enak terhadap orang yang tidak memiliki indra perasa.

Sangat mudah bukan kita bicara bahwa warna merah dari mobil BMW seri X1 sangat keren kepada orang yang memiliki mata ,tetapi sangat sulit kepada orang yang buta warna apalagi kepada orang buta total>

Perkara Rohani adalah tidak dapat di fahami oleh manusia natural dan hanya di pahami oleh mereka yang memikili Roh didalam rohmya.

lapan's picture

Dari roh mana?

Dari roh mana kata-kata di atas berasal? :(

__________________

imprisoned by words...

jlwijaya's picture

lapan :dari Alkitab

tentunya dari alkitab?silakan cari ya.......ANGGAP AJA PR

hai hai's picture

@jlwijaya, Anda Ngeledek ya?

jlwijaya: hai2 sangat sulit bukan membuktikan bahwa  Duren itu enak terhadap orang yang tidak memiliki indra perasa.

Saya tidak tahu. Saya belum pernah menjelaskan rasa duren kepada orang yang tidak memiliki indra perasa. Bila anda pernah, kenapa tidak bercerita tentang pengalaman anda itu? Pasti mengasykkan.

 

jlwijaya: Sangat mudah bukan kita bicara bahwa warna merah dari mobil BMW seri X1 sangat keren kepada orang yang memiliki mata, tetapi sangat sulit kepada orang yang buta warna apalagi kepada orang buta total>

Saya punya beberapa orang teman yang buta warna juga punya beberapa orang yang buta total. Namun terus terang, saya belum pernah bicara kepada mereka bahwa warna merah dari mobil BMW seri X1 sangat keren. Bila anda pernah, kenapa nggak cerita? Siapa tahu mengasykkan.

jlwijaya: Perkara Rohani adalah tidak dapat di fahami oleh manusia natural dan hanya di pahami oleh mereka yang memikili Roh didalam rohmya.

Apa yang anda maksudkan dengan perkara rohani?

Apa yang anda maksudkan dengan manusia NATURAL?

Apa yang anda maksudkan dengan mereka yang memiliki Roh di dalam Rohnya?

Bagaimana cara anda membedakan manusia NATURAL dengan mereka yang memiliki Roh di dalam Rohnya?

Setahu saya, manusia MEMAHAMI dengan AKAL BUDI. Apa maksud anda dengan MEMAHAMI dengan roh?

jlwijaya: hai2:wow jawaban yang jujur.

Wow nampaknya anda sedang mengejek saya ya dengan judul komentar di atas? Saya kutip kembali ya pertanyaan anda dan jawaban saya:

 

jlwijaya: Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

Saudara jlwijaya, izinkan saya bertanya. Pernahkah DOA anda dijawab oleh Tuhan? Maukah anda menceritakannya?  

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

HH berdoa kepada siapa?

jlwijaya: Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan

===

kasihan HH

Jas 5:15  Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

Jas 5:16  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

apa karena suka menyesatkan HH bukan termasuk ORANG BENAR? karena FIRMAN bilang DOA ORANG BENAR BILA DENGAN YAKIN DIDOAKAN SANGAT BESAR KUASANYA

atau jangan2 HH berdoa kepada diri-nya sendiri?

:)

jlwijaya's picture

hai2 :maaf ya saya merasa kita berbeda?

Maaf ya jika saya meledek , sesungguhnya tidak meledek hanya kita berbeda.

untuk adilnya saya berkata : bagi saya anda tidak memiliki indra perasa sehingga percuma bicara tentang rasa enak dan bagi anda saya tidak memiliki indra penciuman sehingga percuma bicara dengan saya tentang bau .

Jika saya berbicara tentang makanan enak tentunya saya harus bicara dengan mereka yang memiliki indra perasa, baru bisa masuk dan langsung nyambung tetapi jika saya bicara dengan yang  tidak memiliki indra perasa tentu ngak nyambung dan buang waktu.

hai hai's picture

@jlwijaya,

jlwijaya: untuk adilnya saya berkata : bagi saya anda tidak memiliki indra perasa sehingga percuma bicara tentang rasa enak dan bagi anda saya tidak memiliki indra penciuman sehingga percuma bicara dengan saya tentang bau.

Kapan saya bilang anda tidak memiliki indra penciuman sehingga percuma bicara tentang bau? Anda hebat juga ya, tahu hal yang tidak saya bicarakan?

jlwijaya: Jika saya berbicara tentang makanan enak tentunya saya harus bicara dengan mereka yang memiliki indra perasa, baru bisa masuk dan langsung nyambung tetapi jika saya bicara dengan yang  tidak memiliki indra perasa tentu ngak nyambung dan buang waktu.

Anda hebat sekali ya? Nampaknya anda punya ilmu terawang ya? Itu sebabnya anda langsung tahu siapa yang punya indera perasa dan siapa yang tidak?

Namun, anda belum menjawab pertanyaan-pertanyaan saya lho. Bagaimana bila anda jawab dulu pertanyaan-pertanyaan saya setelah itu mungkin kita bisa diskusi tentang rasa dan bau.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

josia_sembiring's picture

Bung,Kalau misalnya anda

Bung,

Kalau misalnya anda berkata saya punya BMW Merah, maka untuk membuktikan bahwa perkataan anda benar, maka anda harus bawa BMW berwarna merah tersebut dan menunjukkan BPKB asli. Itulah bukti bagi akal manusia.

Sekarang Kalau anda berkata, mama saya disembuhkan oleh TUHAN, maka untuk membuktikannya, anda harus mengujinya berdasarkan Surat Resmi dari TUHAN yaitu ALKITAB.

Bagaimana caranya? Coba anda cari sendiri perkara-perkara mujizat di Alkitab. Setelah itu bandingkan dengan kasus mama anda.

But anyway, selamat atas kesembuhan mama anda.

 

jlwijaya's picture

@josia :bagaimana?

-bagaimana membuktikan bahwa duren itu enak sekali kepada orang yang tanpa indra perasa?

josia_sembiring's picture

@jlwijaya

Hal tersebut bukan kebenaran mutlak, tetapi kebenaran mayoritas. Rasa durian sudah ditentukan misal : A.

Sekarang penilaian apakah A itu enak atau tidak itu subjektif. Sesuatu yang subjektif tidak bisa dijadikan landasan kebenaran, karena kebenaran itu universal.

Anda tidak bisa menyalahkan orang yang tanpa indra perasa hanya karena dia tidak bisa merasakan apa yang anda rasakan. Sama seperti Thomas, murid Yesus. Yesus tidak pernah menyalahkan-nya, hanya karena dia ingin menyentuh telapak tangan Yesus.

Oleh sebab itu, cobalah untuk berargumen berlandaskan dengan kebenaran universal yang bisa diterima oleh semua manusia sebagai kebenaran mutlak bukan subjektif.

Contoh kebenaran universal : Manusia hidup pasti bernafas

 

jlwijaya's picture

@josia:subjectif

1)Jika gula itu manis dan garam itu asin apakah itu subjectif?

 

2)Andai kata  ada sebuah pulau dengan 10 juta peduduk semuanya tidak memiliki indra perasa

lalu datanglah 5 orang asing membawa  garam dan gula lalu mengatakan kepada penduduk pulau

itu bahwa garam itu rasanya asin dan gula itu rasanya manis .apakah kebenaran itu universal atau

subjectif bagi penduduk pulau itu.

 

 

josia_sembiring's picture

@jlwijaya, Kebenaran Universal

pasti subjektif lah bro... hehehehe...

cobalah melihat dari semua sisi, jangan dari satu sisi. Kalau dari satu sisi, anda subjektif walaupun anda benar dari sisi anda.

Begini saja bro, biar aku kasih tahu ya....

" Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri "

Kalimat diatas diucapkan oleh pengembara dari Nazareth sekitar 2000 tahun yang lalu, dan itupun diambil dari kitab Musa. Itulah kebenaran universal.

Anda tidak bisa mengasihi orang lain, tanpa lebih dahulu tahu bagaimana kasih tersebut bagi anda.

Sekarang balik lagi ke rasa tadi, kalau anda tahu bahwa rasa gula itu manis, bagaimana cara anda membuat agar 10 juta penduduk itu mengalami apa yang anda alami? Any idea ? Kalau tidak, maka anda itu hanya pembohong bagi mereka.

Sekarang, coba kita cari contoh misalnya :

Seseorang yang lapar dikasih makan, sudah pasti dia akan mau dan sangat senang. Kenapa? karena kita tahu bahwa kalau kita lapar dan dikasih makan, pasti kita mau dan senang.

Itulah yang disebut kebanaran universal, dapat diterapkan disemua manusia.

Sekarang tugas anda adalah bagaimana anda membuat Hai-Hai mengerti tentang konsep mujizat yang anda dengung-dengungkan sebagai kebenaran universal yang tidak bisa dibantah.

 

jlwijaya's picture

josia: tentang kebenaran universal

Ok saya setuju.good

saya mau tanya lagi:

1)jika saya mengatakan bahwa gula itu manis dan garam itu asin sekalipun ini subjectif bolehkah ini sebagai kebenaran universal di dunia dimana seluruh manusianya memiliki indra perasa?

2)jika saya berkata bahwa duren adalah salah satu buah yang sangat enak di antara para penggemar duren ,dapatkah pernyataan saya ini merupakan kebenaran universal di kalangan penggemar duren mania?

Miyabi's picture

jlwijaya: berhentilah beranalogi

Tahukah Anda bahwa ada dua fungsi analogi?

1. untuk menjelaskan sesuatu konsep baru yg rumit.

Analogi berguna dalam ilmu pengetahuan, misalnya ahli fisika kuantum menggunakan analogi sebagai model agar masyarakat awam mengerti suatu konsep baru.

2. supaya orang yang mendengar tidak mengerti.

Yesus mengajar dengan perumpamaan supaya orang banyak tidak mengerti. Dan cuma murid-muridnya yang diberitahu kuncinya yg akan mengerti.

 

Di tetangga sebelah, ada istilah "hanya sufi yang mengenal sufi". Bedanya dengan para penganut mujizatisme, para sufi ini tidak berkoar-koar soal pengalaman spiritualisnya. Mereka nggak akan cerita-cerita bahwa tadi malam mimpi ketemu tuhan, atau td sore diajak malaikat keliling dunia. Mereka nggak akan menceritakannya. Dan kalaupun mereka tak tertahankan ingin cerita, biasanya mereka menulis syair. Analogi mereka pakai, supaya orang yg membaca tidak mengerti.

Kalau toh ada sufi yang sampai dibunuh karena dianggap sesat, itu biasanya karena pengikutnya yang koar-koar. "Guru saya hebat, tadi pagi ada di Bagdad, tapi sore ini terlihat di Damaskus, sementara istrinya bilang dia seharian tidur di kamar."

Nah, Anda banyak beranalogi. Tidak usahlah beranalogi, karena analogi Anda tidak berguna. Anda tidak sedang menjelaskan sebuah konsep baru. Atau emmang Anda sedang bicara supaya tidak dimengerti?

 

 

__________________

".... ...."

jlwijaya's picture

@miyabi:masak anda ngak mengerti?

masak anda tidak mengerti maksud analogi saya?

apa perlu bicara jelas baru paham?

tapi tak mengapa karena yang bersangkutan sudah berreaksi sekalipun terlihat tidak paham.

miyabi jika ada kesempatan aku baru tulis konsep baru ya sekalipun bukan berarti pasti benar ,silakan ikut menguji.(sekalipun sesungguhnya tak ada sesuatu yang baru bibawah kolong langit)

Miyabi's picture

@jlwijaya: justru sangat mengerti

Saya justru sangat mengerti maksud Anda. Anda menggunakan analogi sebagai benteng pertahanan. Anda nggak mau membicarakan teori anda dengan gamblang karena dengan bicara gamblang nantinya Anda akan kerepotan membelanya. Karena itu anda membangun analogi-analogi.

Karena itu saya bilang berhentilah beranalogi. Karena analogi demi anaolgi bisa dibangun untuk bikin benteng berlapis-lapis. Makin berlapis, Anda makin menghindar dari serangan.  Anda makin jauh dari diskusi kalau terus beranalogi.

Mau mengungkap konsep baru? Boleh saja, saya tunggu blognya. Tapi tak perlu pakai analogi jika memang tidak rumit.  Kalau bisa dengan bahasa yang gamblang, tak perlu analogi kecuali memang Anda menulis supaya tidak dimengerti.

 

__________________

".... ...."

hai hai's picture

@josia_sembiring, Mari Kita analisa

josia_sembiring, mari kita analisa apa yagn sesungguhnya terjadi antara hai hai dan jlwijaya yagn MULIA.

jlwijaya: Sampai setelah saya menjadi orang Kristen 30 th saya baru melihat mujizat kesembuhan yang nyata yaitu kesembuhan mata mama saya setelah di doakan oleh pendeta yang tadinya pendeta GRII reformed.

jlwijaya: sebelum didoakan pendeta itu bilang sakit matanya adalah karena serangan setan,setelah di doakan mengalami kesembuhan ,setelah beberapa hari ternyata kembali sakit lagi ,lalu mamaku telp pendeta tadi lalu mamaku di ajar bagaimana berdoa untuk sakitnya setelah mengikutinya maka sembuh sampai hari ini.tadinya saya berpikir itu efek placebu ,ternyata sesungguhnya adalah serangan setan yang kembali membuat sakit seperti semula jika kita ngak mengerti cara mengatasi tipuannya.

jlwijaya: Saya sama dengan mama saya sekalipun ngak pernah melihat dan mengalami hal yang nyata selama puluhan tahun tapi ngak pernah ngak percaya bahwa mujizat masih berlangsung dan karena dalam hidup ,kami merasa Tuhan adalah Tuhan yang hidup , maka banyat mujizat2 yang terjadi dengan sendirinya sekalipun bukan bersifat mujizat yang nyata seperti sakit mata yang di sembuhkan.

hai hai: jlwijaya, maukah anda menceritakan lebih detail lagi kisah kesembuhan mama anda? Menurut saya itu hal yang cukup menarik untuk diuji.

jlwijaya: Hai hai bagaimana cara anda menguji bahwa Yesus menyembuhkan anak perwira di kapernaun?

hai hai: Mengujinya dengan mempelajari Alkitab. 

jlwijaya: bisakah anda melakukannya untuk saya?

hai hai: jlwijaya, maaf saya tidak akan melakukannya. Nggak cocok dengan isi blog saya.

jlwijaya: Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

hai hai: TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

jlwijaya: hai2:wow jawaban yang jujur.

jlwijaya: hai2 sangat sulit bukan membuktikan bahwa  Duren itu enak terhadap orang yang tidak memiliki indra perasa.

jlwijaya: Sangat mudah bukan kita bicara bahwa warna merah dari mobil BMW seri X1 sangat keren kepada orang yang memiliki mata, tetapi sangat sulit kepada orang yang buta warna apalagi kepada orang buta total>

jlwijaya: Perkara Rohani adalah tidak dapat di fahami oleh manusia natural dan hanya di pahami oleh mereka yang memikili Roh didalam rohmya.

jlwijaya: untuk adilnya saya berkata : bagi saya anda tidak memiliki indra perasa sehingga percuma bicara tentang rasa enak dan bagi anda saya tidak memiliki indra penciuman sehingga percuma bicara dengan saya tentang bau.

jlwijaya: Jika saya berbicara tentang makanan enak tentunya saya harus bicara dengan mereka yang memiliki indra perasa, baru bisa masuk dan langsung nyambung tetapi jika saya bicara dengan yang  tidak memiliki indra perasa tentu ngak nyambung dan buang waktu.

josia_sembiring, anda lihat sendiri bukan? INTI permasalahannya adalah jlwijaya yang MULIA langsung MENJATUHKAN VONIS setelah menghakimi seenak jidatnya. dia bilang BERBEDA? apa perbedaannya?

PERBEDAANNYA adalah:

hai hai: TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

jlwijaya: hai2:wow jawaban yang jujur.

Dia MEMVONIS:

  1. hai hai adalah manusia natural
  2. hai hai tidak memikili Roh di dalam rohmya
  3. hai hai mustahil memahami kisah mujizat yang dialami mama jlwijaya
  4. percuma cerita kepada hai hai kisah mujizat yang dialami mama jlwijaya karena hai hai mustahil memahaminya.
  5. ngomong dengan hai hai soal mujizat adalah hal sia-sia, nggak nyambung dan buang-buang waktu

Anda masih mau melihat kesombongannya yang lain?

jlwijaya: dan lagi hai2 bukan anak kecil . dia bahkan di anggap suhu. dia memiliki worldviewnya sendiri dan di atas dasar world view nya dia membagun doktrin2 nya.

jlwijaya: tony poulo:bagaimana anda mengartikan ayat di bawah ini. Yoh 3:6,7:39 :Rom 8:16 dan 1 Kor 6:17 dalam satu ringkasan yang sederhana.

Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Yohanes 3:6

Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan. Yohanes 7:39

Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Roma 8:16 

Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. 1 Korintus 6:17 

 

jlwijaya: ya ,boleh saja sih ngomong begitu:seandainya ada sebuah kota yang seluruhnya berhuni manusia tanpa indra perasa kemudian datanglah seorang bodoh yang memiliki indra perasa ,maka tak aneh bukan ? jika seluruh penduduk kota menilai  orang bodoh itu sedang berhalusinasi saat berkata tebu rasanya manis ,daun papaya pahit dan jeruk rasanya asem .

jlwijaya: Ya maaf aja ya ,kadang kadang kita harus berterus terang demi kebenaran, bagaimana mungkin kita ngak mengatakan kepada orang buta yang kekek jumekeh bahwa warna itu tidak nyata dengan terus terang bahwa bukan warna yang tidak nyata tetapi andalah yang tidak bisa melihat.

josia_sembiring, anda lihat sendiri bukan, BETAPA ROHANINYA jlwijaya yang MULIA itu bukan? dan tentang hai hai? Ha ha ha ha ha ha ..... Seharusnya hai hai BESYUKUR kepada Tuhan dan BERTERIMA kasih kepada jlwijaya yang MULIA atas keterus terangannya bukan?

Ha ha ha ha ha ha .... Anda tahu bahasa rohaninya TOLOL? 

TOLOL = manusia natural = tidak memikili Roh di dalam rohmya =  orang buta yang kekek jumekeh = tanpa indra perasa

Ayat pendukung ajaran demikian adalah: Yoh 3:6,7:39 :Rom 8:16 dan 1 Kor 6:17 yang dikutip tersebut di atas.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

@jlwijaya, ceritakan saja

jlwijaya: Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

Saudara jlwijaya, izinkan saya bertanya. Pernahkah DOA anda dijawab oleh Tuhan? Maukah anda menceritakannya?  

===

karena hai2 merasa doanya tidak pernah dijawab oleh Tuhan, mungkin karena dia berdoa kepada dirinya sendiri

ada baiknya boleh disharingkan kira2 apa yg @jlwijaya pernah alami ketika berdoa dan dijawab oleh Tuhan

kalau saya yang bercerita kan bukan saya yang ditanya @hai2

siapa tahu habis ini Hai2 berdoa lebih sungguh dan lebih benar lagi (bukan berdoa kepada dirinya sendiri)

:)

jlwijaya's picture

tony paulo:hai2 bukan anak kecil.

Jika saya saat ini jawab kamu maka ada banyak yang tersinggung.(bukan kamu)

dan lagi hai2 bukan anak kecil . dia bahkan di anggap suhu . dia memiliki worldviewnya sendiri dan di atas dasar world view nya dia membagun doktrin2 nya.

lapan's picture

@jlwijaya, anda baik sekali

Tapi anda tidak usa sungkan, karena tersinggung lebih baik daripada buta. Kalau saya tidak salah nangkep, sekarang ini di mata anda, hai hai dan "bukan kamu" sedang dalam kondisi buta?

Siapa tau sebenarnya hai hai dan "bukan kamu" tidak buta, hanya sedang berjalan dalam gelap. Tuhan Yesus dan wapannuri (loh) bilang kita harus jadi terang di mana saja...

Cerita aja dulu, siapa tau bisa membawa/menjadi terang =)

nanti setelah cerita, baru kalau anda mau, urusin yang tersinggung-tersinggung. Hehehehe

 

__________________

imprisoned by words...

jlwijaya's picture

tony poulo:bagaimana anda mengartikan ayat di bawah ini.

Yoh 3:6,7:39 :Rom 8:16 dan 1 Kor 6:17 dalam satu ringkasan yang sederhana.

tonypaulo's picture

sampaikan saja kalau ada yg mau disharingkan

Jika saya saat ini jawab kamu maka ada banyak yang tersinggung.(bukan kamu)

dan lagi hai2 bukan anak kecil . dia bahkan di anggap suhu . dia memiliki worldviewnya sendiri dan di atas dasar world view nya dia membagun doktrin2 nya.

===

hanya segelintir yg menganggap demikian, kebanyakan adalah "silent majority" lagipula dia yang bertanya demikian

seperti padangan lapan siapa tahu kisah anda bisa mengubah "world view"nya HH yang buat banyak sesat dan anehnya

kalau pengalaman doa saudara disampaikan bisa membuat tersinggung orang lain, saya tidak yakin akan itu kok

:)

 

tonypaulo's picture

ttng Roh Kudus?

Yoh 3:6,7:39 :Rom 8:16 dan 1 Kor 6:17 dalam satu ringkasan yang sederhana.

===

maksud anda pribadi Roh Kudus atau baptisan Roh Kudus? Roh Kudus itu ALLAH, dan baptisan Roh Kudus itu sudah saya alami puluhan tahun lampau (kalau itu yang saudara maksudkan)

 

:)

rafiqo's picture

@hai-hai, apakah mungkin?

pak hai-hai apakah mungkin Tuhan anda tidak pernah menjawab doa anda?

Mat 17:20  Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

apakah orang kristen tidak wajib punya iman?

 

 

 

 

hai hai's picture

@rafiqo, Menjawab Doa

Mat 17:20  Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

rafiqo: apakah orang kristen tidak wajib punya iman?

rafiqo, anda tahu arti kata MENJAWAB? tolong jelaskan, KATA atau FRASA mana dari ayat tersebut di atas yang mengajarkan tentang Tuhan MENJAWAB doa manusia?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@hai-hai

Mat 17:20  Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

rafiqo: apakah orang kristen tidak wajib punya iman?

rafiqo, anda tahu arti kata MENJAWAB? tolong jelaskan, KATA atau FRASA mana dari ayat tersebut di atas yang mengajarkan tentang Tuhan MENJAWAB doa manusia?

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pak Hai, memang ayat diatas tidak ada kata menjawab sih, tapi menurut saya ayat ini berbicara ttg iman, kalau menurut gw iman bahwa Tuhan pasti menjawab doa kita.

kalo liat ayat berikut ini mungkin bisa jadi contoh untuk melengkapi ayat Mat 17:20

2Sa 24:25  Lalu Daud mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Maka TUHAN mengabulkan doa untuk negeri itu, dan tulah itu berhenti menimpa orang Israel.

emang sih bahwa ini tergantung Tuhan juga apa Dia mau atau nggaknya, tapi beneran gw yakin Tuhan itu mau jawab doa kita, tapi dengan persetujuan Dia dulu ( atau ada syaratnya, misalkan kayak ayat diatas itu "mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan")

mungkin ini penjelesan gw, sori nih kalo kependekan ya

hai hai's picture

@Rafiqo, jlwijaya yang MULIA

jlwijaya: Hai2 pernahkah doa kamu di jawab Tuhan?bolehkah kamu ceritakan?

hai hai: TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

jlwijaya: hai2:wow jawaban yang jujur.

tonypauly: kasihan HH

rafiqo: pak hai-hai apakah mungkin Tuhan anda tidak pernah menjawab doa anda?

rafiqo: apakah orang kristen tidak wajib punya iman?

rafiqo: Pak Hai, memang ayat diatas tidak ada kata menjawab sih, tapi menurut saya ayat ini berbicara ttg iman, kalau menurut gw iman bahwa Tuhan pasti menjawab doa kita.

rafiqo:  emang sih bahwa ini tergantung Tuhan juga apa Dia mau atau nggaknya, tapi beneran gw yakin Tuhan itu mau jawab doa kita, tapi dengan persetujuan Dia dulu ( atau ada syaratnya, misalkan kayak ayat diatas itu "mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan")

Saudara Rafiqo, banyak orang Kristen yang TIDAK hidup di dunia NYATA bukan karena KESALEHAN namun karena mereka memilih hidup dalam HALUSINASI.

Orang-orang demikian merasa dirinya HEBAT itu sebabnya mereka MENGHAKIMI dan MEMVONIS orang SEENAK jidatnya seperti si PAULOL tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA.

Anda tahu, orang-orang seperti tonypaulo dan jlwijaya SANGAT mengenaskan hidupnya? Perilakunya SOMBONG sekali karena OTAK mereka kosong melompong. Mereka menyangka dirinya HEBAT ketika MERENDAHKAN orang lain. Mereka menyangka dirinya SUCI ketika menyebut orang lain SESAT. Mereka menyangka dirinya PINTER ketika menuduh orang lain TIDAK tahu apa-apa.

Rafiqo, Tuhan TIDAK pernah MENJAWAB doa saya karena saya MEMANG belum pernah MENDENGAR suara-Nya menjawab DOA saya.

Si PAULOL tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA pasti sering MENDENGAR Tuhan menjawab DOA mereka ya? MENGENASKAN!

Semua manusia NORMAL hidup dengan HARAPAN. Mereka menyatakan HARAPANNYA dengan BERBAGAI cara. Ada yang menyimpannya dalam hati ada pula yang mengungkapkannya melalui DOA.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka Allah itu BUDEK dan TIDAK tahu isi hati manusia, itu sebabnya Dia baru TAHU harapan manusia ketika MEREKA MENGUCAPKANNYA.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka DIRINYA hebat dengan HALUSINASI bahwa ketika HARAPANNYA terwujud itu BERARTI Allah MENJAWAB doa mereka alias MELAKUKAN kehendak MEREKA. 

Anda YAKIN bahwa bila anda YAKIN maka Allah PASTI akan MENGABULKAN kehendak anda! Anda menyebut KEYAKINAN alias NGOTOT itu sebagai IMAN.

Anda TAHU? Sebagai seorang AYAH, saya TIDAK pernah MENGABULKAN permintaan dari ANAK saya karena DIA YAKIN alias BERIMAN bahwa saya PASTI akan MENGABULKAN permintaannya. Hanya ayah TOLOL yang MENGABULKAN permintaan anaknya karena anaknya NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN keinginannya DIKABULKAN.

Bila saya sebagai seorang Ayah TIDAK melakukan HAL TOLOL demikian, MUSTAHIL Allah melakukan hal TOLOL demikian, MENGABULKAN doa karena orang itu NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN keinginannya DIKABULKAN.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka dirinya HEBAT karena SELALU menghitung HARAPAN-HARAPANNYA yang TERWUJUD. Mereka MENYANGKA itulah BUKTI bahwa diri mereka HEBAT sebab DIKASIHI oleh Allah melebihi KASIH Allah kepada orang lain. Itu sebabnya DENGAN TOLOLNYA mereka MENGEJEK dan MENGAGULKAN diri ketika membaca kalimat:

hai hai: TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka Allah MENGELOLA dunia BERDASARKAN doa-doa manusia TOLOL seperti mereka. TIDAK! Allah tidak MENGELOLA dunia dengan CARA demikian.

MATAHARI bersinar setiap HARI menurut HUKUM-HUKUM yang TELAH ditetapkan sejak permulaan penciptaan. Anda BOLEH berdoa agar BESOK matahari terbit dari TIMUR. Anda Boleh bersyukur karena matahari tadi pagi terbit dari Timur. Namun ketahuilah bahwa Matahari TERBIT dari Timur  bukan karena Allah mendengar doa anda dan MENGABULKANNYA sebab anda NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@pak hai-hai, saya gak ikutan

pak hai-hai2 saya gak ikutan ya untuk pertempuran diatas, he:)

memang menarik menurut saya ilustrasi dari pak hai ttg keyakinan anak kecil tentang bapaknya. trus Tuhan bekerja menurut kehendakNya, makanya Dia udah mengatur kayak gitu semua sistem dunia (kehidupan)

cuman ayat2 dibawah ini keliatan iman yang agak "ngotot" seolah Yesus lihat kadar keimanan seseorang

Mar 2:5  Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"

Luk 5:20  Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."

atau memang "Iman yang ngotot" juga dapat dijadikan sebagai salah satu standar kalo mau Tuhan menjawab doanya ya..

ini menurut gw aja sih

Miyabi's picture

@rafigo: doa ngotot

Tetangga sebelah menyebutnya "persistent prayer" alias doa yg ngotot. Tujuannya untuk mengubah si pendoa, bukan untuk mengubah Allah (dari masa bodo jadi peduli soal kasus yg didoakan).

 

 

__________________

".... ...."

rafiqo's picture

@Miyabi, ini menurut gw aja

ini sih menurut gw aja, karna idealnya kalo meminta ya dikasi

cuman emang tergantung ama yang ngasih

syukur2 Tuhannya emang peduli

ya kalo enggak, mungkin Tuhannya maunya dengan versi lain :)

hai hai's picture

@rafiqo, Beriman ... ?

rafiqo, apakah mereka BERIMAN agar dosanya DIAMPUNI?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@hai-hai, kalau melihat

kalau liat ayat2 dibawah ini, kayaknya terkait dengan usaha (dibawa dan digotong ke Yesus) dan trus harus beriman.

Mar 2:5  Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"

Luk 5:20  Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."

jadi menurut gw ya emang beriman biar sembuh cuman kalo pengen dosanya diampuni ya kayaknya gak tertulis tuh, tapi sepertinya kadar iman pengaruh biar Dia mau peduli (kira2nya)

trus kalo jadi kayak paket gitu (sembuh+dosanya diampuni) ya kagak tau gw hehe:)

cuma Yesus doang yang tau paket itu:)

 

hai hai's picture

@rafiqo, Pahami

saudara rafiqo, pahami saja apa adanya. Bila anda baca Markus 2:5 maka anda akan menemukan FAKTA bahwa kata IMAN diterjemahkan dari kata Yunani PISTIS yang juga berarti KESETIAAN. coba anda baca kembali ayat tersebut dan GANTILAH kata IMAN dengan KESETIAAN.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

@hai hai:ini jawaban ku

Saudara Rafiqo, banyak orang Kristen yang TIDAK hidup di dunia NYATA bukan karena KESALEHAN namun karena mereka memilih hidup dalam HALUSINASI.

Jawab: ya ,boleh saja sih ngomong begitu:seandainya ada sebuah kota yang seluruhnya berhuni manusia tanpa indra perasa kemudian datanglah seorang bodoh yang memiliki indra perasa ,maka tak aneh bukan ? jika seluruh penduduk kota menilai  orang bodoh itu sedang berhalusinasi saat berkata tebu rasanya manis ,daun papaya pahit dan jeruk rasanya asem .

Orang-orang demikian merasa dirinya HEBAT itu sebabnya mereka MENGHAKIMI dan MEMVONIS orang SEENAK jidatnya seperti si PAULOL tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA.

Anda tahu, orang-orang seperti tonypaulo dan jlwijaya SANGAT mengenaskan hidupnya? Perilakunya SOMBONG sekali karena OTAK mereka kosong melompong. Mereka menyangka dirinya HEBAT ketika MERENDAHKAN orang lain. Mereka menyangka dirinya SUCI ketika menyebut orang lain SESAT. Mereka menyangka dirinya PINTER ketika menuduh orang lain TIDAK tahu apa-apa.

Ya maaf aja ya ,kadang kadang kita harus berterus terang demi kebenaran , bagaimana mungkin kita ngak mengatakan kepada orang buta yang kekek jumekeh bahwa warna itu tidak nyata dengan terus terang bahwa bukan warna yang tidak nyata tetapi andalah yang tidak bisa melihat.

Rafiqo, Tuhan TIDAK pernah MENJAWAB doa saya karena saya MEMANG belum pernah MENDENGAR suara-Nya menjawab DOA saya.

Si PAULOL tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA pasti sering MENDENGAR Tuhan menjawab DOA mereka ya? MENGENASKAN!

Ya inilah susahnya bicara dengan orang pinter dan sangat akurat seperti Hai2, sehingga mengartikan kata menjawab sebagai jawaban dengan kata2 yang bisa di dengar

Semua manusia NORMAL hidup dengan HARAPAN. Mereka menyatakan HARAPANNYA dengan BERBAGAI cara. Ada yang menyimpannya dalam hati ada pula yang mengungkapkannya melalui DOA.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka Allah itu BUDEK dan TIDAK tahu isi hati manusia, itu sebabnya Dia baru TAHU harapan manusia ketika MEREKA MENGUCAPKANNYA.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka DIRINYA hebat dengan HALUSINASI bahwa ketika HARAPANNYA terwujud itu BERARTI Allah MENJAWAB doa mereka alias MELAKUKAN kehendak MEREKA. 

Anda YAKIN bahwa bila anda YAKIN maka Allah PASTI akan MENGABULKAN kehendak anda! Anda menyebut KEYAKINAN alias NGOTOT itu sebagai IMAN.

Anda TAHU? Sebagai seorang AYAH, saya TIDAK pernah MENGABULKAN permintaan dari ANAK saya karena DIA YAKIN alias BERIMAN bahwa saya PASTI akan MENGABULKAN permintaannya. Hanya ayah TOLOL yang MENGABULKAN permintaan anaknya karena anaknya NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN keinginannya DIKABULKAN.

Bila saya sebagai seorang Ayah TIDAK melakukan HAL TOLOL demikian, MUSTAHIL Allah melakukan hal TOLOL demikian, MENGABULKAN doa karena orang itu NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN keinginannya DIKABULKAN.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka dirinya HEBAT karena SELALU menghitung HARAPAN-HARAPANNYA yang TERWUJUD. Mereka MENYANGKA itulah BUKTI bahwa diri mereka HEBAT sebab DIKASIHI oleh Allah melebihi KASIH Allah kepada orang lain. Itu sebabnya DENGAN TOLOLNYA mereka MENGEJEK dan MENGAGULKAN diri ketika membaca kalimat:

hai hai: TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka Allah MENGELOLA dunia BERDASARKAN doa-doa manusia TOLOL seperti mereka. TIDAK! Allah tidak MENGELOLA dunia dengan CARA demikian.

MATAHARI bersinar setiap HARI menurut HUKUM-HUKUM yang TELAH ditetapkan sejak permulaan penciptaan. Anda BOLEH berdoa agar BESOK matahari terbit dari TIMUR. Anda Boleh bersyukur karena matahari tadi pagi terbit dari Timur. Namun ketahuilah bahwa Matahari TERBIT dari Timur  bukan karena Allah mendengar doa anda dan MENGABULKANNYA sebab anda NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN.

Jika sedemikian  rendahnya anggapan/tuduhan pak hai2 terhadap pengertian kami ya terserah /boleh2 saja .tetapi saya tahu saya tidak seperti itu.maaf ya anda salah menilai.

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Anda BLAGU

jlwijaya, seperti yang saya bilang, anda SOMBONG karena otak anda KOSONG kenapa demikian? Karena anda MENGHAKIMI dan MEMVONIS seenak JIDATNYA. 

Dari mana anda TAHU siapa buta dan siapa yang buta warna serta siapa yang tanpa indra perasa? Anda HARUS mengujinya dulu baru MENJATUHKAN VONIS. 

Anda TOLOL sekali karena menjelaskan kemampuan ALAT perasa dan PENGLIHATAN padahal masalahnya adalah ANDA SOK TAHU ketika MEMVONIS orang lain TIDAK punya indra peras dan buta warna atau buta total.

Anda TOLOL sekali karena MEMVONIS hai hai MUSTAHIL paham tentang MUJIZAT karena DOANYA tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan?

Saya tidak pernah menghormati orang-orang yagn SOMBONG rohani seperti anda. Dan saya tidak segan segan menyatakan KESOMBONGAN dan KETOLOLAN anda sekalian yang menyangka DIRINYA lebih ROHANI dari orang lain.

Anda memang TOLOL jadi saya tidak perlu gembar-gembor bahwa kalian TOLOL. Semakin komentar makin kelihatan KETOLOLAN kalian. Jadi, silahkan komentar terus kawan.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

@hai hai:Jangan marah ya karena kita beda.

Hai maaf ya jika bikin kamu marah,kita ngak sama karena itu saya anggap kamu salah dan kamu anggap saya salah ,tapi saya pikir itu lumrah.dan saya ngak bisa jawab kamu panjang2 atau meladeni tanya jawab ,soalnya saya ngak ada komputer pribadi yang bisa untuk brosing di sabda space di rumah .hanya bisa di kantor atau saat di luar kantor.
 
tetapi satu hal manusia mengerti hal2 rohani bukan masalah pintar atau bodoh , 1Kor 1:21-29 ,ef 1:17 ; 3:5 ; kol 1:9-10 ;3:2-3 :1 kor 2:11,14.

hai hai's picture

@jlwijaya, Anda TOLOL

jlwijaya, anda TOLOL sekali karena SOK TAHU dan menganggap hai hai MARAH. Saya tidak MARAH namun memberitahu anda KONDISI anda yang sebenarnya yaitu anda TOLOL namun SOK TAHU serta SOMBONG sekali. Itu sebabnya anda mengangagp diri lebih ROHANI dari hai hai dan menganggap diri mustahil DISKUSI dengan hai hai karena Dia BUTA dan TIDAK punya INDRA perasa?

Hanya ada SATU cara untuk memahami yaitu dengan AKAL BUDI! DENGKUL nggak bisa digunakan untuk MEMAHAMI. Hanya orang-rang TOLOL yang mengajarkan untuk MEMAHAMI secara ROHANI.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

@hai hai : bagi anda saya tolol demikian pula sebaliknya.

Hanya ada SATU cara untuk memahami yaitu dengan AKAL BUDI! DENGKUL nggak bisa digunakan untuk MEMAHAMI. Hanya orang-rang TOLOL yang mengajarkan untuk MEMAHAMI secara ROHANI.

SETUJU ,SETUJU BUANGET  aku dengan statement anda…….

.Manusia bukan hanya memahami tentang suara  karena ada telinga tetapi tak terlepas karena ada akal budi

.Manusia bukan hanya memahami tentang warna  karena ada mata tetapi tak terlepas karena ada akal budi

.Manusia bukan hanya memahami tentang rasa  karena ada lidah tetapi tak terlepas karena ada akal budi

Dan fungsi pemahaman organ tak dapat di lepaskan dari akal budi

TETAPI:

TANPA MATA MAKA AKALBUDI TAK MAMPU MEMAHAMI WARNA

TANPA TELINGA MAKA AKALBUDI TAK MAMPU MEMAHAMI SUARA DAN

TANPA LIDAH MAKA AKALBUDI TAK MAMPU MEMAHAMI RASA

2)Hai 2 siapa tak tahu kamu dengan 264 blog.

hai hai's picture

@jlwijaya, Anda TOLOL

jlwijaya, anda TOLOL sekali karena SOK TAHU dan menganggap hai hai MARAH. Saya tidak MARAH namun memberitahu anda KONDISI anda yang sebenarnya yaitu anda TOLOL namun SOK TAHU serta SOMBONG sekali. Itu sebabnya anda mengangagp diri lebih ROHANI dari hai hai dan menganggap diri mustahil DISKUSI dengan hai hai karena Dia BUTA dan TIDAK punya INDRA perasa?

Hanya ada SATU cara untuk memahami yaitu dengan AKAL BUDI! DENGKUL nggak bisa digunakan untuk MEMAHAMI. Hanya orang-rang TOLOL yang mengajarkan untuk MEMAHAMI secara ROHANI.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

josia_sembiring's picture

Santai Pak jlwijaya

Hehehehe...

Menurut saya Pak Hai tidak marah. Anda baru dibilang tolol saja sepertinya sudah gelagapan hehehehe....

Santai Pak, Kalau bapak emang pengikut Yesus Kristus Sejati, lakukan dong apa yang diperintahkan-Nya.

Biar saya kasih tahu ya ...

Mujizat itu adalah kata yang disematkan oleh manusia terhadap kejadian-kejadian yang belum bisa dipahami oleh akalnya. Apabila nanti di masa depan ditemukan semua jawaban mengenai kejadian tersebut, maka kejadian tersebut tidak lagi disebut mujizat. Menurut saya, suatu saat pasti akan kita temukan jawabannya mengapa sesuatu itu terjadi termasuk bagaimana orang buta bisa melihat, dll.

Siapa tahu memang manusia memiliki internal self healing dimana hal tersebut yang dibangkitkan oleh nabi-nabi atau pun pengkhotbah2 dengan mengatasnamakan jawaban TUHAN.

just my 2 cents bro...

jlwijaya's picture

josia: aku menerima mujizat sebagai mujizat.

 

Jangan kejauhan pak sampai masa depan segala,INGAT INGAT ……..Kita ada di masa kini

maka kejadian2 yang belum bisa kita pahami oleh akal kita, kita namakan mujizat, menurut aku

kalau demikian ya di terima saja dengan mengaku aku percaya mujizat karena toh alkitab

memberitahu kepada kita bahwa kejadian2 itu adalah mujizat.

 

 

lapan's picture

@jlwijaya, anda aneh juga

Kalau melihat dari kata-kata anda, tampaknya anda sangat rohani (?). Tapi kok anda pelid banget... Bagi-bagi kesaksian dan pengalaman gak ada ruginya kok Pak.

Ada satu cerita, dah lupa detailnya, tapi intinya: bukankah lilin tidak kehilangan/berkurang apinya kalau memberi api pada lilin lain? Malah jadi terang loh. Karena banyak lilin yang menyala. Hohohoho

Tadinya saya gak gitu penasaran, sekarang malah jadi penasaran hohoho

 

oh ya, kalau udah gak enak share di blog sini, bikin blog baru aja pak.

__________________

imprisoned by words...

rafiqo's picture

@mujizat. apakah roh agamawi itu?

sebenarnya seperti apakah roh agamawi itu?

apakah hal ini terkait dengan

1. fanatisme (tidak rela tersinggung sekalipun ternyata salah)?

2. Roh2 kegelapan yang membutakan?

3. Tidak punya pengetahuan yang cukup?

kira2 yang mana lebih tepatnya ya?

salam kenal

jlwijaya's picture

RAFIQO:dari mana?

Dari mujizat mengada-ada  kali ?atau mujizat memang tukang bikin nama?

mujizat's picture

@Rafiqo dan jlwijaya tentang "roh agamawi"

Shalom,

Muji tidak menciptakan istilah "roh agamawi" karena Roh Kudus sudah menyingkapkan itu jauuh sebelum ini. Silahkan searching Google untuk "roh agamawi" atau "religion spirit", ada ribuan yang sudah bicarakan itu.

Atau silahkan searching nama seorang hamba Tuhan "todd bently" dan cari pengajaran beliau soal itu.

@Jl Wijaya

Thanks untuk fisrt comment nya.

Salam,

__________________

 Tani Desa

Purnawan Kristanto's picture

Stick Holder?

"....roh ini akan berusaha memompakan sebuah keyakinan kepada para “stick holder” yang kalau bisa..."

Stick holder? Mungkin maksudnya "stake holder"? Kalau tidak bisa mengeja dalam bahasa Inggris, pakai saja istilah "pemangku kepentingan"Tongue out

__________________

------------

Communicating good news in good ways

mujizat's picture

@Purnawan Kristanto, "Stick Holder", bukan "stake holder"

Shalom,

Ya, memang "stick holder" terjemahan hurufiahnya "pemegang tongkat" dan makna lengkapnya adalah : seseorang yang pegang "tongkat komando" menentukan ke arah mana gereja harus bertumbuh.

Untuk "stake holder" menurut translator bermakna "pemegang saham" atau "pemegang taruhan" , dan saya tidak mungkin gunakan itu, kecuali saya bermaksud menyesatkan banyak orang.

Salam

__________________

 Tani Desa

tonypaulo's picture

MENGADU DOMBA "IMAN" dengan "DOA"?

Anda tahu, orang-orang seperti tonypaulo dan jlwijaya SANGAT mengenaskan hidupnya? Perilakunya SOMBONG sekali karena OTAK mereka kosong melompong. Mereka menyangka dirinya HEBAT ketika MERENDAHKAN orang lain. Mereka menyangka dirinya SUCI ketika menyebut orang lain SESAT. Mereka menyangka dirinya PINTER ketika menuduh orang lain TIDAK tahu apa-apa.

====

kasihan si sesat hai2 tak bisa berdiskusi secara elok, slalu memaki2 atau meracau tak karuan

saya tidak tidak menuduh anda sesat hai2 saya MEMBUKTIKAN ANDA SESAT MELALUI FIRMAN

nih FIRMANNYA

 Pro 15:29  TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.

 Jas 5:16  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

nah FIRMAN bilang apa? saling mendoakan supaya kamu sembuh....sembuh itu dari apa? tentu dari sakit bukan?

jadi kalau si sesat hai2 tak pernah merasa doanya dijawab Tuhan, alternatifnya hanya beberapa

 

1. Hai2 berdoa kepada dirinya sendiri (hai mengangkat dirinya menjadi tuhan)

2. Hai2 tidak pernah berdoa

3. Hai2 berdoa sebagai formalitas karena dia sangat tahu Tuhan tidak menjawab doa

jadi gigauan hai2 mengenai, orang sucilah, orang sombonglah, orang pinterlah, sama sekali tidak relevan...alias seperti omelan nenek2 pikun yg bawel sangat

 

 

 

 

Rafiqo, Tuhan TIDAK pernah MENJAWAB doa saya karena saya MEMANG belum pernah MENDENGAR suara-Nya menjawab DOA saya.

Si PAULOL tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA pasti sering MENDENGAR Tuhan menjawab DOA mereka ya? MENGENASKAN!

Semua manusia NORMAL hidup dengan HARAPAN. Mereka menyatakan HARAPANNYA dengan BERBAGAI cara. Ada yang menyimpannya dalam hati ada pula yang mengungkapkannya melalui DOA.

===

 

hihihi, kapan juga saya menyatakan bahwa saya mendengar suara Tuhan? fitnah ini namanya Hai2....apa ada jin putih yang mengilhamkan anda demikian

SAYA MINTA HAI2 MEMBUKTIKAN KAPAN SAYA MENYATAKAN SERING MENDENGAR TUHAN MENJAWAB DOA SAYA?

sudah sudah menyesatkan, sekarang suka memfitnah?

 

 

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka Allah itu BUDEK dan TIDAK tahu isi hati manusia, itu sebabnya Dia baru TAHU harapan manusia ketika MEREKA MENGUCAPKANNYA.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka DIRINYA hebat dengan HALUSINASI bahwa ketika HARAPANNYA terwujud itu BERARTI Allah MENJAWAB doa mereka alias MELAKUKAN kehendak MEREKA. 

Anda YAKIN bahwa bila anda YAKIN maka Allah PASTI akan MENGABULKAN kehendak anda! Anda menyebut KEYAKINAN alias NGOTOT itu sebagai IMAN.

====

dasar penyesat sejati

kapan juga saya pernah menyampaikan harapan saya terwujud itu berarti Allah menjawab doa saya? alias melakukan kehendak saya?

anda sekarang sudah jadi PARANORMAL atau DUKUN? atau dapat ILHAM DARI JIN PUTIH?

tobat hai2 anda sudah terlalu tua untuk tetap jadi penyesat

hai2 anda pernah baca ayat ini tidak?

Rom 8:26  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Rom 8:27  Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus

 

hai2 penyesat, kalau cuma bicara hati tapi tanpa ada ucapan, SIMAK BAIK2 yah PENYESAT HAI, tidak perlu dalam ibadah itu ada nyanyian yang disuarakan, tidak perlu ada kotbah, tidak perlu ada pengakuan iman, tidak perlu ada ibadah kok, kan KALO MENURUT LOGIKA SESAT ANDA, ALLAH TAHU HATI MANUSIA? jadi buat apa doa, nyanyi, perkataan Firman, pengakuan iman?

 

 

Anda TAHU? Sebagai seorang AYAH, saya TIDAK pernah MENGABULKAN permintaan dari ANAK saya karena DIA YAKIN alias BERIMAN bahwa saya PASTI akan MENGABULKAN permintaannya. Hanya ayah TOLOL yang MENGABULKAN permintaan anaknya karena anaknya NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN keinginannya DIKABULKAN.

===

jangan sok tahu Hai2 anda bukan Tuhan yang tahu seluruh isi hati anak anda, kasihan sekali anak yang jadi anak anda, punya ayah sesat dan ayah tak berprikemanusiaan

jadi kalau anak anda hanya minta gendong anda tidak mengabulkan permintaannya? ah gila sekali anda jadi orang hai? para penyesat seperti Sai Baba untuk permintaan gendong dan diajak bermain masih mau, anda sudah sesat seperti Sai Baba, sadis banget lebih dari Hitler (Hitler masih mau loh pura2 mengabulkan keinginan anak2)

kalau anak anda minta pesawat terbang benaran baru anda arahkan itu belum saatnya

kalau anak anda hanya ingin bermain dan meluangkan waktu sama anda itupun anda tolak yg benar aja ah hai2

@all dont try this at home....beneran ni serius :)

 

 

 

Bila saya sebagai seorang Ayah TIDAK melakukan HAL TOLOL demikian, MUSTAHIL Allah melakukan hal TOLOL demikian, MENGABULKAN doa karena orang itu NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN keinginannya DIKABULKAN.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka dirinya HEBAT karena SELALU menghitung HARAPAN-HARAPANNYA yang TERWUJUD. Mereka MENYANGKA itulah BUKTI bahwa diri mereka HEBAT sebab DIKASIHI oleh Allah melebihi KASIH Allah kepada orang lain. Itu sebabnya DENGAN TOLOLNYA mereka MENGEJEK dan MENGAGULKAN diri ketika membaca kalimat:

hai hai: TIDAK PERNAH! Doa saya tidak pernah DIJAWAB oleh Tuhan.

Orang-orang Kristen PAULOL seperti tonypaulo dan jlwijaya yang MULIA menyangka Allah MENGELOLA dunia BERDASARKAN doa-doa manusia TOLOL seperti mereka. TIDAK! Allah tidak MENGELOLA dunia dengan CARA demikian.

===

 

hai2 anda tidak tahu arti dari nama Paulo? itu bahasa latin dari Paulus atau Paul yang diambil dari rasul Paulus, kalau anda mempermainkan nama saya, itu tidak jadi masalah buat saya, karena saya tahu level anda baru sampai disitu kok

tapi sekali lagi Paulo = Paulus

anda ini ngomong apa sih?

Allah tidak mengelola dunia dengan cara demikian darimana anda tahu? lah anda menyembah diri sendiri kok? sambil menyesatkan banyak orang

nih saya kasih lihat bahwa doa itu bisa mengerakan hati Tuhan

Jas 5:17  Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

Jas 5:18  Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.

2Ki 20:1  Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi."

 


2Ki 20:2  Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN:

  


2Ki 20:3  "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.
 

2Ki 20:4  Tetapi Yesaya belum lagi keluar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah firman TUHAN kepadanya:
 

2Ki 20:5  "Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN.
2Ki 20:6  Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku."

hai2 kalau anda jadi ayah atau bapak yang JAHAT jangan menyesatkan orang banyak disini ALLAH BAPA itu ALLAH yang MAHA BAIK, contohnya Hizkia yang didengarkan doanya oleh Allah, Allah itu punya perasaan yang sangat baik, tidak seperti anda yang tidak punya perasaan..

darimana anda bisa bilang doa-doa manusia atau orang2 benar tidak mengerakan hati Allah?

kalau anda merasa tidak perlu berdoa atau merasa doa anda tidak perlu dijawab TUHAN, ITU URUSAN ANDA, tapi kalau anda MENYESATKAN dengan cara seperti ini Hai2, lebih baik anda DIAM saja daripada semakin menyesatkan orang banyak

Psa 51:17  (51-19) Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.


 

MATAHARI bersinar setiap HARI menurut HUKUM-HUKUM yang TELAH ditetapkan sejak permulaan penciptaan. Anda BOLEH berdoa agar BESOK matahari terbit dari TIMUR. Anda Boleh bersyukur karena matahari tadi pagi terbit dari Timur. Namun ketahuilah bahwa Matahari TERBIT dari Timur  bukan karena Allah mendengar doa anda dan MENGABULKANNYA sebab anda NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN.

__________________
 
 
lucu sekali cara paham anda
 
anda katakan
 
Anda BOLEH berdoa agar BESOK matahari terbit dari TIMUR
 
kemudian
 
Anda Boleh bersyukur karena matahari tadi pagi terbit dari Timur
 
bukan karena Allah mendengar doa anda dan MENGABULKANNYA sebab anda NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN.
 
anak sekolah minggu juga bisa geli ketawa ngakak lihat penjelasan konyol ini hai2 si penyesat
 
lalu pertanyaan sederhananya, tanpa DOA, bagaimana besok matahari bisa terbit dari TIMUR?
 
 
Jas 5:15  Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.
 
artinya doa adalah tindakan iman, tanpa doa mana bisa iman diaktualisasikan atau diimplementasikan, iman tanpa perbuatan itu tong kosong seperti anda hai2,
 
sekarang setelah menyesatkan banyak orang si hai2 penyesat ini ingin MENGADU DOMBA "IMAN" dengan "DOA"
atau jangan2 hai2 si sesat ini menganjurkan untuk tidak usah berdoa? wuah gaswaaat
:)
 
dennis santoso a.k.a nis's picture

salah contoh tuh

nih FIRMANNYA

 Pro 15:29  TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.

 Jas 5:16  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

salah kasih ayat tuh... di dua ayat itu, cuma ada:

1. didengar --> bukan dijawab

2. besar kuasanya --> juga bukan dijawab

ayo kasih contoh ayat yang lebih sesuai dengan konteks.

tonypaulo's picture

kan sudah saya kasih contoh den?

Jas 5:17  Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

Jas 5:18  Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.

2Ki 20:1  Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi."

 
2Ki 20:2  Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN:


2Ki 20:3  "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.
 

2Ki 20:4  Tetapi Yesaya belum lagi keluar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah firman TUHAN kepadanya:
 

2Ki 20:5  "Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN.
2Ki 20:6  Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku."

 

nah itu bukan contoh? Elia dan Hizkia bukan contoh? mereka berdoa, doa mereka dijawab Tuhan

Hizkia, bukannya dia berdoa dan dia dijawab?

hai hai's picture

@dennis santoso, tonyPAULOL

dennis, si tonypaulo HANYA ingin mengagul-agulkan KEPAULOLANNYA doang. Jadi biarkan dia ber-PAULOL ria.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

ah..@hai jangan terlalu "genit"

dennis, si tonypaulo HANYA ingin mengagul-agulkan KEPAULOLANNYA doang. Jadi biarkan dia ber-PAULOL ria.

===

ah hai jangan terlalu "genit" dan "keganjenan" deh ah...tralu lebay..biasa aja dunk,

...saya akan terus membongkar KESESATAN yang ANDA TABUR DI SS ini...

:)

tonypaulo's picture

Logika ANEH HAI2 part 1

MATAHARI bersinar setiap HARI menurut HUKUM-HUKUM yang TELAH ditetapkan sejak permulaan penciptaan. Anda BOLEH berdoa agar BESOK matahari terbit dari TIMUR. Anda Boleh bersyukur karena matahari tadi pagi terbit dari Timur. Namun ketahuilah bahwa Matahari TERBIT dari Timur  bukan karena Allah mendengar doa anda dan MENGABULKANNYA sebab anda NGOTOT alias YAKIN alias BERIMAN.

====

 

lalu pertanyaan sederhananya, tanpa DOA, bagaimana besok matahari bisa terbit dari TIMUR?

kira2 @HH bisa jawab tidak ya?

:)

SteveGun's picture

Well,well,well

Salam kenal ^^

@jlwijaya&Tony Paulo: Hmm..menurut saya mujizat itu bisa saja terjadi namun tak perlu diunggul2kan karena yang Tuhan pentingkan bukan itu, apalagi bila itu hanya berdasarkan pengalaman belaka. Pengalaman maupun perasaan bukanlah standart kebenaran, Alkitablah standart kebenaran ^^ kalau soal mujizat iblis juga bisa tiru tuh,asal tahu aja, banyak loh pendeta yang pake kuasanya dukun Wink Tuhan Yesus dulu dari kota kekota yang diutamakan adalah mengajarkan kebenaran. Mujizat sih ceperan aja karena Tuhan berbelas kasihan. Dikasih ya terima, ga dikasih ya ga usah nuntut. Paulus aja doa sampe 3 kali minta Tuhan lepaskan duri dalam dagingnya ga dikabulin loh.  Jadi yang utama hiduplah sesuai ajaran Tuhan n jangan berdebat masalah mujizat ^^ karena kesembuhan itu sementara, mujizat itu sementara, namun orang yang hidup menurut kehendak Bapa akan hidup selama2nya ^^

@ko Hai2:Terimakasih untuk pelajaran kerendahan hati, pengoreksian diri  dan kesabaran yang selalu anda ajarkan pada saya lewat blog2 anda yang cukup pedas. Smile

 

jlwijaya's picture

stave gun:wow wow wow

kebenaran itu bukan sekedar pernyataan dan teori yang yang kosong tetapi kebenaran adalah sebuah pernyataan yang benar karena ada realitanya.

gula rasanya manis dan garam rasanya asin. realitanya adalah saat kita merasakan gula dalam pengalaman kita maka indra perasa kita menyatakan gula manis rasanya dan garam asin rasanya

Miyabi's picture

@jlwijaya

Anda betul-betul nekad dalam memakai analogi. Lidah saya dan lidah Anda berbeda. Karena itu lidah kita tidak bisa dijadikan tolok ukur untuk menilai kadar kemanisan atau keasinan suatu makanan. Panjang lengan manusia berbeda, karena itu satuan kuno seperti sedepa dan selengan ditinggalkan dan orang mencipta satuan meter, inchi dll.

Peristiwa yang sama dialami manusia secara berbeda-beda. Pengalaman manusia menjadi subyektif karena tiap manusia itu unik. Ketika dua manusia menilai pengalaman, maka mereka berusaha mengukur dengan alat ukur yang bisa diterima keduanya. Karena satu depa menurut saya tidak sama dengan satu depa menurut Anda. Maka kita musti menggunakan ukuran centimeter ataupun inchi. Kalau kita musti menilai keasinan atau kemanisan suatu makanan, mari kita menggunakan perangkat kimia untuk mengukur kadar gula dan kadar garam di makanan itu.

Mengukur panjang secara obyektif adalah dengan penggaris sentimeter atau inchi. Mengukur kadar garam atau kadar gula, ya dengan alat-alat ilmu kimia semestinya. Kalau mengukur mujizat kesembuhan secara obyektif, ya dengan mengujinya secara medis: apakah sebelumnya betul ia sakit, dan setelahnya apa betul ia sembuh.

__________________

".... ...."

hai hai's picture

@SteveGun, Kuasa MUJIZAT

SteveGun, kembali kasih.

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Kejadian 1:28 

Amanat yang diberikan oleh Allah yang BERFIRMAN kepada manusia sangat tegas dan GAMBLANG sehingga mustahil menyangkalnya. Sama sekali tidak ada AMANAT untuk MENYEMBAH siapapun.

Apa yang terjadi ketika YHWH ptantang ptenteng di dunia menunjukkan KEKUASAANNYA dan melakukan banyak MUJIZAT? Apakah bangsa Israel lebih baik dari bangsa-bangsa lain? TIDAK! Lebih RUSAK malahan.

Ketika Yesus di dunia, Dia banyak melakukan banyak MUJIZAT. Untuk apa dia melakukan Mujizat? Untuk membuktikan bahwa Dia adalah Anak Allah di sorga.

Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." Matius 4:3 

SteveGun, mari kita MENGHAKIMI dengan jujur. Siapa yang jadi PEMENANG? Iblis atau Yesus? Kalimatnya gamblang bukan? Jika Engkau Anak Allah ....

Mari kita lihat, BERAPA BANYAK yang dimenangkan oleh Yesus waktu Dia melakukan Mujizat selama TIGA TAHUN di dunia?

Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata: Kisah Para Rasul 1:15

Aneh bin ajaib bukan? HANYA kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya.

Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Kisah Para Rasul 2:41

Apa yang DIHASILKAN oleh Petrus hanya dengan satu kali KOTBAH, tanpa Mujizat? Aneh bin ajaib. kira-kira tiga ribu jiwa.

Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu. Kisah Para Rasul 5:11 

Apa yang terjadi ketika Petrus menunjukkan KUASA-nya yang DASYAT? Aneh Bin ajaib! Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat!

SteveGun, dari generasi ke generasi kita menghadapi PENCOBAAN yang sama dari Iblis yaitu: Jika Engkau Anak Allah ....

Dalam generasi ini, orang-orang yang MENJADI Kristen karena MUJIZAT selalu NAIK ke atas MIMBAR dan bersaksi. BERAPA banyak JUMLAH mereka? Berapa BANYAK orang-orang menjadi Kristen karena KESAKSIAN mereka? Bila anda menghitung jumlahnya, maka anda akan berkata, "Aneh bin ajaib!" SEDIKIT sekali! Dari yang sedikit itu UJILAH kualitas Kekristenan mereka. Benar-benar aneh bin ajaib bukan?

Mujizat itu ibarat seorang petani BODOH yang MENARIK batang padi agar TUMBUH lebih cepat. Hasilnya adalah pohon-pohon padi yang TAMBAH tinggi dengan CEPAT namun kemudian LAYU alias MATI.

Anak-anak yang HIDUP gampangan TIDAK pernah menjadi orang BESAR!

Orang-orang BESAR adalah mereka yang sejak KECIL dilatih untuk MENAKLUKKAN dunia.

MUJIZAT! Kenapa para pengkotbah alam roh TIDAK pergi ke panti-panti yang membina orang-orang Idiot lalu melakukan MUJIZAT mengubah orang-orang idiot itu menjadi GENIUS?

MUJIZAT! Kenapa para pengkotbah alam roh TIDAK pergi ke sekolah-sekolah LUAR BIASA yang membina orang-orang buta, bisu, cacat LALU melakukan MUJIZAT di sana?

Jika Engkau Anak Allah ....

Masalahnya BUKAN mampu atau tidak mampu melakukan MUJIZAT. Masalahnya adalah apakah itu BERGUNA bagi manusia? Bila MEMANG berguna, kenapa manusia TIDAK dilahirkan SUPER?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

@Hai Hai, TUHAN menjawab doa dengan berbagai cara

Shalom,

TUHAN menjawab doa manusia TIDAK HARUS dengan kata-kata, namun BISA JUGA dengan perbuatan-Nya.

1 Raja 18:36-38

36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan
berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui
orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan
bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.
37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa
Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali."
38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah
itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

Tidak terdengar suara TUHAN disitu.

Jadi maknailah makna "jawaban" dengan hikmat yang dari Allah.

Salam.

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@mujizat, Jangan TOLOL

1 Raja 18:36-38

36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan
berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui
orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan
bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.
37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa
Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali."
38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah
itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

Mujizat: Tidak terdengar suara TUHAN disitu.

Bang Muji, JANGAN TOLOL! Baca ayat-ayat sebelumnya, bukankah Elia SUDAH memberitahu BENTUK JAWABAN yang dia harapkan?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

Bengcu, Allah menjawab doa

Muji:

1 Raja 18:36-38

36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan
berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui
orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan
bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.
37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa
Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali."
38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah
itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

Mujizat: Tidak terdengar suara TUHAN disitu.

Bengcu:

Bang Muji, JANGAN TOLOL! Baca ayat-ayat sebelumnya, bukankah Elia SUDAH memberitahu BENTUK JAWABAN yang dia harapkan?

Muji:

Lha iyaa Bang. Itu tidak mengubah fakta  bahwa Allah bisa menjawab doa TIDAK HARUS dengan kata-kata, namun bisa dengan PERBUATAN juga. Kiranya Tuhan Yesus membuka pengertian Abang.

Salam.

__________________

 Tani Desa