Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Misteri Dua Penghulu Para Malaikat---Mikhael dan Satan

Vantillian's picture

Benarkah Penghulu Malaikat, Sang Mikhael adalah Kristus sendiri? Beberapa penafsir berpendapat demikian. Benarkah pemimpin para malaikat ada dua, yaitu Mikhael dan Satan? Mengapa Mikhael tidak berani menghujat Satan? Benarkah Mikhael adalah Malaikat TUHAN dalam PL dan Panglima Bala tentara TUHAN?

Blog ini akan membahas sedikit tentang hubungan Yesus dan malaikat ciptaan Allah. Apakah Yesus adalah malaikat ciptaan? Tentu tidak. Bukankah Kristus wajib disembah oleh semua malaikat? Siapakah Iblis sehingga berani mendakwa dan menentang Kristus terang-terangan?

Dalam kitab Ibrani, kita dapat melihat perbedaan yang jelas antara Yesus dan malaikat ciptaan

Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

Ibrani 1:4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.

Ibrani 1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?"

Ibrani 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

Malaikat jelas melayani Tuannya. Malaikat jelas harus tunduk dan taat kepada Tuannya. Semua malaikat telah ditetapkan HARUS menyembah Yesus Kristus. Meskipun Yesus pernah seketika lebih rendah dari malaikat ciptaan, namun akhirnya semua akan diletakkan di bawah kakiNya. Malaikat yang jatuh bahkan harus tersungkur di bawah kaki Yesus. Hanya satu ciptaan yang ketika diciptakan mempunyai kemungkinan melawan bahkan mendakwa di depan Tuhan. Dialah SATAN atau Iblis ataupun ular tua itu. Siapakah dia? Apakah dia adalah Fallen Angel? Ataukah dia adalah Fallen human?

Siapakah Mikhael dan SATAN itu?

Dalam Alkitab, salah satu sosok yang paling menimbulkan misteri terbesar adalah sosok Mikhael, penghulu/pemimpin para malaikat. Umumnya kita memahami Mikhael sebagai salah seorang pemimpin malaikat yang jenisnya sama dengan malaikat itu sendiri. Itu berarti Mikhael adalah Malaikat pilihan yang dicipta secara khusus atau diangkat menjadi pemimpin. Mikhael adalah pemimpin dalam peperangan di surga. Mikhael adalah salah satu pemimpin para malaikat, apakah itu berarti Mikhael SAMA atau BERBEDA dengan malaikat?

Siapakah Mikhael, Sang Penghulu Malaikat? Dalam Alkitab, Mikhael hanya disebutkan sebanyak 4 kali. Dua kali dalam PL dan dua kali dalam PB. Dalam kitab Daniel, Mikhael disebut sebagai  salah seorang pemimpin-pemimpin terkemuka. Hampir semua bahasa terjemahan Inggris menyebutkan Mikhael sebagai  one of the chief princes.

Daniel 10:13 Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.

(KJV)  But the prince of the kingdom of Persia withstood me one and twenty days: but, lo, Michael, one of the chief princes, came to help me; and I remained there with the kings of Persia.

(YLT)  `And the head of the kingdom of Persia is standing over-against me twenty and one days, and lo, Michael, first of the chief heads, hath come in to help me, and I have remained there near the kings of Persia;

Daniel 10:21 Namun demikian, aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tercantum dalam Kitab Kebenaran. Tidak ada satu pun yang berdiri di pihakku dengan tetap hati melawan mereka, kecuali Mikhael, pemimpinmu itu,

(KJV)  But I will shew thee that which is noted in the scripture of truth: and there is none that holdeth with me in these things, but Michael your prince.

Seandainya Mikhael adalah salah seorang pemimpin, pasti ada pemimpin yang lain yang mengepalai pasukan yang sama. Siapakah pemimpin yang lain? Apakah Gabriel? Alkitab tidak memberikan indikasi kesana. Gabriel adalah malaikat yang melayani Allah. Meskipun Daniel tersungkur di hadapannya, namun tidak memberikan suatu rujukan bahwa Gabriel adalah salah satu chief of prince, meskipun Gabriel juga menyandang posisi sebagai pasukan Allah yang dapat bertempur.

Siapakah Pemimpin Terkemuka itu ( Chief Princes )?

Alkitab mencatat bahwa Kristus Yesus adalah Pemimpin ( dari bahasa Prince ) yang dapat kita lihat dari ayat-ayat berikut :

Kisah 3:15 Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Acts 3:15 And killed the Prince of life, whom God hath raised from the dead; whereof we are witnesses.(KJV)

Kisah 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.

Acts 5:31 Him hath God exalted with his right hand to be a Prince and a Saviour, for to give repentance to Israel, and forgiveness of sins. (KJV)

Alkitab tegas menyatakan bahwa Yesus, yang dibangkitkan akan diangkat dalam kemuliaanNya adalah Pemimpin segala bangsa ( Wahyu 1:5), Prince of peace ( Raja Damai dalam Yesaya 9:5), bahkan Penguasa segala yang ada, di bumi maupun di surga. Lalu siapakah pemimpin terkemuka yang lain?

Dialah prince of devils yang disebutkan oleh orang farisi. Dialah pemimpin dan penguasa kerajaan angkasa yang disebutkan oleh Paulus. ( prince of the power of the air dalam Efesus 2:2). Dialah pemimpin Kerajaan Persia yang disebutkan dalam Daniel 10:13. Dialah the rulers of the darkness of this world, yaitu penghulu dunia yang gelap ini dalam Efesus 6:12. Dialah Satan atau Iblis. 

Ini berarti Mikhael sebagai pemimpin para malaikat dapat merujuk kepada Pribadi Kristus sebagai Pemimpin dan Prince segala aspek kehidupan baik di surga dan di bumi. Penyebutan Iblis sebagai pemimpin/raja/penguasa adalah menunjukkan bahwa Satan sendiri mengangkat diri sebagai Pemimpin dan penguasa dunia ini bahkan ingin menjadi seperti Allah. Nubuatan terhadap raja Tirus adalah nubuatan terhadap anak manusia yang mempunyai kehendak yang sama seperti Gambar kesempurnaan Allah yang telah jatuh.

Yehezkiel 28:12 "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.

Yehezkiel 28:13 Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.

Yehezkiel 28:14 Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.

Yehezkiel 28:15 Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.

Yehezkiel 28:16 Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya.

Yehezkiel 28:17 Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.

Pada akhirnya, semua penguasa ataupun pemimpin di dunia ini maupun di dunia yang akan datang akan ditaklukkan di bawah kaki Kristus. Inilah penetapan dari Allah. Tetapi sebelumnya, kita mengetahui adanya penguasa dan pemimpin dalam kerajaan kegelapan. Dialah Satan beserta para malaikatnya. Para malaikatnya diciptakan dengan satu ketetapan harus menyembah Kristus, sedangkan Satan diciptakan dengan suatu kemungkinan tidak mau menyembah kepada Kristus yang telah ditetapkan oleh Allah.

Apakah yang membuktikan bahwa Mikhael dapat merujuk kepada Kristus? Dalam blog sebelumnya, saya menuliskan bahwa Malaikat TUHAN dalam penampakkan di dalam PL adalah TUHAN itu sendiri. Dalam hal ini adalah Kristus sendiri. Lalu apakah ada hubungan dengan Mikhael, penghulu Malaikat? Kita akan melihat perbandingan dua bagian ayat PL dan PB yang penting.

Zakaria 3:1 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.

Zakaria 3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?"

Bandingkan dengan Kitab Yudas yang ternyata memuat pernyataan yang mirip antara Malaikat TUHAN dengan Mikhael, penghulu malaikat.

Yudas 1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"

Perbandingan di atas secara halus membuktikan bahwa perkataan Mikhael mirip dengan Malaikat TUHAN. Mungkinkah Mikhael adalah Malaikat TUHAN itu sendiri? Bukankah Iblis mendakwa kita terus menerus di hadapan TUHAN? Bukankah Iblis adalah sang provokasi dalam kisah Ayub? Lalu, mengapa Malaikat TUHAN tidak berani menghakimi ataupun menghujat dan menyerahkan kepada TUHAN? Bukankah Malaikat TUHAN adalah TUHAN itu sendiri?

Disini kita menjumpai suatu kondisi yang cukup rumit karena berhubungan dengan pribadi Iblis sendiri. Seberapa hebatnya Iblis sampai Malaikat TUHAN yang adalah Kristus sendiri tidak berani menghakimi dengan hardikan? Salah satu jawaban kemungkinan adalah karena waktu penghakiman belum tiba. Penghakiman telah diserahkan oleh Allah Bapa kepada TUHAN yaitu Kristus yang menjadi Penguasa segalanya. Tetapi ini harus terjadi di bawah salib dan terang kebangkitan. Penghakiman memang akan terjadi pada akhir zaman. Namun Kebangkitan Kristus telah mengalahkan kematian dan Iblis itu sendiri.

Wahyu 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

Wahyu 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

Wahyu 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

Wahyu 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Wahyu 12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata:  "Sekarang telah tiba  keselamatan dan kuasa  dan pemerintahan Allah kita,  dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya,  karena telah dilemparkan ke bawah  pendakwa saudara-saudara kita,  yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita

Terlepas dari tafsiran apakah benar-benar secara hurufiah terjadi peperangan di surga, kita dapat melihat bahwa Iblis dapat berlaku seenaknya di surga dan mendakwa setiap orang kudus. Tetapi akhirnya Iblis jatuh seperti kilat ke bumi. Iblis dilemparkan ke bumi supaya dapat menyesatkan orang-orang yang akan menyembahnya. Medan pertempuran telah dimenangkan oleh Kristus. Karena itu Kristus akan datang dengan pasukanNya ataupun dengan para malaikatNya untuk menghakimi bumi.

Wahyu 19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.

Wahyu 19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.

Wahyu 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."

Wahyu 19:14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.

Yesaya 66:15 Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api.

Yesaya 66:16 Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya.

[bnd dengan Ibrani 1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."]

Matius 16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Matius 25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.

Jadi, siapakah yang akan memimpin para malaikat? Yesus sendiri, yaitu Malaikat TUHAN itu sendiri. Siapakah Penghulu Malaikat yang disebutkan dalam Alkitab? Dialah Mikhael. Apakah Mikhael adalah Kristus sendiri? Mungkinkah Panglima Bala Tentara dalam Yosua 5 adalah Mikhael? Panglima adalah Pemimpin tertinggi dalam pertarungan di medan perang. Dalam Alkitab pemimpin para malaikat yang bertempur adalah Mikhael. Mikhael adalah pemimpin malaikat Allah, sedangkan Iblis adalah pemimpin malaikat Allah YANG TELAH JATUH.

Wahyu 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

Jika Mikhael adalah pemimpin yang mempunyai nature berbeda dengan malaikatnya dalam arti adalah Kristus sendiri,  bukankah hal tersebut juga berlaku untuk Naga alias Iblis alias Satan? Apakah itu berarti Satan bukan Fallen Angel? Bukankah itu dapat berarti Apa yang dituliskan Sdr Hai-Hai disini dan disini harus dipertimbangkan dengan serius?

Malaikat TUHAN adalah rupa Kristus pada zaman PL. Mikhael adalah NAMA Kristus ketika menyandang gelar Pemimpin pasukan surgawi. Tidak ada indikasi dalam Alkitab, Mikhael pernah kontak dengan manusia, sedangkan hanya malaikat Gabriel yang mempunyai kontak dengan manusia. Karena itu kita tidak dapat membandingkan apakah Mikahel juga menerima penyembahan dari manusia. Sepertinya Mikhael mempunyai suatu relasi khusus dengan Allah sendiri dan menggambarkan Malaikat yang sangat KHUSUS.

Biarlah pembahasan blog ini dapat bermanfaat bagi studi lanjut tentang malaikat.

NB : Topik ini masih harus memerlukan studi mendalam dan harus hati-hati DIBEDAKAN dari doktrin Saksi Yehuwah yang menekankan Yesus juga adalah Malaikat TUHAN atau Mikhael namun dengan status DICIPTAKAN lebih tinggi. Beberapa penafsir commentaries seperti Matthew Henry, Charles Spurgeon, Geneva, John Wesley, Gill berpendapat bahwa Mikhael merujuk kepada Kristus sendiri.

Beberapa pemikiran lain menafsirkan malaikat-malaikat sebagai manusia-manusia di dunia ini. Iblis dan malaikatnya bisa berarti Iblis dan para pengikutnya ( manusia yang disesatkan). Sedangkan Tuhan sering digambarkan datang bersama dengan orang kudusNya.

Sammy Mandela's picture

@Vantilian MIKHAEL <> YESUS

Vantilian menulis:

Wahyu 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

Jika Mikhael adalah pemimpin yang mempunyai nature berbeda dengan malaikatnya dalam arti adalah Kristus sendiri,  bukankah hal tersebut juga berlaku untuk Naga alias Iblis alias Satan? Apakah itu berarti Satan bukan Fallen Angel? Bukankah itu dapat berarti Apa yang dituliskan Sdr Hai-Hai disini dan disini harus dipertimbangkan dengan serius?

Wahyu 12:9, sudah menyebutkan dengan jelas bahwa NAGA, si ULAR TUA, yaitu IBLIS/SATAN dilemparkan ke bumi bersama dengan malaikat2nya, d

Wahyu 12:9  Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Mat 25:41  Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Jelas Yesus sudah mengatakan bahwa Iblis itu adalah MALAIKAT yang JATUH karena itu Iblis dan para malaikat yg ikut memberontak dg Iblis DILEMPARKAN ke BUMI.

Anda memberi link 2 artikel Haihai dan mengatakan bahwa 2 artikel Haihai HARUS DIPERTIMBANGKAN dengan SERIUS? Omong-omong, bagaimana pendapat anda sendiri setelah membaca kedua artikel tersebut. Apakah Anda sudah mempertimbangkan dengan Serius? Vantilian bisa menulis 4 artikel dengan dalam soal Malaikat TUHAN, Mikhael, Satan, menurut saya, adalah mudah bagi anda untuk menilai 2 artikel Haihai tersebut. Nah pertimbangan anda tentang 2 artikel tersebut bagaimana?

Setujukah anda bahwa Iblis adalah Adam, dan setujukah anda bahwa Iblis adalah YANG MAHAMULIA? setujukah Anda bahwa Iblis adalah ARWAH JAHAT YHWH seperti yang disimpulkan Haihai dalam 2 artikel itu.

Beberapa penafsir commentaries seperti Matthew Henry, Charles Spurgeon, Geneva, John Wesley, Gill berpendapat bahwa Mikhael merujuk kepada Kristus sendiri.

Beberapa pemikiran lain menafsirkan malaikat-malaikat sebagai manusia-manusia di dunia ini. Iblis dan malaikatnya bisa berarti Iblis dan para pengikutnya ( manusia yang disesatkan). Sedangkan Tuhan sering digambarkan datang bersama dengan orang kudusNya.

Satu ayat saja yang JELAS dan TEGAS menolak MIKHAEL=YESUS, adalah Mikhael tidak berani Menghardik IBLIS, sedangkan YESUS dengan gampang berani MENGHARDIK KERAS IBLIS, dengan perkataan ENYAHLAH!!!!!

Mat 4:10  Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Jadi, dapat saya PASTIKAN memakai logika berpikir anda, soal Hardik menghardik, YESUS pasti bukan MIKHAEL seperti anggapan Matthew Henry, Charles Spurgeon, Geneva, John Wesley, Gill. 

Vantillian's picture

Sammy M, Mengenai tulisan blog Hai

Sammy, semua yang dituliskan oleh Sdr hai-hai bisa diuji oleh siapapun. Kalau anda tidak setuju, silakan "bertempur" di sana. Mengenai apakah saya setuju atau tidak, kalau saya belum mampu menanggapi, saya akan belajar terus untuk mengujinya. Itulah sebabnya saya berikan dua link blog Hai. Apakah saya wajib setuju atau tidak kalau saya berikan link? Haha..Saya hanya mengingatkan untuk dengan serius mempertimbangkan. Saya juga demikian. Blog ini juga belum tentu mewakili pandangan Hai. Mungkin dalam waktu dekat, hai akan menuliskan blog yang bertentangan dengan blog ini.

Mengenai kata "Iblis dan malaikat-malaikatnya" tetap ada dua kemungkinan : Iblis itu malaikat atau Iblis bukan malaikat. Kalau seandainya Iblis itu malaikat, apakah Iblis dan Mikhael adalah malaikat yang khusus diciptakan sehingga lain dari yang lain? Alkitab tidak memberikan indikasi ini. Yehezkiel 28 yang sering dipakai justru berbicara tentang anak manusia dalam Taman Eden.

Satu ayat saja yang JELAS dan TEGAS menolak MIKHAEL=YESUS, adalah Mikhael tidak berani Menghardik IBLIS, sedangkan YESUS dengan gampang berani MENGHARDIK KERAS IBLIS, dengan perkataan ENYAHLAH!!!!!

Mat 4:10  Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Ini berarti hanya Yesus yang berani menghardik Iblis karena Malaikat TUHAN dan Mikhael tidak berani? Kalau Yesus berani, mengapa pada zaman PL YHWH justru tidak menghardik Iblis? Yudas 1:9 jelas menunjuk Mikhael tidak menghardik Iblis karena itu akan sama seperti menghakimi dan menghujat.

Yudas 1:8 Namun demikian orang-orang yang bermimpi-mimpian ini juga mencemarkan tubuh mereka dan menghina kekuasaan Allah serta menghujat semua yang mulia di sorga.
Yudas 1:9  Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"
Yudas 1:10  Akan tetapi mereka menghujat segala sesuatu yang tidak mereka ketahui dan justru apa yang mereka ketahui dengan nalurinya seperti binatang yang tidak berakal, itulah yang mengakibatkan kebinasaan mereka.

Sedangkan dalam Zakaria 3 :2 disebutkan bahwa :

(ITB)  Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau!

(LITV)  And Jehovah said to Satan, Jehovah rebuke you, Satan! And, Jehovah who has chosen Jerusalem rebuke you! Is this not a brand plucked out of the fire?

(KJV)  And the LORD said unto Satan, The LORD rebuke thee, O Satan; even the LORD that hath chosen Jerusalem rebuke thee: is not this a brand plucked out of the fire?

Menurut anda, mengapa Yesus berani menghardik Iblis sedangkan pada zaman PL TUHAN sendiri bahkan tidak berkata : AKU menghardik Engkau, hai Iblis?

Apakah TUHAN zaman PL lebih pengecut dari Tuhan zaman PB?

bintang seven's picture

@van

Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau!

(LITV)  And Jehovah said to Satan, Jehovah rebuke you, Satan! And, Jehovah who has chosen Jerusalem rebuke you! Is this not a brand plucked out of the fire?

(KJV)  And the LORD said unto Satan, The LORD rebuke thee, O Satan; even the LORD that hath chosen Jerusalem rebuke thee: is not this a brand plucked out of the fire?

Menurut anda, mengapa Yesus berani menghardik Iblis sedangkan pada zaman PL TUHAN sendiri bahkan tidak berkata : AKU menghardik Engkau, hai Iblis?

Apakah TUHAN zaman PL lebih pengecut dari Tuhan zaman PB?

vantilan menurut saya ttg malak yhwh saya akan mengujinya utk menemukan kebenarannya bhw ia adalah Yesus...jika benar demikian pertanyaan vantilan apakah tuhan pl lebih pengecut dr zaman pb agak sedikit aneh....tuhan pengecut?

kuncinya saya kira bukan soal pengecut tp soal kehendaknya...

kata kiranya Tuhan....jika kita cari ayat2 lain...ttg kata KIRANYA...misal kiranya kasih karunia Allah menyertai engkau...kiranya Allah bermurah hari, kiranya tuhan menyembuhkan dsb...kata kiranya disini merujuk bukan pada iman/kehendak orang itu utk dapat kemurahan/belas kasihan/penyertaan/kesembuhan dari allah...tapi merujuk pada Allah yg mau mengasihani orang itu atau tidak. bukan pada kehendak manusia!

kiranya adalah merujuk kehendak Allah....jadi kata kiranya TUhan menghardik engkau adalah saat itu Malak yhwh/Yesus belum berkehendak menghardik iblis! pertanyaannya mengapa belum saat itu? inilah yg perlu dicari jawabannya!

 orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

josia_sembiring's picture

Sebaiknya jangan

Sebaiknya jangan menduga-duga apa yang ada didalam Alkitab hanya karena ada sedikit kesamaan.

Misal : Kiranya TUHAN menghardik engkau..

Semua individu bisa mengucapkan kata-kata ini...Mau malaikat ataupun manusia. Jangan karena kata2 ini lalu kita mengklaim individu yang mengucapkannya adalah sama...

Ditambah lagi mengenai Michael dengan malaikat-malaikatnya.. Apakah dengan kata2 demikian menunjukkan Michael itu bukan malaikat?

Contoh : Barabas dan orang2nya pergi menyerang pasukan romawi. Apakah barabas itu bukan orang?

Ada satu kalimat perkataan Yesus demikian :

Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.
 

Apakah anak anak kecil itu sama dengan Michael hanya karena mereka punya malaikat?

Sebaiknya jangan menduga-duga, tetapi perhatikan dengan seksama apa yang hendak kita lemparkan ke publik. Karena wacana yang tidak matang sangat gampang dimentahkan.

 

Salam Hormat

 

Josia Sembiring

Vantillian's picture

Josia, kalau tidak yakin

Josia, blog ini memang masih perlu suatu uji yang ketat, tapi bukan berarti tidak bisa dilempar ke publik. Argument dalam blog ini saya susun secara sistematis. Pertanyaan anda bahkan tidak menyentuh isi blognya apalagi mementahkannya. Topik ini sudah banyak dibahas, khususnya oleh ahli commentaries Alkitab, jadi topik ini bukan "tabu". Masalahnya adalah apakah arguemtasinya cukup kuat bisa mempertahankan Mikhael itu Malaikat TUHAN?

Kiranya Tuhan menghardik engkau adalah kalimat yang diucapkan oleh Malaikat TUHAN dan Mikhael. Menurut anda Mikhael dan Malaikat TUHAN itu "takut" kepada Iblis sehingga tidak berani menghardik? Hanya Yesus saja yang berani menghardik? Siapapun bisa menghardik Iblis, apakah dengan demikian siapapun adalah Malaikat Tuhan? Hoho...Ini terlalu dangkal kawan.

Zakaria 3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?"

Yudas 1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"

Perhatikanlah padanan kedua pernyataan yang dikeluarkan oleh Malaikat TUHAN dan Mikhael. Lalu dimanakah ini terjadi? Apakah anda bisa tunjukkan dimana ini ada lagi dalam Alkitab sehingga bisa membenarkan pernyataan anda bahwa siapapun bisa menghardik iblis. Baru kemudian kita akan diskusi lanjut mengenai ini.

Mengenai Mikhael dan malaikatnya, apakah kesejajaran antara dua ini pasti memiliki status dan natur yang sama? memakai argument terbalik itu gampang aza, tapi membuktikan dari ayat itu yang susah. Apakah penghulu Malaikat HARUS malaikat? Bukankah Yesus sendiri yang akan menghakimi BERSAMA dengan MalaikatNya? Apakah dengan demikian Yesus adalah sama dengan malaikat? Hohoho...

Barabas dan orang-orangnya punya dua kemungkinan : Barabas adalah orang dan Barabas bukan orang, namun bisa memimpin orang. Silakan anda gunakan aturan logika menentukan kebenarannya.

Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.
Apakah anak anak kecil itu sama dengan Michael hanya karena mereka punya malaikat?

Justru itu yang mau saya tekankan. Apakah seseorang yang dilindungi malaikat akan OTOMATIS adalah malaikat? Apakah seseorang yang memimpin malaikat akan OTOMATIS adalah malaikat? Kalau anda tidak yakin sendiri, mengapa anda yakin blog ini sudah terbantahkan? Saya tidak menduga-duga.Silakan baca lagi dari atas, kemudian perhatikan bukti ayat yang saya berikan. Kalau bisa, bacalah commentaries dari ahli Alkitab yang saya tuliskan, kemudian anda baru bisa menyatakan apakah argumen blog ini sudah termentahkan atau tidak. Kalau anda yakin Mikhael bukan Malaikat TUHAN alias bukan Yesus, silakan susun argumen dari ayat Firman. Memakai aturan logika saja tidak akan membuat blog ini mentah.

josia_sembiring's picture

ya sudah, saya tidak akan

ya sudah, saya tidak akan bahas hal2 bodoh kayak gini hahahaha...

Vantillian's picture

Josia, ok

Josia, ok kalau begitu... Suatu topik apakah termasuk hal bodoh atau tidak, itu sangat tergantung kepada cara membahasnya...Salam...Gbu

hai hai's picture

@Vantillian, Gabriel BUKAN Mikhael

Saya sudah membaca keempat blog anda tentang Malak YHWH. Anda sudah mengumpulkan semua bahan yang diperlukan. Data-data yang anda kumpulkan sangat akurat dan analisa anda sangat tajam, namun anda sama sekali belum menarik kesimpulan. Bijaksana sekali!

Saya baru mengunggah blog berjudul Empat Penunggang Kuda Kitab Wahyu - Kitab Tujuh Meterai. Menurut saya itu memberi landasan baru bagi penyelidikan tentang Malak YHWH. Penunggang kuda putih dan penunggang kuda hitam, itulah kuncinya.

Tadinya saya berpikir bahwa Gabriel adalah Mikhael. Ketika turun ke dunia Dia dinamai Gabriel namun ketika ada di sorga Dia adalah Mikhael. Namun hal itu gugur karena Daniel menulis dan di situ nampak gamblang sehingga mustahil menyangkalnya bahwa Gabriel bukan Mikhael. Mikhael menggantikan Gabriel menghadapi pemimpin orang Persia. Itulah jaminannya.

Logos dan Theos alias dua penerang alias Penunggang kuda putih dan penunggang kuda hitam. Itulah salah satu gerbang untuk mengenal Malak YHWH.

Apabila anda membaca kitab Wahyu, perhatikanlah situasi dan kondisi di TAKHTA dan sekitarnya. Kapan Yohanes melihat Takhta tanpa yang bertahkta dan kapan dia melihat Takhta dengan yang bertakhta. Yang dilihat Yohanes itulah yang dilihat malaikat. Mungkin itu adalah jawaban, kenapa HARUS ada Malak YHWH alias Malak Elohim.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Vantillian's picture

Hai, Siapakah Gabriel?

Data-data yang anda kumpulkan sangat akurat dan analisa anda sangat tajam, namun anda sama sekali belum menarik kesimpulan. Bijaksana sekali!

Haha....Itulah sebabnya blog yang satu ini saya pisahkan dari ketiga blog tentang Malak YHWH. Meskipun ada kaitannya, namun itulah yang saya temukan dalam pengertian akan Firman, khususnya tentang Mikhael. Memang saya cukup terkejut juga banyak penafsir terkenal juga memahami Mikhael sebagai Yesus sendiri. Ini memang masih memerlukan studi yang dalam. Pemahaman saya hanya sampai disini. Sudah mentok. Mungkin saya harus belajar lagi tentang Gabriel dan Mikhael yang misterius ini. Rujukan kepada Gabriel dalam Alkitab terlalu sedikit dan sederhan sehingga memunculkan kesan bahwa Gabriel HANYA utusan malaikat yang KHUSUS dari Allah sendiri. Saya setuju bahwa Gabriel BUKAN Mikhael. Namun siapakah Gabriel? Mungkin inilah salah satu misteri Malaikat yang harus digali dari hubungannya dengan kitab-kitab lain dalam Alkitab.

hai hai's picture

@vantillian, Gabriel, Siapakah Dia?

Vantillian, Pertama kali saya belajar tentang teknik pengamatan ini dari Hercule Poirot lalu mempelajarinya dari mata kuliah Auditing. Saya menjadi terlatih ketika suatu hari mendapat tugas dari atasan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang nampaknya mustahil.

Kami harus melakukan audit atas laporan keuangan sebuah perusahaan. Sebelum saya, sudah ada 6 orang yang melakukan tugas itu dan hasilnya nol besar. Ketika clien marah, nampaknya perusahaan kami perlu bebenah dan tumbal. Itu sebabnya saya ditugaskan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Sebagai seorang konsultan dengan peringkat Junior, tidak banyak yang dapat diharapkan dari saya. Para Senior hanya berharap saya bertahan sebagai bember ketika berhadapan dengan Clien dan menerima kemarahan clien sementara mereka mencari akal.

Laporan keuangan yang harus di audit ada 4 tahun. Masing-masing tahun punya dua atau tiga versi laporan keuangan akhir dengan dukungan buku jurnal dan buku besar. Semua laporan keuangan itu dibuat dengan Komputer, saat itu menggunakan Lotus.

Secara teori, angka-angka di Neraca dan Laporan Rugi laba harus sama dengan angka-angka total di dalam Buku Jurnal dan buku besar. Secara teori pulan, angka-angka detail di dalam buku jurnal harus sama dengan angka-angka detail di dalam buku besar. Keempat laporan keuangan tersebut benar-benar ajaib karena angka-angkanya beda semua. Ada dua atau tiga VERSI untuk masing-masing tahun dan masing-masing VERSI tidak ada yang benar. Yang diharapkan dari kami adalah menyusun laporan keuangan WAJAR alias bisa dipercaya dan masuk akal.

Cara paling mudah adalah menyusun laporan keuangan dari awal, dari voucher Jurnal dan Bukti-bukti transaksi. Masalahnya, bukti-bukti transaksi tersebutpun sudah direkayasa. Saya diberi waktu tiga bulan untuk menyelesaikan penugasan tersebut.

Ketika saya datang ke Clien, dari belasan orang-orang yang mengerjakan laporan-laporan keuangan tersebut, hanya tinggal satu orang. Ketika saya bertanya kepadanya, tentang laporan keuangan, dia menolak keterlibatannya dan selalu menjawab tidak tahu dan menjawab, "Kayaknya ....; mungkin ...."

Saya mencatat semua pertanyaan saya dan jawabannya. Saya juga minta dia bercerita tentang rekan-rekan kerjanya dulu satu persatu. Saya juga minta dia bercerita tentan suasa kerjanya dulu dan masalah-masalah yang dia hadapi. Dua minggu berlalu dan saya belum melakukan apapun selain ngobrol dengan orang itu dan mencatat hasil obrolan kami. Setelah merasa cukup, saya mewawancarai staf yang lain, misal, personalia, manager, direktur, skretaris dll untuk mendapatkan cerita apa saja yang masanya ketika keempat laporan keuangan tersebut di susun. Satu bulan lewat dan saya belum melakukan apapu, selalin mulai ngeprin Laporan keuangan dan lapan-laporn pendukungnya.

Ternyata dari dalam komputer mereka saya menemukan jauh lebih banyak versi dari yang diberikan kepada saya pada mulanya. Saya prin semuanya dan mencoba memberi keterangan apa saja tentang laporan-laporan tersebut.

Ketika memberikan laporan kerja bulanan kepada partner consultan yang membawahi saya, dia memandang saya dengan pandangan yang sangat mempesona. Dia seorang wanita cantik yang cerdas dan memiliki mata yang indah.  Saya yakin, saya tidak langsung dipecat saat itu karena dia benar-benar terpesona dengan laporan kerja bulanan saya. Dia lalu membaca laporan tersebut sekali lagi sambil membandingkannya peernak-pernik pendukungnya.

"Kamu yakin ini masalahnya dan ini bisa diselesaikan dengan cara yang kamu lakukan? Nggak ada cara lain?" Saya menatapnya lalu berkata, "Secara teori ada bu. Namun sayangnya saya tidak mengenal satu pun dukun yang benar-benar sakti sehingga mampu bertindak sesuai dengan klaim mereka." bos tertawa dia lalu mengembalikan laporan kerja bulananku itu kepadaku sambil berkata, "bulan ini kamu ngagk usah bikin laporan bulanan, bulan depan baru bikin ya!"

 Vantillian, itulah untuk pertama kalinya seumur hidup saya, saya melakukan pekerjaan Audit. Saya baru kerja 4 bulan dibantu oleh seorang staf yang baru kerja 1 minggu. "Nothing to loss!" Itulah yang saya katakan kepada staf baru itu, seorang wanita berkaca mata tebal. "bila berhasil, kita kan jadi jagoan, bila gagal, masih banyak waktu untuk belajar, bila tidak dipecat. Para bos tahu bahwa kita masih plonco." 

Vantillian, inilah hal dasar yang harus dipahami guna mencari tahu siapa Gabriel dan Mikhael?

  1. Gabriel bukan Mikhael
  2. Tidak ada catatan Mikhael bertemu manusia
  3. Ada catatan Gabriel bertemu manusia

Ciri-ciri Gabriel:

  1. rupanya seperti seorang laki-laki
  2. menerima sembah manusia; sembah sampai ke tanah
  3. punya inisiatif
  4. punya kuasa
  5. Ciri-ciri fisik sebagai berikut

Tubuhnya seperti permata Tarsis dan wajahnya seperti cahaya kilat;  matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap, dan suara ucapannya seperti gaduh orang banyak. Daniel 10:6

  1. Tubuhnya seperti permata Tarsis
  2. wajahnya seperti cahaya kilat
  3. matanya seperti suluh yang menyala-nyala
  4. lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap
  5. suara ucapannya seperti gaduh orang banyak

Ketika mempelajari Kemah Allah, ada satu hal yang sangat menarik perhatian saya yaitu bahan baku untuk pembangunan kemah tersebut dan designnya. Ada dua mezbah, yang satu mesbah korban bakaran untuk membakar hewan korban, satu lagi mezbah ukupan di ruang mahakudus untuk membakar wangi-wangian. Mezbah bakaran disalut dengan TEMBAGA.

Ular yang dibuat oleh Musa adalah ular Tembaga.

Menyelidiki kaki tembaga membawa saya kepada kaki yang seperti tiang api.

Ke sanalah aku dibawa-Nya. Dan lihat, ada seorang yang kelihatan seperti tembaga dan di tangannya ada tali lenan beserta tongkat pengukur; dan ia berdiri di pintu gerbang. Yehezkiel 40:3   

Tetapi sesudah tuanku akan muncul suatu kerajaan lain, yang kurang besar dari kerajaan tuanku; kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi. Daniel 2:39

Lalu aku melihat, sungguh, angin badai bertiup dari utara, dan membawa segumpal awan yang besar dengan api yang berkilat-kilat dan awan itu dikelilingi oleh sinar; di dalam, di tengah-tengah api itu kelihatan seperti suasa  mengkilat. Yheskiel 1:4

Dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke atas aku lihat seperti suasa mengkilat dan seperti api yang ditudungi sekelilingnya; dan dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke bawah aku lihat seperti api yang dikelilingi sinar. Yhezkiel 1:27

dan aku menerima penglihatan: Sungguh, ada kelihatan yang menyerupai seorang laki-laki, dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke bawah kelihatan seperti api dan dari pinggangnya ke atas kelihatan seperti cahaya, seperti suasa mengkilat. Yehezkiel 8:2

Saudara Vantillian, coba perhatikan ayat-ayat di kitab Wahyu berikut ini:

Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi  ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api. Wahyu 10:1

Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi, Wahyu 10:2
 
dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya Wahyu 10:3

Vantillian, perhatikan kaki-Nya setelah itu baru pahami kuasa-Nya. NAh, Vant, itulah jejak-jejak audit Gabriel yang saya temukan di Alkitab.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

minmerry's picture

@Ko Hai : Ko ar Ko...

sepertinya ... ini akan bikin Min ditinggal lagi malem ini. (-.-) Hehehe. Untung Min masi ada deretean DVD yang lom di tonton ampe abis.

 

 

logo min kecil

__________________

logo min kecil

hai hai's picture

@min, Nggak Akan butuh Waktu Lama

min, petunjuknya sangat jelas, jadi nggak akan butuh waktu lama baginya untuk menarik kesimpulan. Tanpa petunjuk-petunjuk itu, baru dia akan menghabiskan waktu bermalam-malam. Ha ha ha ha ha ha .....

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

@ko Hai

Pengantin baru jangan dikasih PR terlalu berat kasihan, lihat tuh si Min bela belain nonton DVD daripada memilih tidur duluan, masa sih tidak mengerti juga maksudnya ? Apa semakin tua sel sel kelabu anda makin berkarat ? ha ha ha ha ha

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

@Kingheart, Sel Kelabu ini ...

Memang saya cukup terkejut juga banyak penafsir terkenal juga memahami Mikhael sebagai Yesus sendiri. Ini memang masih memerlukan studi yang dalam. Pemahaman saya hanya sampai disini. Sudah mentok. Mungkin saya harus belajar lagi tentang Gabriel dan Mikhael yang misterius ini.

kingheart, justru karena sel-sel kelabu ini masih tokcer makanya saya kasih petunjuk. Biar study yang dalam itu bisa berakhir cepet.

Setelah memahami empat penunggang kuda kitab Wahyu, kita sampai pada pertanyaan, bagaimana cara Penunggang Kuda Putih dan Penunggang Kuda Hitam saling berinteraksi di sorga dan di dunia? Jawabannya adalah Gabriel dan Mikhael.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

minmerry's picture

KH : Autumn Concerto

Min nonton Autumn, dibeliin ama Van. Seru, kadang Van sambil ngetik, dia ikutan nonton juga. Trus Min bisa kasi contoh yang romantis yang mana, yang ga romantis yg mana. Hahahaha.

Bosan kalo main sudoku sendirian sampe ketiduran. Hehehe.

DVD nya baru abis kemaren. (-.-)

 

 

logo min kecil

__________________

logo min kecil

emasmurni's picture

@hai : Yesus= gabriel?

1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian s  dari emas 8 . 1:13 Dan di tengah-tengah kaki dian t  itu ada seorang serupa Anak Manusia 9 , u  berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, v  dan dadanya w  berlilitkan ikat pinggang dari emas. 1:14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api. x  1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; y  suara-Nya bagaikan desau air bah. z  1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang 10  a  dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang b  tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari c  yang terik. 1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya d  sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, e  lalu berkata: "Jangan takut! f  Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, g  1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, h  namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya i  dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut

hai wrote:

Ciri-ciri Gabriel:

  1. rupanya seperti seorang laki-laki
  2. menerima sembah manusia; sembah sampai ke tanah
  3. punya inisiatif
  4. punya kuasa
  5. Ciri-ciri fisik sebagai berikut

Tubuhnya seperti permata Tarsis dan wajahnya seperti cahaya kilat;  matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap, dan suara ucapannya seperti gaduh orang banyak. Daniel 10:6

  1. Tubuhnya seperti permata Tarsis
  2. wajahnya seperti cahaya kilat
  3. matanya seperti suluh yang menyala-nyala
  4. lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap
  5. suara ucapannya seperti gaduh orang banyak

hai, semua tulisan lo bener2 jungkir balikin pengertian g selama ini tentang ajaran di gereja g...

apakah menurut anda Gabriel=Yesus?

hai hai's picture

@Emasmurni, Gabriel adalah Logos

emasmurni, Gabriel adalah Logos alias Firman. Siapakah Mikhael? Kita masih perlu mencari tahu tentang siapakah dia?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, Gabriel = Logos?

Sorry om, karena udah lama banget ya, udah 8 bulan sejak komentar dan blog ini diluncurkan. Tapi penasaran sih, benarkah bahwa:

1. Menurut Vantillian, Mikhael = Yesus

2. Menurut Hai hai, Gabriel = Logos = Yesus

 

Atau ini udah pengetahuan lama dan uda sempat direvisi? Kalau sudah, boleh ditulis di sini link ke penjelasannya atau penjelasannya sendiri?

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, Malaikat Tuhan

Lapan, Mikhael adalah MALAK Elohim alias Malaikat Allah

Gabriel adalah MALAK YHWH alias Malaikat TUHAN.

Mikhael tidak pernah MENAMPAKKAN diri kepada manusia.

Bila Malaikat Allah MENAMPAKKAN diri kepada manusia maka yang KELIHATAN adalah Malaikat Tuhan.

Sampai saat ini saya belum menemukan sumber pustaka yang membahas malaikat dengan benar. Sumber pustaka yang ada saat ini selalu berdasarkan pada ajaran bangsa Yahudi berdasarkan kitab Henokh. 

Saya sudah pernah membaca kitah Henokh beberapa kali dan menurut saya kitab itu banyak berisi KETIDAKKONSISTENAN dan dongeng banget.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, soal Gabriel

Om Hai, dari beberapa tulisan yang saya baca, ada satu kesimpulan: Malak YHWH = Malaikat TUHAN adalah Tuhan/YHWH itu sendiri. Tapi tentang Gabriel ada yang tidak cocok. Saya lihatnya dari Daniel 8-10:

Daniel 8
Waktu kejadiannya (8:1) = Tahun ketiga pemerintahan raja Belsyazar.
Tempat penglihatan (8:2) = Di tepi sungai Ulai.
Kemunculan Gabriel (8:15), dikatakan "rupanya seperti seorang laki-laki"
Reaksi Daniel (8:17) = "terkejut dan jatuh tertelungkup"
After effect (8:27) = "lelah dan jatuh sakit beberapa hari lamanya". Saya memahaminya karena semua penglihatan itu.

Daniel 9
Waktu kejadiannya (9:1) = Tahun pertama pemerintahan Darius.
Waktu kedatangan Gabriel (9:21) = Daniel lagi berdoa ketika Gabriel muncul
Deskripsi Daniel = "dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari" >> ini kapan ya? Yang di ayat 8 tidak ada keterangan macam itu.

Daniel 10
Waktu kejadiannya (10:1) = Tahun ketiga pemerintahan Koresh.
Tempat kejadiannya (10:4) = Di tepi sungai besar, sungai Tigris.
Muncul seseorang yang:
berpakaian kain lenan, berikat pinggang emas dari ufas (10:5)
tubuh seperti permata Tarsis, wajah seperti cahaya kilat, matanya seperti suluh menyala-nyala, lengan dan kaki seperti kilau tembaga yang digilap, suara ucapan seperti gaduh orang banyak (10:6)
Reaksi atas penglihatan (10:7) = Ada orang-orang lain bersama Daniel, tidak melihat tetapi ketakutan dan lari bersembunyi.
Reaksi Daniel (10:8) = hilang kekuatan, menjadi pucat total.

 

Yang saya pahami, Gabriel bukanlah orang yang dilihat Daniel pada pasal 10. Soalnya:
1. Daniel mendeskripsikan ulang, gak seperti di ayat 9 yang cuman mendeskripsikan Gabriel sebagai "dia yang telah kulihat pada penglihatan yang dahulu"
2. Reaksi Daniel adalah hilang kekuatan dan menjadi pucat total, di pasal 8 reaksinya terkejut dan jatuh tertelungkup, sedangkan di pasal 9 gak ada keterangan reaksi (apa karena sudah gak terkejut?).

 

Saya setuju dengan om Hai kalau yang dideskripsikan pada pasal 10 adalah Yesus, soalnya memang deskripsinya cocok dengan deskripsi Anak Manusia di Wahyu pasal 1. Tapi, saya memahaminya bahwa orang yang di pasal 10 itu bukan Gabriel. Hm jadi siapa Gabriel? Apakah dia malaikat (angel)?

 

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, YHWH

lapan, saat ini saya tidak akan memberi banyak komentar sebab tentang malaikat-malaikat saya baru menemukan jejak-jejaknya, belum menyusunnya sebagai sebuah jalan.

YHWH memiliki HATI manusia artinya Dia berpikir dan berprilaku seperti manusia. YHWH juga suka makanan enak walaupun Dia hanya mampu menikmati HARUM-nya. Di samping itu, Dia juga suka BERGAYA seperti manusia.

Bila anda melacak jejak malaikat, jangan lupa kedua hal tersebut di atas.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai

Oce om, sebenarnya saya lagi jalan-jalan terus ketemu pernyataan ini dan saya jadi penasaran aja. hehehe

ilmu dan otak saya gak cukup lah untuk melacak jejak malaikat :p

soal YHWH suka bergaya seperti manusia, hm, sama donk, manusia juga suka bergaya jadi tuhan hahahhaha

 

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, Apa Susahnya

Lapan, memahami ajaran Alkitab itu ibarat seseorang yang sedang jalan pagi lalu menemukan emas tergeletak di pinggir jalan. Syarat untuk menemukan emas itu hanya dua. Bangun pagi lalu pergi jalan-jalan.

Syarat untuk memahami ajaran Alkitab itu hanya perlu dua syarat yaitu. Baca Alkitab dan tidak menafsirkannya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

Dua-duanya

Saya susah menyambung satu kejadian dengan kejadian lain, otak saya keburu keriting kalo saya coba sambung-sambungin. Makanya melacak jejak seperti yang om Hai dan Vantillian dan banyak teolog lain lakukan, belum sampai ke isinya aja saya udah terkagum-kagum dengan caranya. Hahahaha menurut saya, kalian udah bukan jalan-jalan doang tapi lompat-lompat, membalik-balik batu, dan menggali :p

 

 

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, Ala Bisa

lapan, bila kamu rajin jalan pagi, maka kamu akan mengenali jalan dan lingkungan jalan dengan baik. Dalam kondisi demikian, bila tiba-tiba ada sebongkah emas muncul di jalanan, maka anda tidak akan kesulitan untuk melihatnya. Hal itu karena anda sudah biasa berjalan di jalanan itu dan mengenalinya dengan baik.

Itulah yang terjadi ketika kita membaca Alkitab. Karena sering membacanya, maka ketika kita mencek bahasa aslinya dan melihat sebuah bongkahan yang tidak biasa, maka kita langsung mengenalinya secara otomatis.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@hai hai, OK

oh, bisa karena biasa. duh, hahahaha. Ok de om. =)

__________________

imprisoned by words...

putih's picture

permisi pak hai hai ,saya

permisi pak hai hai ,saya ingin bertanya

jadi yg di ayat yohanes 1:1

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah  dan Firman itu adalah Allah. Yohanes 1:1yg di maksud dengan firman ini adalah gabriel yah pak?? ato bukan yah?? soalnya saya kok jadi bingung..

saya juga baru membaca blog bapak yg berjudul ALLAH mustahil bapa karena Yesus kristus anak tunggal BAPA...

disitu bapak menulis

****Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Yohanes 1:2

       Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun      yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Yohanes 1:3

Siapakah yang pada mulanya bersama-sama dengan Allah? Firman. Firman adalah pencipta segala ciptaan. Tidak ada ciptaan yang tidak diciptakan oleh Firman. Karena Firman adalah pencipta segala ciptaan itu berarti Allah sama sekali tidak mencipta.

yg ingin saya tanyakan apakah Firman yg dimaksud disini sama dengan yg bapak maksudkan sebagai firman=logos=gabriel??

soalnya saya jadi bingung,soalnya waktu dulu saya pernah dikasih tau kalo ga salah firman itu yg dimaksud adalah Tuhan Yesus

jadi mana yg bener nih

boleh dikasih penjelasan supaya bisa lebih mengerti

thanks

hai hai's picture

@Putih, Misteri Allah Tritunggal

Ajaran tentang Tritungggal di dalam Alkitab sesungguhnya belum dipahami dengan benar dari generasi ke generasi. Itu sebabnya para Teolog selalu menyatakan itu sebagai doktrin yang paling sulit. Sebagian yang lain mengajarkan bahwa itu mustahil dipahami manusia sebab itu adalah Misteri Allah Tritunggal yang mustahil dipahami dengan akal. Itu HANYA bisa dipahami dengan IMAN.

Saya bisa menjawab pertanyaan dengan singkat namun hal itu akan membuat anda bingung dan mengajukan pertanyaan lainnya lagi. Bila boleh mengusulkan, silahkan klik di sini lalu bacalah beberapa blog yang saling kait mengait itu. Setelah anda mendapat gambaran yang lebih luas lagi, kita akan diskusi lagi. Sementara itu, saya sedang menulis beberapa blog yang akhirnya akan membuka tabir Allah Tritunggal dan Gabriel serta Michael.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

jalan pagi bonus emas?

Lapan, memahami ajaran Alkitab itu ibarat seseorang yang sedang jalan pagi lalu menemukan emas tergeletak di pinggir jalan. Syarat untuk menemukan emas itu hanya dua. Bangun pagi lalu pergi jalan-jalan.

====

kurang satu lagi syaratnya HH, 3. kalau emas itu belum diambil oleh orang yang bangun lebih pagi atau pemulung yang mulung sampai pagi

 

Syarat untuk memahami ajaran Alkitab itu hanya perlu dua syarat yaitu. Baca Alkitab dan tidak menafsirkannya.

===

1Co 2:13  Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh.

alkitab itu hal yang

a. rohani

b. tidak rohani

c. kadang rohani kadang tidak rohani

d. tidak tahu

e. tidak perduli

HH...lucu kalau anda bilang Alkitab itu bukan hal rohani...

 

:)