Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

AGAMA

smile's picture
Kristen dan Katholik hanya agama
Demikian juga dengan Hindu, Budha dan Islam.
Semuanya ga dibawa mati. Semuanya bukan jaminan masuk surga.
Apakah agama anda paling benar?
 
Ada banyak sekali agama di dunia, dan inilah perkiraan data statitistik-nya :
(Bukan ter-update)
 
1. Kekristenan 2,1 miliar
2. Islam 1,3 miliar
3. Non-Adherent (Sekular/Ateis /Agnosti/Tidak Ateis) 1,1 miliar
4. Hinduisme 900 juta
5. Agama keluarga Cina 394 juta
6. Buddhisme 376 juta
7. Paganisme 300 juta
8. Tradisi Afrika dan diasporik (tanah air) 100 juta
9. Sikhisme 23 juta
10. Juche 19 juta
11. Spiritisme 15 juta
12. Yudaisme14 juta
13. Iman Bahai 7 juta
14. Saksi-Saksi Yehuwa 6,5 juta
15. Jainisme 4,2 juta
16. Shinto 4 juta
17. Cao Dai 4 juta
18. Zoroastrianisme 2,6 juta
19. Tenrikyo 2 juta
20. Neo-Paganisme 1 juta
21. Unitarian Universalisme 800 ribu
22. Gerakan Rastafari 600 ribu
 
Kalau tidak benar buat apa anda memilihnya?
Apakah agama yang ada pada anda hanya agama keturunan alias peninggalan turun temurun?
Bagaimana jika ada yang bertanya apakah agama anda paling benar?
Bagaimana jawaban anda? Dari jawaban anda, mungkin akan bisa diketahui orang seperti apakah anda.
 
Munafik-kah?
Arif-kah?
Bijaksana-kah?
Pandai-kah?
Bodoh-kah?
Jujur dan lugu-kah?
Sombong-kah?
Tak peduli alias cuek-kah?
Atau yang lainnya?
 
Jika anda tidak membela agama anda, lalu siapa yang anda bela?
(T)uhan?
Beranikah anda mengatakan membela (T)uhan dengan tingkah laku anda saat ini?
 
Lalu, jika anda ragu ragu atau tidak bisa menjawab,malukah anda, jika akhirnya anda dikatakan seorang tak beriman, seorang plin plan, dan seorang yang tidak seharusnya mengenal apa itu (T)uhan?
 
" Apakah anda percaya akan (T)UHAN..?,
 
Menurut anda, siapakah yang diciptakan........
(T)UHAN yang Menciptakan manusia atau sebaliknya manusia yang Menciptakan (T)UHAN...?”
 
Seperti layak nya anak kecil memiliki teman khayalanya sendiri, maka hal itupun kemudian dilakukan sampai seseorang bukan anak kecil lagi, ketika menghadapi hal yang mendesak, tak ada tempat lagi untuk mengadu, akhir nya manusia menciptakan sosok khayalannya sebagai tempat dia mengadu, dan mengeluarkan semua uneg unegnya.
 
(T)uhan memang tidak kelihatan, semuanya hanya ada dalam imajinasi. Jika demikian apakah kemudian pemikiran diatas jadi dibenarkan, bahwa (T)uhan ada karena kebutuhan manusia?
 
Orang membahas tentang (T)uhan, membahas tentang firman, menguliti dan menelanjangi kata demi kata, kemudian mengartikannya, menafsirkannya, tapi apakah pernah terlintas akan hal dasar bahwa apa itu (T)uhan dan siapa itu (T)uhan?
 
Jangan berbicara tentang suatu hal yang dasarnya saja mungkin anda belum paham.
 
Darimanakah orang mengenal (T)uhan? Anak kecil yang sudah mulai mengerti untuk mendengar dan berbicara tidak mengenal (T)uhan dari agama dan tempat ibadah, mereka mendengar istilah (T)uhan tentu dari orang orang yang paling dekat dengannya.
Dilanjutkan dengan mendapat pendidikan agama disekolah, baru yang terakhir dari tempat ibadah.
 
Mengenal (T)uhan itu suatu hal yang fenomenal.Apa yang dibutuhkan untuk bisa mengenalnya lebih dekat lagi? Tentu saja lagi lagi saya katakan otak dengan logika dan rasio, serta iman.
 
Apakah dan siapakah (T)uhan itu? Kenalilah itu dulu sebelum melangkah lebih dalam untuk mengenal siapa (T)uahanmu, atau siapa juruslamatmu, atau siapa idola spiritualmu.
 
Hal ini seperti dianggap sepele, padahal merupakan dasar yang sangat penting untuk bisa berlanjut ketahap berikutnya.
 
Adakah orang tua yang menjelaskan dengan teliti, mengenalkannya kepada anak anak yang mulai mengerti, siapa itu (T)uhan, darimanakah Dia, dan apakah itu (T)uhan?
 
Katanya, (T)uhan itu satu.
Tapi disembah dengan banyak cara.
Katanya (T)uhan itu Esa
Tapi dipanggil dengan sebutan yang berbeda.
 
 
* * * * *
 
Sedikit mengulas tentang saksi Yehovah, ini ayat yang dipakai sebagai landasan mereka untuk memperkenalkan dirinya, dan mengatakan Yesus bukanlah (T)uhan.
 
Yesaya
43:10 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.
43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
43:12 Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan Akulah Allah
 
Bagaimana menyangkal ayat ini? Mungkin dengan satu pemikiran simple, jangan lagi percaya apa yang dikatakan oleh Nabi Yesaya, karena ayatnya di atas. Tapi apakah makna itu benar? Apakah orang kristen dan katholik bisa memberikan tanggapan yang jelas dan benar tentang kalimat dalam ayat diatas?
 
Penafsiran apalagi yang bisa dijelaskan untuk menjelaskan ayat diatas?
Allah berkata melalui Nabi Yesaya, dituangkan dalam kitab Nabi Yesaya. Haruskah dipungkiri bahwa memang itu isinya?
 
* * * * *
 
Mempunyai agama bukan jaminan masuk surga, tapi dari agama, dikenal dan akhirnya orang tahu, apa yang harus dilakukan untuk menuju kesana. Jika ada yang mengatakan agama sama saja, itu bagi saya hanya sebuah kemunafikan.Semuanya jadi complicated.
 
Agama memang tidak dibawa mati. Agama memang hanya sebuah sarana. Bukan tujuan akhir dari kita memeluknya. Tapi untuk mengetahui (T)uhan yang akan disembah, tentunya kita harus mengetahuinya lewat agama bukan?
 
Bagaimana jika ada agama garis keras, yang radikal dan brutal suatu ketika bertanya kepada anda, apa agamamu, dan agama apa yang paling benar? Apa jawabmu?
Akan larikah kamu, dan akan takutkah kamu?
Bukankah kamu semuanya adalah orang orang pemberani yang mencintai (T)uhan mu?
 
Mungkin hal ini masih jarang terjadi, tapi saya yakin suatu saat nanti itu akan bergulir setiap hari nya dan nyawa jadi taruhannya.
 
Manusia itu serumit (T)uhan.
Rumit, dan sangat rumit.
 
Kembali ke pertanyaan awal, jika ditanya apa agamamu, tentu akan anda jawab. Dan jika ditanya apakah agamamu paling benar?
Apakah yang akan anda jawab?
 
Ini bukan sebuah pertanyaan sampah.
 
Jika tidak yang paling benar menurut anda, lalu kembali saya pertanyakan, kenapa anda pilih?
Karena terpaksa?
Karena ikut ikutan?
Atau karena ya begitulah?
 
Jika ada yang menanyakan apakah anda dapat memahami Kristus bisa sebagai Allah sekaligus manusia? Apa yang anda akan jawab?
 
Seorang yang saya kagumi mengatakan :
 
“Saya tidak dapat memahami-Nya!”
“Jika saya dapat memahami-Nya, Dia pasti tidak lebih besar ketimbang saya,. Saya rasa saya memerlukan Juru Selamat yang melampaui manusia.”
 
Saya setuju dengan apa yang dikatakannya.
Mungkin itu adalah PR yang akan dibawa sampai ajal menjemput kita.
 
Apa yang coba dituliskan diatas bukanlah sebuah perihal tentang ketidakyakinan kepada (T)uhan, bukan suatu skeptisisme. Tapi lebih kearah sikap manusia dalam mengungkapaknnya didepan umum. Karena Jika tidak mengakui-Nya didepan manusia, bukankah Dia juga tidak akan mengakui-Nya didepan Bapa di surga?
 
Apakah sudah layak memikirkan urusan langit jika urusan bumi saja masih porak poranda?
 
Seseorang pasti mencari yang terbaik bagi dirinya, bagi kehidupan dan juga bagi keluarganya.Tapi untuk mendapatkan semuanya itu bukankah harus mencari dan terus mencari sampai seseorang itu menemukannya?
 
Dan jika sudah mendapatkanya, beranikah mengakuinya, dan meyakininya, bahwa memang yang adan temukan dan anda yakini itu adalah yang paling benar diantara yang benar?
 
Mungkin ini kuncinya.
 
Agama yang saya pilih adalah agama yang paling benar, dari semua agama yang benar.
Sebuah kalimat yang mungkin sangat cocok untuk diungkapkan, dari KEYAKINAN yang paling mutlak-lah, kita bisa mensugesti diri sendiri, bahwa memang tidak salah memilih, dan tidak salah mengimani suatu keyakina yang paling benar dari semua yang benar tersebut.
 
smile
Oktober 29th-2010
 
 
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

b7......

b7....sahabatku,....
kalo smile jujur belum bisa sepaham dengan pemikiran yang muncul masalah air samudra roh dsb dll itu.
Tapi bila b7 merasa sudah meyakini itu sebagai ajaran yang benar, cobalah mengkajinya lagi,dengan menanyakan dan sharing dengan orang orang yang punya pengetahuan yang setara dengan anda, atau yang mungkin lebih dari anda, maka dari setiap sharing yang dilakukan, akan menambah wawasan, juga pemikiran yang terungkap dari yang sebelumnya belum terungkap, tapi kalau sudah merasa cukup itu tugas anda untuk meyakinkan orang lain akan kebenaran yang baru anda temukan itu.
 
Selebihnya, diterima atau ditolak itu sudah merupakan bagian dari perjuangan anda untuk bisa menjadikannya sebagai kabar baik bagi jemaat.
Ga usah perduli dengan orang? ya....lakukan bila itu memang keyakinan mu...
 
smile selalu berpikir, jika benar,...pasti ada campur tangan (T)uhan didalamnya....dan  g pribadi sekarang lbih banyak berserah,.....dan selalu sharing ama (T)uhan lewat doa....
 
coba anda pelajari bahasa aslinya bro,....sekalian nih smile kasih,....
 
ini translatornya : MESIN TRANSLATE
 
ini LINK YANG DIKASIH LAPAN....bagus juga untuk bisa dibaca...
 
 
 
 
smile lebih suka yang pertama.......oke...bro......silahkan hajar deh.....-)
 
 
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

smile's picture

minie.....man

minie,...kamu cowok pake nama cewek, pake bilangin aku didandanin kek prp? dunia sudah gila,....sama aja yang pb bilang,..demo anti pornografi, tapi sebelum demo onani,......wakakaka
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

bintang seven's picture

Yesus bukan bapa kita terdengar sesat

walau terdengar sesat, tp anda hrs menjudge dg adil, dimanakah sesatnya, bisakah anda menunjukkannya? untuk menjebloskan maling kedalam penjara, hrs melalui pengadilan, di dalam pengadilan ada barang bukti permulaan yg cukup, motif pelaku, saksi, pasal, tuntutan dan juga pembelaan terdakwa, jika anda tak mengerti hukum, minta bantuan LBH dan dapatkan pengacara utk anda.
 
jika saya sesat, mengertikah anda pasal alkitab? dapatkah SEORANG menunjukkan kesesatan saya dg bukti yg sahih? satu hal jika saya salah mengapa takut bertobat/dihukum? tp jika saya benar maukah anda ikut saya yg telah BEBAS dr segala tuduhan? its a fair court justice isn't?
 
salam.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

lapan's picture

@B7: Air Dulu...

Soal Yesus = Bapa kita, gw gak pernah kepikiran ttg ini sih. Hmm, kenapa ya, feeling gw sih kayanya emang Yesus beda dengan Allah. Gak tau jg ya. Mungkin karena seringnya dibilang Yesus itu Anak.
 
Soal air, kalao air dalam Kejadian 1:2 itu = Allah, bagaimana dengan air pada Kejadian 1:5
 
Dan Allah menamai n  terang itu siang, dan gelap itu malam. o  Jadilah petang dan jadilah pagi, p  itulah hari pertama 4 . 1:6 Berfirmanlah q  Allah: "Jadilah cakrawala r  di tengah segala air s  untuk memisahkan air dari air."
 
Ni berarti ada air di atas langit kan, dan pada saat kejadian air bah, air di atas langit ini yang tumpah.
 
Kalau air dalam kejadian itu = Allah, berarti Allah masih terbagi-bagi lagi. Dan kalau itu merujuk ke pribadi, berarti cakrawala mungkin tidak bisa diartikan sebagai cakrawala, mungkin itu sebenarnya satu lagi pribadi tambahan? Jadi ada Tritunggal Allah (Roh, Air, Cakrawala), Dwitunggal YHWH (Yesus dan Kristus) dalam Tritunggal (Bapa, Anak, dan Roh Kudus).
 
Sebelomnya gw tegasin dolo, neh gw bener2 nanya ya, jadi gak usa dikira2 maksud gw apaan.
__________________

imprisoned by words...

bintang seven's picture

@lapan: benteng nya air

pan kalau mau merubuhkan doktrin air itu adalah = salah satu tritunggal, gw rasa elo harus merobohkan benteng besar pertamanya, yaitu bhw gelap, samudera raya/air dan Roh Allah adalah BUKAN Tritunggal, benteng itu temboknya ditulisi kalimat sakti: gelap,samudera raya dan roh allah tidak dicipta krn telah ada sebelum penciptaan dimulai pada hari pertama. Mereka adalah yg ADA DG SENDIRINYA krn sendirinya telah ada, dan krn mencipta mereka harus memisahkan dan membatasi dirinya yg telah ada. Mereka adalah pencipta yg esa.
 
coba rubuhin itu dlu, baru kita bicara yg lain. atau elo mau ngerubuhin tembok yg lainnya, begini:
 
jika air itu adalah salah satu oknum tritunggal, walau gw gak begitu setuju disebut oknum, tp krn sudah terkenal istilah oknum itu, bukankah air itu di ayat 6 dikatakan dipisahkan dr cakrawala/langit dan dr air dibawah langit.
 
air dibawah langit disebut laut, tp yg diatas cakrawala air itu hrsnya disebut apa? meleper ke banyak ayat, dia adalah yg mahatinggi dan dia adalah Allah bapa. allah bapa pasti punya anak, anak2nya adalah Firman dan Allah. atau Terang dan gelap. 2 anak yg menjadi bait surga. disurga yg terbesar adalah anak2. anak anak itu adalah Yesus dan ALlah, bapanya Yesus dan ALlah adalah ALlah bapa.
 
pusing bukan? syukurin!!
 
 
 
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

lapan's picture

@b7: 75+25

Cape dehh... Eh salah... Cepe deh...
 
Dah dibilang gw gak maksud apa-apa, gw cuman nanya doank, elo malah menyimpulkan gw mau ngerubuhin doktrin Allah = air.
 
Jadi gini bu, elo menyatakan sesuatu yang baru, bahwa air pada Kejadian 1:2 adalah Allah kan? Gw bingung aja, kalo air di sana itu Allah, yang dipisahin pada Kejadian 1:6 tuh air apaan? Air beneran atau Allah?
 
Gak usah ngomong benteng-bentengan dulu, ini baru ayat ke6 aja gw udah bingung. Ini pertanyaan terbuka kok. Buat siapa aja yang merasa B7 benar, pasti udah lewatin kebingungan gw di ayat 6.
 
B7:
jika air itu adalah salah satu oknum tritunggal, walau gw gak begitu setuju disebut oknum, tp krn sudah terkenal istilah oknum itu, bukankah air itu di ayat 6 dikatakan dipisahkan dr cakrawala/langit dan dr air dibawah langit.
 
Jangan diubah-ubah isi ayatnya:
1:6 Berfirmanlah q  Allah: "Jadilah cakrawala r  di tengah segala air s  untuk memisahkan air dari air."
 
1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala 5  dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. t  Dan jadilah demikian. u
 
Yang dipisahkan itu AIR, sehingga jadi kaya sandwich AIR. Tengah-tengahnya cakrawala. (Bayangin burger isi cakrawala, rotinya air hahahha)
 
Tadinya itu SATU AIR. Terus baru belakangan dipisahkan dengan cakrawala. Tidak ada keterangan yang bilang cakrawala dan air tadinya SATU. Atau lu mengiyakan pertanyaan gw bahwa Allah Bapa yang lu bilang Air dan Roh, sebenarnya si Air ini adalah dwitunggal Air dan Cakrawala?
 
 
Terlepas dari itu, gimana dengan Kejadian 7:10:
 
Pada waktu umur u  Nuh enam ratus tahun, pada bulan v  yang kedua, pada hari yang ketujuh belas bulan itu, pada hari itulah terbelah segala mata air samudera raya yang dahsyat 1  w  dan terbukalah tingkap-tingkap di langit. x
 
Samudera raya di sini apaan? Ada air di samudera raya?
 
Karena tadinya gw anggap air itu air beneran, terus lu bilang air adalah Allah, skarang gw yang jadi bingung karena pada ayat-ayat berikutnya gak mendukung.
 
Sedangkan pernyataanlu ini:
Gelap, samudera raya, dan Allah adalah Tritunggal karena mereka sudah ada bahkan sebelum hari pertama.
 
Adalah kesimpulan semata-mata dari satu ayat. Siapa yang menjamin bahwa penciptaan itu adalah penciptaan mula dari segala awal?
 
Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
 
Tidak dikatakan:
 
Ciptaan mula-mula Allah adalah langit dan bumi.
 
Menurutmu bagaimana kitab Kejadian ditulis?
Apakah:
a. Allah membisikkan kata-kata pada Musa
b. Allah membawa Musa melihat kejadian penciptaan?
c. Gak tau
__________________

imprisoned by words...

bintang seven's picture

LAPAN

1:6 Berfirmanlah q  Allah: "Jadilah cakrawala r  di tengah segala air s  untuk memisahkan air dari air."
 
1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala 5  dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. t  Dan jadilah demikian. u
 
yang dipisahin pada Kejadian 1:6 tuh air apaan? Air beneran atau Allah?
 
jwb: air diatas surga itu adalah nama pribadi, krn Air di kej 1:2 gelap gulita, samudera raya/air dan Roh Allah adalah Pencipta. penciptaan dimulai dg pemisahan dan pembatasan kuasa, mengapa musa menulis itu sbg air? krn Dia diilhami menulisnya demikian, mengapa tidak ditulis Allah Air, krn Allah pun mau mengilhami kita utk mengerti apa yg ditulis hambanya musa. bagaimana mengerti nya? bhw Allah menyembunyikan hal2 rahasi utk menyatakan pada orang2 kecil yg dikehendakiNYA.
 
mengapa air itu = yang mahatinggi? nanti! mengapa air itu disebut Allah B?, bgmna memahami yg hurufiah dan yg tidak? alkitab memberi rambu, air yg dibawah langit dipisahkan dr air. air yg dibawah langit namanya laut (kej 1:9) yg diatas langit? disebut Pencipta yg lebih tinggi dari langit.
misal ada: matahari surga, apakah matahari ada 2? 1 dibumi 1 disorga? rembulan sorga? apakah surga perlu penerang yg namanya rembulan?? bintang di surga? awan sbg kendaraan Allah dan istilah lain, mengapa surga menyatakan istilah2 SURGA dg benda2 bumi? seharusnya spy orang2 dibumi lebih mudah memahami BGMNA SURGA ITU/SIAPA MEREKA, tp tanpa rahmat Allah yg mudahpun tak akan kelihatan.
 
 
Adalah kesimpulan semata-mata dari satu ayat. Siapa yang menjamin bahwa penciptaan itu adalah penciptaan mula dari segala awal?
 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
 Tidak dikatakan:
 Ciptaan mula-mula Allah adalah langit dan bumi.
 
jwb:
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
tidak ada suatupun yg tidak dijadikan SELAIN oleh Firman, bgmna mungkin ada yg dijadikan sebelum hari pertama DIMANA ALLAH BERFIRMAN PADA MULANYA? alkitab alpha? KEJ 1 mencatat pada mulanya, yoh 1 mencatat pada mulanya, adakah yg dijadikan sebelum hari pertama yaitu langit dan bumi? aLLAH telah ambil ancang2 atau mencuri start bhw ada yg telah dia ciptakan sebelum kejadian 1:1 ?alkitab alpha? perlukah dicari kitab sebelum kejadian? alkitab alpha?atau kita telah BERPRASANGKA?
 
Menurutmu bagaimana kitab Kejadian ditulis?
Apakah:
a. Allah membisikkan kata-kata pada Musa
b. Allah membawa Musa melihat kejadian penciptaan?
c. Gak tau
jwb: c. jujur saya gak tau.
 
Sedangkan pernyataanlu ini:
Gelap, samudera raya, dan Allah adalah Tritunggal karena mereka sudah ada bahkan sebelum hari pertama.
 Adalah kesimpulan semata-mata dari satu ayat. Siapa yang menjamin bahwa penciptaan itu adalah penciptaan mula dari segala awal?
 
akulah yg awal dan akhir, alpha omega, coba baca wahyu:
22:1 Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.
 
22:11 Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!" 22:12 "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir." 22:14 Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu. 22:15 Tetapi anjing-anjing dan tukang-tukang sihir, orang-orang sundal, orang-orang pembunuh, penyembah-penyembah berhala dan setiap orang yang mencintai dusta dan yang melakukannya, tinggal di luar. 22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang." 22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!
menikmati Allah=menikmati Air dg cuma2, caranya? lwt baitNYA/Anak2NYA. siapa mereka? Roh dan Yesus. itulah JALAN-NYA allah yg mahatinggi.
 
SALAM.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

lapan's picture

B7: Air di atas surga?

B7, sebelumnya, thanks untuk penjelasan kamu. 
 
Tapi, ada beberapa hal yang aneh...
 
1. Air di atas surga.
Jadi gini, air dipisahkan dengan cakrawala, cakrawala itu disebut langit. Apakah kamu berusaha menyampaikan kalo surga ada di atas langit? Atau surga = langit?
 
Kita tentu tau lah ya, ilmu pengetahuan udah sampai mana. Foto luar angkasa itu pastinya bukan bohong-bohongan dan sekedar kepercayaan lagi karena mereka sudah benar-benar melihat. Di luar bumi itu ada planet. Planet ada dalam tata surya. Tata surya itu masih ada di dalam galaksi. Dalam alam semesta ada buaaaaaaannyaaaaakk banget galaksi dan bintang-bintang.
 
Di mana surga??? Yang pasti bukan di atas langit =p
 
Gw masih memahamin air di atas langit (air yang di atas cakrawala), adalah air yang sama yang turun ke bumi saat air bah. Karena logikanya aja. Air darimana itu bisa menenggelamkan semuanya kalo memang air tersebut asalnya dari air di bumi juga? 
 
2. Musa diilhami atau Musa melihat?
Kamu jawab tidak tau, tapi kamu bilang Musa diilhami. 
 
3. Pada mulanya
Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Pada mulanya adalah Firman.
 
Gw gak berprasangka, sebaliknya, gw gak mau ambil kepastian atas sesuatu yang belum pasti dan gw gak tau.
 
Apakah memang langit dan bumi diciptakan pertama kali?
Kalau alkitab dimulai dari Kejadian 1, apakah itu benar? Atau mungkin karena Tuhan menganggap itu sudah cukup?
 
Selama belum ada statement eksplisit bahwa ciptaan pertama Tuhan adalah langit dan bumi, ya gw masih akan ragu soal ini. Menurut gw Yohanes 1 gak terlalu nyambung. Gimana ya, yang satu bicara tentang penciptaan dari pihak ketiga, yang satu bicara tentang ke-Aku-an. Asal-usul akan sesuatu yang berbeda.
 
Tapi karena kamu udah yakin 100% bahwa langit dan bumi memang ciptaan awal, maka kamu menyamakan:
Yang ada sebelum langit dan bumi pada kejadian 1 = Firman
 
Karena itulah kamu punya pemahaman tritunggal >> gelap, samudera raya, Roh Allah. 
 
Menurut saya dasar ini masih goyah, karena tu, saya coba di soal air dulu. Dan saya masih stuck di sana nih. Hehehe
 
4. Menikmati Allah
Ya, saya bisa jadi setuju dengan kamu soal ini. Tapi saya masih belum nyambung kenapa air pada Kejadian bukan air beneran. Hahahaha 
 
 
 
__________________

imprisoned by words...

smile's picture

Lapan :Roh Allah dan Samudra raya.......(2 thing)

Lapan :
1. Air di atas surga.
Jadi gini, air dipisahkan dengan cakrawala, cakrawala itu disebut langit. Apakah kamu berusaha menyampaikan kalo surga ada di atas langit? Atau surga = langit?
 
Kita tentu tau lah ya, ilmu pengetahuan udah sampai mana. Foto luar angkasa itu pastinya bukan bohong-bohongan dan sekedar kepercayaan lagi karena mereka sudah benar-benar melihat. Di luar bumi itu ada planet. Planet ada dalam tata surya. Tata surya itu masih ada di dalam galaksi. Dalam alam semesta ada buaaaaaaannyaaaaakk banget galaksi dan bintang-bintang.
 
Allah tidak pernah meniadakan air diatas air yang lalu jadi cakrawala....
kalau melihat dalam  :
 
KEJADIAN
1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian
 
La,...hanya memisahkan,..Allah ga bilang dihilangkan, jadi sampai sekarang pun masih ada.
 
 
Lapan :
3. Pada mulanya
Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Pada mulanya adalah Firman.
 
 
smile :
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
 
1:1 Adalah Judul dalam kejadian, untuk menerangkan penciptaan langit dan bumi.
Kosong disini adalah kosong yang sudah berisi.
Kalau kosong jelas kosong. hampa,nol, ga ada apa apa. Tapi sudah ada samudra raya
JAdi bener juga....tuh,....kalau memahami dengan logika. Saat ROh ayah melayang layang, sudah ada yang nemenin Allah yaitu samudra raya.
maka dari itu,
 
KEJADIAN
1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.
 
Allah mengatakan tidak Aku, tapi KITA........
nah,...sampai disitu dulu La.....
Kalau elo bingung, mari kita berbingung ria untuk memecahkan "DAVINCI CODE"
 
itu baru dalam bahasa Indoensia....bahasa Inggris dan bahasa Ibrani nya segera gue teliti deh,.....jangan banyak banayk, entar pala g botak sebelum waktunya...........
 
 
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

lapan's picture

@smile, gak hilang

Maksudnya apa ya hilang? Maksud gw ngomong gitu karena B7 bilang air di atas surga. Jadi gw bilang aja, cakrawala itu jelas-jelas disebut langit. Jadi kalo dia bilang air di atas surga, maksudnya surga = langit?
 
Sedangkan dgn kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kan uda keliatan kalo tidak ada surga di atas langit atau di langit (secara literal ya).
 
Hehehehe gitu loh.. Bukannya hilang, namun gw cmn mau menjelaskan dan masih berpendapat kalau air pada Kejadian adalah air beneran. Buktinya ayat berikutnya menjelaskan hal pemisahan air dengan cakrawala.
 
Kemudian air yang di bawah menjadi laut. Sampai sini mungkin kita bingung, loh air yang di atas gimana? Ternyata ada kejadian air bah, di mana dikatakan tingkap2 air terbuka. Hujan datangnya dari atas kan? Dan scara logika aja tentu air sebanyak itu sampai nenggelamin semuanya, gak mgkn deh kalo air itu air hasil penguapan semata (siklus hujan hehehe).
 
Kecuali ada penjelasan lain mungkin? :)
 
 
Tapi sudah ada samudra raya
JAdi bener juga....tuh,....kalau memahami dengan logika. Saat ROh ayah melayang layang, sudah ada yang nemenin Allah yaitu samudra raya.

Allah mengatakan tidak Aku, tapi KITA........
nah,...sampai disitu dulu La.....
 
Betul, itu hanya membuktikan bahwa memang:
Allah tidak sendirian.
Firman sudah bersama-sama Allah.
Sebelum bumi diciptakan udah ada samudera raya dan air.
 
Tapi apa pasti kalau kita menyamakan bahwa samudera raya, air, dan gelap adalah bagian dari tritunggal?
 
Gini, ilustrasinya ya:

Ada kalimat:
"Awalnya gw lagi di rumah nonton TV. Karena lapar, maka kita bikin kue..."
"Sejak kecil aku dan adikku suka bikin kue sama-sama"
Kesimpulan:
Kita = aku dan adikku >> OK
rumah dan tivi = dwitunggal adikku >> ???
 
Got my point? Hehehehe
__________________

imprisoned by words...

guestx's picture

8, kalo udah ngerti bagi-bagi elmunya ya...

Cape dehh... Eh salah... Cepe deh...
 
gw ikutin diskusi lapan dgn b7 dan yg lainnya dgn rasa kagum. beneran salut gw, bisanya elo gak cape2 dan sanggup mikir yg mumet-mumet begini. dalam juga minat dan pengetahuan elo, soal2 begini ya,pan.
 
pertama gw nemu pemahamam (dilarang pake istilah penafsiran, hehehe) alkitab gaya gini di ss, gw benar2 khawatir...bukan krn yg membahasnya sesat ato salah jalan, tp krn pembahasannya akan muter2 di roundabout di jalan yg benar :-).
 
blakangan gw sadar bhw emang tiap org punya kebutuhan dan kecenderungan yg berbeda dlm memahami kebenaran. ada yg adrenalinnya trpacu menggali dan mencari tau "rahasia" yg msh tersembunyi (ato disembunyikan, gw gak tau) dlm alkitab. ada yg puas dgn satu pencerahan (mis Yoh 3:16), mengucap syukur, lalu bergegas mnjalankan perintah Pak Guru Yesus.   
 
buat gw, relasi antara "oknum (?)" dalam Tritunggal cukup diberi makna sebatas bgmn Ketiganya-Yang-Esa menyatakan DiriNya secara eksplisit. Anak, Bapa, Roh.
 
skarang gw yang jadi bingung karena pada ayat-ayat berikutnya gak mendukung.
 
air di atas, air di bawah, samudra, terang, gelap...? kebingungan elo, dulu jg kebingungan gw (hehehe...bahkan gw keknya jauh lbh bingung, tp skrang gw udah gak bingung lg, bukan krn gw dah ngerti, tp krn udah gak gw pikirin. hehehe). kalo ada yg bilang bhw Alkitab hrs dipahami tak boleh ditafsirkan dan pada saat yang sama mengatakan samudra raya adalah Allah suatu pemahaman dan bukan penafsiran, maka gw lbh baik tau diri, ini pasti beyond my imagination and beyond the grasp of the grey stuff between my two ears. 
 
nah, kalo elo brtahan dan berhasil menemukan pemahaman di tengah kebingungan itu, jgn lupa bagi2 nanti di sini, biar org2 kayak gw bisa rada celik dikit otaknya. tp, utk brjaga2 biar elo gak jadi 'looping', siapkanlah perintah 'exit' atau 'break' dlm loop tsb, agar elo bisa jump out dari muter2 di roundabout td. 
 
kebenaran sih kebenaran...tp, kata gw nih, kalo bikin pusing, lebih baik ngikuti kebenaran yg gak bikin pusing. apa ada ? sssttt, jgn tanya gw, krn gw lg lg nyari. hahaha...
__________________

------- XXX -------

bintang seven's picture

guest x, simplicity

umumnya orang kalo ditanya siapa Tritunggal?, mereka akan berkata: Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus. inilah pengakuan iman ala athanasius. dan bapa2 gereja. yg sudah membumi dan membudaya.
 
Tritunggal telah disimplicity sampai ketelinga kita, itulah yg saya dengar dr luar ttg tritunggal bhw tritunggal adalah allah bapa, allah anak dan allah roh kudus.
 
usaha ini adalah cuma memberitahu bhw Air di kejadian 1 adalah = Allah bapa yg telah sering kita dengar, dan Yesus Kristus itu adalah dwitunggal Yesus dan Roh = Allah anak. cuma itu.
 
Yg dari luar masuk ketelinga saya begitu simpel, tp usaha ini adalah untuk menyampaikan di alkitab ttg istilah2 yg dipakai alkitab utk allah bapa, allah anak dan allah roh kudus. ada air, langit dll krn memang demikanlah alkitab mencatatnya, ini bukan usaha men simplicity, ini adalah usaha utk MEMPERINCI.
 
Tahukah anda bhw sesungguhnya Allah bapa alalh anak dan roh kudus yg kedengaran begitu simple, lahir dari perburuan yg MELELAHKAN sampai harus beberapa konsili, debat dari berbagai kalangan, dg dibakarnya banyak kitab dan dibunuhnya, diasingkannya yg dianggap sesat dan menyimpang? anda mendengar Allah bapa anak dan roh kudus, tp apa yg telah terjadi sebelum kalimat itu JADI? darah, usaha dan air mata, siapa bilang itu tidak SUSAH??
 
ORANG yg mengarungi lautan akan bercerita lebih dari orang yg menontonnya dari seberang lautan sambil menikmati es krim magnumnya,
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

lapan's picture

@guestx, looping 4ever

gw ikutin diskusi lapan dgn b7 dan yg lainnya dgn rasa kagum. beneran salut gw, bisanya elo gak cape2 dan sanggup mikir yg mumet-mumet begini. dalam juga minat dan pengetahuan elo, soal2 begini ya,pan.
 
Walah... gak dalam sama sekali, malah bisa dibilang baru mulai baca alkitab. Baru kitab pertama aja udah gak maju-maju. Wakakakaka
 
 
buat gw, relasi antara "oknum (?)" dalam Tritunggal cukup diberi makna sebatas bgmn Ketiganya-Yang-Esa menyatakan DiriNya secara eksplisit. Anak, Bapa, Roh.
 
Iya, gw juga kok. Tapi gw gak mengimani. Tuh lebih seperti sekedar jargon atau slogan kosong buat gw. Semacam "pengetahuan" umum.
 
Malahan, gw gak melihat ada gunanya loh doktrin Tritunggal. Rasanya cuman buat maksain biar kekristenan itu monotheis. Kalo dibilang ada 3 penguasa, ya udah, ngapaen sih dibikin tritunggal segala.
 
Tiga ya tiga. Kan beda-beda juga. Tapi Mereka = Tuhan, ya udah, ada Tuhan Allah Bapa, ada Tuhan Allah Anak, dan ada Tuhan Roh Kudus. Hahaha wah sesat donk gw =p
 
 
bahkan gw keknya jauh lbh bingung, tp skrang gw udah gak bingung lg, bukan krn gw dah ngerti, tp krn udah gak gw pikirin.
 
Gw malah dolo gak mikirin, malah baru bingung sekarang, karena baru mulai baca-baca dan memperhatikan, gak cmn nerimo. Jujur aja, dulu buat gw alkitab itu sebagian Firman, sebagian dongeng, wakakakak
 
Kenapa bisa bingung sekarang? Gak tau, mungkin karena ada temen diskusi =) gw suka mikir sih hehehehe biasanya mikir yang gak2, daripada gitu mending mikirin air, eh salah, tritunggal. Hehehe
 
 
Memang alamat looping 4ever nih... Gpp andelin time out/out of memory aja kalo gitu. Wakakakaka
 
__________________

imprisoned by words...

guestx's picture

b7,8, gw tunggu kelanjutan diskusinya

 jujur aja gw gak tau brapa banyak darah dan air mata ditumpahkan utk merumuskan apa itu Tritunggal. gw gak anggap ringan apa yg tlah dilakukan oleh org2 yg brhasl mengekstraksi brbagai prnyataan Allah dan prnyataan mengenai Allah di Alkitab mnjd suatu penjelasan yg ringkas mgnai siapa Allah. 
 
tp kasus Trinitas, mnrt gw, beda jauh dgn kasus samudra raya. "Firman itu tlh mjd manusia dan Firman itu adalah Allah", "inilah AnakKu yg Kukasihi", "Aku dan Bapa adalah satu", "..dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" dll adalah beberapa pernyataan eksplist ttg keberadaan (apa yg kemudian dikenal sbg) Tritunggal. para teolog itu mencari sesuatu yg memang sdh dinyatakan sendiri oleh Tuhan.
 
di pemahaman gw, prnyataan2 spt "Akulah terang dunia", "Akulah air hidup" yg kalo dikait2kan bisa nyerempet ke terang dan samudra raya pd awal penciptaan, bukanlah prnyataan eksplist yg sebanding dgn prnyataan2 trkait Trinitas. kalolah emang konsep Trinitas itu bisa dikaitkan dgn cerita samudra raya serta trang dan gelap di awal penciptaan, gw penasaran nih, apakah org Yahudi sdh memahaminya demikian sblm Yesus datang?
 
meski gak seekstrim 8 yg bilang gak melihat gunanya doktrin Tritunggal, gw jg gak mrasa pnting2 amat tau detailnya doktrin tsb. yg pasti gw prcaya Tuhan itu SATU (krn begitulah dikatakan dlm Alkitab), dan GAK prcaya Tuhan itu ada tiga (krn tak pernah dikatakan demikian dlm Alkitab), tapi prcaya Bapa adalah Tuhan, Yesus adalah Tuhan dan Roh Kudus adalah Tuhan. lho kok gak konsisten? kalo pake logika aristotles, satu adalah satu, tiga adalah tiga, emang gak konsisten. kalo pake logika fuzzy, x (sesuatu) bisa satu sekaligus bisa tiga, it's a matter of membership value, dan gak ada problem konsistensi. apakah Tuhan sdg menjelaskan diriNya dgn logika fuzzy? mbuh ah...kan udah gw bilang gw gak sanggup mikir yg rumit2 dan bikin bingung. ntar aja kalo b7 dan lapan udah 'sehati sepikir' mgn Tritunggal dan samudra raya dkk, gw renungkan kesimpulan diskusi kalian. 
 
bg yg berkarunia menafsir(?) atau mengartikan isi kitab suci [tidak ada dlm list 69 pembual, jd aman,ya], biarlah terus memenuhi panggilan jiwanya utk menyelidiki rahasia2 itu. yg pnting, di antara yg berkarunia dan tak berkarunia jangan saling melecehkan. gw ngelihatnya gini: kalo pemahaman itu emang fundamental atau prinsipil banget, pastinya Yesus ato muridNya udah mengeksplisitkannya. nah, kalo emang gak prinsipil banget, dan gak ada petunjuk eksplisit, yaaahhh beda2 pndapat cincailah... 
__________________

------- XXX -------

n4th4n_andy's picture

@b7 ..hasil belajar di mana ni ?

ada banyak ayat di alkitab yg bisa dikumpulkan, ttg Allah, Bapa, Yesus kristus, shg kita bisa BERANI menarik kesimpulan gw dah mengamatinya dan kesimpulannya adalah spt ini:
 
1. siapakah BapaNYA Yesus (tanpa Kristus): bapa Yesus adalah Allah
bukankah seharusnya di jawab dengan sebuah nama .. siapakah nama nya ??
2. siapakah Allah? Allah adalah Roh yg melayang2 diatas permukaan air di kej 1. Allah adalah Roh.
jawaban adalah bentuk dari Allah 
3. siapakah Yesus KRISTUS? Yesus Kristus adalah Yesus anak Allah + Roh Allah.
jawaban anak sekolah minggu pasti lebih baik dari ini
4. siapakah bapaNYA Yesus Kristus? BapaNYA Yesus Kristus adalah ALLAH BAPA
sekali lagi seharusnya nama nya
5. siapakah Allah bapa? IA adalah ALlah yg Mahatinggi = Air di dalam kejadian 1:2
 pemahaman dari mana ini ????
 
6. Allah Bapa/yg mahatinggi/air punya 2 anak yaitu yesus/gelap/firman dan kristus/allah/Roh. gelap+roh dan bersatu didalam daging lahir dari perawan maria disebut YEsus Kristus sang anak TUnggal bapa, sang domba Allah.
kalau Anak Tunggal ya 1 .. mungkin kah Dwi(2)Tunggal ???
 
7. adakah orang yg berani bilang kita bukan anak TUhan? ya b7 berani bilang begitu, karena alkitab mengajarkannya: Anak2 Allah dilahirkan oleh Allah, Yesus mengatakan kita harus dilahirkan oleh AIR DAN ROH. Air dan Roh adalah Allah. Air adalah Allah Bapa dan Roh adalah Allah bapaNYA Yesus (tanpa Kristus). TETAP TRITUNGGAL KOK.
 
8. siapakah Tritunggal? b7 menjawab: Tritunggal adalah gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
 
 
note : sebelum menyimpulkan seperti pernyataan kamu yang saya kutip itu seharus nya kamu bertanya dulu kepada pengajar kamu/sumber tempat kamu belajar atau paling tidak kesimpulan" kamu di ikuti dengan ayat" alkitab yang mendukung kesimpulan kamu supaya kamu bisa sempurna
( dengan ada nya seseorang yang mempunyai kapabiltas dalam mengkoreksi )  ... mohon maaf saya hanya bisa mengkoreksi dari segi tata bahasa ..karena cuma itu yang saya bisa .. piss ..
 
 
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

@nathan, Siapa kamu?

Dolo pernah baca satu cerita di doa sang katak (kalo ga salah) tentang jawaban untuk pertanyaan ini...:
 
Siapa kamu?
Jawaban yang tepat bukan nama, jenis kelamin, umur, pekerjaan, atau kewarganegaraan, karena untuk jawaban2 itu sudah ada pertanyaan yang lebih tepat.
 
A: Siapa yang membunuh artis itu?
B: Namanya Pak John.
A: Saya tidak tanya namanya!!!
B: Dia seorang lelaki berumur 55 tahun
A: Saya tidak tanya jenis kelamin dan umurnya!!!
B: Dia adalah seorang Tukang Pipa
A: Saya tidak tanya pekerjaannya!!!
B: Dia orang kebangsaan Irlandia
A: Saya tidak tanya kebangsaannya!!!
B: Dia seorang ayah dua anak
A: Saya tidak tanya tentang keluarganya!!!
B: *pergi ambil golok*
 
joke doank, intermezzo hahhahaha
__________________

imprisoned by words...

bintang seven's picture

@nathan andy

 
1. siapakah BapaNYA Yesus (tanpa Kristus): bapa Yesus adalah Allah
bukankah seharusnya di jawab dengan sebuah nama .. siapakah nama nya ??
 
pertanyaan ini spt pertanyaan orang yg belum pernah baca alkitab, dan bisa sangat menyesatkan!! mengapa menyesatkan? krn seolah2 Allah hrs punya nama utk disebutkan, saya kasih tau, jika alkitab adalah standart kebenaran bagi anda, ketahuilah bhw Yesus itu anak Allah, IA keluar dan datang dari ALlah, dan Alkitab menyatakan bhw Bapanya Yesus adalah Allah. didalam alkitab Yesus dan para rasul tidak pernah menulis siapa nama Allah itu. cobalah pelajari dg lebih teliti dan jangan pernah keluar pertanyaan kekanak-kanakan spt ini lg yah.

Allah, yaitu Bapa dari Yesus, Tuhan kita, yang terpuji sampai selama-lamanya,   tahu,  bahwa aku tidak berdusta. 2 kor 11:31

2. siapakah Allah? Allah adalah Roh yg melayang2 diatas permukaan air di kej 1. Allah adalah Roh.
jawaban adalah bentuk dari Allah 

 
jawabannya saya alkitabiah donk,  andy pengakuan iman rasuli mengatakan percaya pada tritunggal, Allah Bapa, anak dan roh kudus. tp yg saya katakan adalah benar. sebelum menjadi daging di dalam perjanjian baru, Yesus kristus itu sudah ada (Yesus mengaku sebelum abraham ada IA telah ada). dg nama apakah IA disebut sebelum perjanjian baru dialkitab?. GELAP!!
 
coba baca kejadian 1:2 lagi bhw: gelap, samudera dan roh allah bukan ciptaan, krn telah ada sebelum penciptaan pada hari pertama.
 
itulah ketiganya yg esa sang pencipta, itu lah nama2 mereka yg esa. sang Tritunggal.
 coba baca lagi yoh
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
 
mana mungkin kegelapan itu adalah kegelapan cahaya scra hurufiah kan?,  alkitab itu sangat akurat walau ditulis dalam periode yg panjang, biarlah alkitab menjelaskan dirinya sendiri, tanpa campur tangan prasangka manusia okeh?
 
atau baca lagi: 1 yoh 1:L5
1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.
 
setelah Yesus naik kesurga IA tidak lagi dwitunggal dg allah tp merefer pada kitab wahyu IA adalah salah satu bait itu.
 
segitu aja dulu ntar bisa ampe pagi.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

n4th4n_andy's picture

@b7... yang no 1 dulu yah ..SS toh buka terus :))

intermezo :
pertanyaan ini spt pertanyaan orang yg belum pernah baca alkitab, dan bisa sangat menyesatkan!!  < singkat nya pertanyaan yang menyesatkan ya :-)
baru tau saya kalau ada pertanyaan yang bisa menyesatkan ... bukan nya orang yang tersesat justru harus bertanya supaya . . . .  :-)
 
saya copas sedikit dari argumen nya b7 :
krn seolah2 Allah hrs punya nama utk disebutkan,  <<jikalau argumen ny seperti ini
n4th4n_andy have question :
jikalau Allah gak punya Nama, mengapakah dalam 10 hukum Taurat, yang di berikan kepada bangsa Israel, tertulis dalam : Kel 20 : 7 " Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. ( satu ayat full gk di potong" :-) )  ??
 
nah sekarang kembali k pertanyaan kamu
siapakah nama BapaNya Yesus ?
sbener nya Yesus sendiri menjawab Nama BapaNya coba aja periksa di Yoh 17 sewaktu Yesus doa tu pasti bisa kita tau siapa nama Bapa Yesus
( my hope : moga" juga bisa untuk jawaban dari ptanyaan b7 yg no.4 )  ..
 
nah kalau sudah ketemu n sudah tahu Nama Bapa Yesus .. saya ngajak nih .. ngucap syukur yuk .. terpujilah Nama-Nya  sampai selama nya :-) di dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus ..amin
 
eh saya jadi inget ini dan saya juga mau ingetin kamu( atau siapapun yg baca ini )
sory ralat bukan saya yang ngingetin tapi Rasul Paulus  .. Efesus 4:14-15.
 
yg no.2 nanti siank aj deh .. kan SS buka terus hehehe ..
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Miyabi's picture

@nathan_andy: Allah tak dikenal itu nama-Nya Bapa

Bangsa-bangsa menyembah Allah yang tak dikenal, dan Yesus mengungkapkan bahwa Allah yang tak dikenal itu bernama "Bapa".
 
Kebetulan cuma orang kristen yg berani menyebut Allah tak dikenal ini sebagai Bapa.
 
Kalo allah yang dikenal? Banyak, contohnya orang Yahudi menyembah Yahweh, dan Yahweh adalah Allah yang menyatakan dirinya, bukan allah tak dikenal.
 
 
 
__________________

".... ...."

bintang seven's picture

mitos sang nama

 Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!
 
nathan mengapa Yesus bertanya siapa aku ini pada murid2nya? mengapa tidak bertanya siapa NAMAKU? dan jika pertanyaan ini mengarah pada nama, mengapa Petrus yg dianugerahi Bapa menjawab: engkau adalah Mesias, mengapa petrus tidak "SE-KRITIS" anda yg berulang2 menulis hrsnya kan dijawab namanya, mengapa petrus dan murid2 lain tidak berkata loh engkau ini adalah Yesus, jgn2 Yesus amnesia nih kok lupa NAMANYA SENDIRI. itulah yg saya sebut bisa menyesatkan.
 
diatas saya tidak pernah bertanya siapa NAMA bapaNYA Yesus, sy cuma menulis siapa bapaNYA Yesus?, tp baiklah saya coba berikan gambaran sedikit,  Manusia itu diberikan kuasa memberi nama pada segala sesuatu. apakah kursi goyang perlu nama? mengapa diberi nama kursi goyang, ketika mengamati kursi goyang, saya mendapatinya itu adalah tempat duduk, tp diberi nama kursi goyang utk membedakannya dg kursi lain dan benda lain.
 
Manusia mulai memberi nama Tuhan, sejak zaman enos
4:26 Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. r  Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN 10 .
 
apakah Allah perlu nama? sebelum segala sesuatu dicipta, IA adalah Esa, IA tidak perlu memanggil siapapun kan? tidak ada seseorangpun yg membutuhkan namaNya utk membedakanNya dengan siapapun dan apapun.krn ia esa dan segala sesuatu itu belum ada. Pencipta yg ada dg sendirinya, lalu berinteraksi dg ciptaan, untuk membedakanNYA dg ciptaan, ketika mengamati kursi goyang, saya memang mendapati nama itu sesuai, krn bergoyang, tp saya pun menambahi namanya menjadi kursi goyang rotan, adik saya, menamainya kursi pemalas, tetangga saya menamainya kursi santai, yg lain menamainya kursi pembikin tidur. sekarang saya bertanya apakah artinya nama? siapa yg bisa memberi nama Allah? siapa yg bisa memberi nama Bapa dg tepat dg satu kalimat? shg kita tahu siapa Allah itu.
 
orang2 yg bagi saya belum mengamati dg teliti akan mengatakan, nama NYA hrsnya YHWH, jika namanya adalah YHWH bukankah ayat ini menjadi aneh:
Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu. Keluaran 34:14
 
Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya.
 
jika namanya YHWH mengapa YHWH itu namanya cemburuan, mengapa namanya adalah satu2nya?  masih byk nama lain; setelah dicari saya mendapati sebagian kecil nama2 Tuhan/Allah: 3 nama yang menggunakan kata Eloah, 34 nama yang menggunakan kata Elohei atau Elohim, 33 nama yang menggunakan kata El, 9 nama yang menggunakan kata Elah, 28 nama yang menggunakan kata YHWH, 5 nama yang menggunakan kata Yah, 7 nama menggunakan kata Adonai. adakah nama itu harus disebut dg satu sebutan khusus spt yg nathan minta? atau alkitab mengajarkan hal lain?

Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu." Kejadian 31:13

Sang pencipta menyatakan diri kepada Yakub , Yakub justru memberi-Nya nama baru lain yaitu Pachad Yitschaq (Yang Disegani Ishak).

Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: "Engkaulah El-Roi." Sebab katanya: "Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?" Sebab itu sumur tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi; letaknya antara Kadesh dan Bered. Kejadian 16:14

Ketika Sang Pencipta menyatakan diri kepada Hagar di padang gurun, Hagar tidak menyapa-Nya dengan nama El Shadday atau El Elyon atau El Olam atau Elohei Avraham namun memberi-Nya nama baru, El-Roi (Dia Yang Melihat Aku).

masih byk tokoh yg memberi nama baru pada pencipta, nathan saya pun mempunyai nama utk pencipta saya: ALLAH YANG MENGANGKAT KOTORAN YG BUSUK DARI TEMPAT SAMPAH KE TEMPAT YG MULIA, mengapa krn itulah yg TELAH ia perbuat bagiku.

salam.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

n4th4n_andy's picture

nama gak masalah ..deal deh :)

b7 menulis :
tp baiklah saya coba berikan gambaran sedikit,  Manusia itu diberikan kuasa memberi nama pada segala sesuatu.
 
n4th4n bales :
setuju banget sama yang di atas ada di sini kej 2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.
 
tapi saya jadi punya tanya nih
Manusia di beri kuasa juga kah untuk memberi nama kepada PENCIPTA-nya ?
 
 
Manusia mulai memberi nama Tuhan, sejak zaman enos
4:26 Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. r  Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN 10 .
 
aniway saya setuju nama gk masalah kok, memang di alkitab banyak orang yang memberi nama kepada Tuhan bahkan sampai ke ss ini msih ada .. lol
 
finally ..
@ lapan pinjem joke loe yach  kaya nya ujung" nya mesti kaya si B juga nih gw .... lol lol lol lol
 
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

B7: kok kayaknya maksa ya

B7:
mana mungkin kegelapan itu adalah kegelapan cahaya scra hurufiah kan?,  alkitab itu sangat akurat walau ditulis dalam periode yg panjang, biarlah alkitab menjelaskan dirinya sendiri, tanpa campur tangan prasangka manusia okeh?
 
 
Kapan diartikan hurufiah, kapan gak?
 
Kata gelap yang dipakai pada Kejadian 1:2 adalah:
choshek (02822)
 
Banyak kata gelap dipakai. Kapan diartikan hurufiah sebagai "kekurangan cahaya yang menyebabkan kita sulit melihat benda-benda" dan kapan diartikan sebagai TriTunggal?
 
Mau bicara konteks? berarti itu semua tidak lebih dari penafsiran donk.
 
>> Dilihat dulu, kalau mendukung doktrinku, baru kuartikan tritunggal, kalau gak mendukung, berarti itu gelap beneran...
 
Lagipula, dalam Kejadian 1:3, dikatakan jadilah terang. Terang disebut siang, gelap disebut malam.
 
Ini gak hurufiah? Jadi gimana, penanda waktu apakah yang disebutkan pada penciptaan hari keempat?
 
Matahari menguasai terang? Bulan menguasai gelap? Bulan menguasai YHWH?
 
Atau lu mau bilang, benda-benda angkasa ini tidak bisa diartikan secara hurufiah (lagi-lagi)
 
Hehehe... bingung nich dalam menerima pemahamanmu... tolong bantu yah B7
__________________

imprisoned by words...

Samuel Franklyn's picture

Lapan: Kamu musti kopdar sama Hai-hai

Kamu musti kopdar sama Hai-hai. Baru nanti semua pertanyaan kamu akan terjawab.

Tapi garis besarnya sudah ada dalam blog 5 seri Hai-hai:

http://www.sabdaspace.org/bengcu_mengungkap_kisah_penciptaan_tiongkok_kuno_dan_alkitab_1

http://www.sabdaspace.org/bengcu_mengungkap_kisah_penciptaan_tiongkok_kuno_dan_alkitab_2

http://www.sabdaspace.org/bengcu_mengungkap_kisah_penciptaan_tiongkok_kuno_dan_alkitab_3

http://www.sabdaspace.org/bengcu_mengungkap_kisah_penciptaan_tiongkok_kuno_dan_alkitab_4

http://www.sabdaspace.org/bengcu_mengungkap_kisah_penciptaan_tiongkok_kuno_dan_alkitab_5

Tapi apa kamu yakin mau mempelajari ajaran ini? Ajaran ini sangat berbahaya soalnya ajaran ini adalah ajaran yang dikasih label sama Dennis sebagai ajaran sesat 200%. Dennis yang cuek saja bilang ini ajaran sesat 200%. He he he.

Rusdy's picture

Ngikutan Ngelabel

hai2 sesat 200% kayak dennis ah. Walau logikanya konsisten, tapi banyak teorinya yang didasarkan oleh kesimpulan yang masih dipertanyakan.

Contoh:
- Tentang tongkat2an (salah satu komentar saya di http://www.sabdaspace.org/ada_dua_jalan_keselamatan#comment-5182)

Kalau tentang penciptaan, duh, rusdi nyerah deh. Sapa tau dia emang bener (apalagi karakternya yang over-confident gitu loh, ditambah jiwa preman). Masalahnya, saya sendiri belum bisa articulate dengan baik (emang saya enggak lepel sama dia nih :( ). Itu loh, kalo dia ngambil kesimpulan, langsung dicap konsisten dan membangun teori2 lain diatasnya.

lapan's picture

SF: Takut DICOKOT Hai-hai

Udah beberapa kali coba nanya ke hai hai tapi bukannya ngerti malah tambah ngejlimet. Makanya ini slowly aja dulu di SS perlahan-lahan mulai dari satu titik, yaitu pernyataan air = Allah dolo... hahahahaha
 
Dari link itu yang gw baca baru yang 3-5. Bacanya mundur lagi hahahaha
 
Gw rasa gak akan terlalu berbahaya buat gw. Karena gw bukan orang yang terlalu mendalami alkitab, bahkan sebelum berkunjung ke SS, ampir2 gak pernah buka alkitab.
 
Jadi semua pemahaman hai hai dan "mitos" yang udah dari dulu diajarkan, belom terlalu dalam mengakar sih. Gpp kayanya. Hahahaha
 
Lebih mirip ke pembuktian kesimpulan sih, memuaskan rasa ingin tau. =)
 
SF sendiri gimana?
Gw udah baca diskusi lu dengan hai hai soal apakah Yesus adalah nabi terakhir. Entah kenapa gw jadi ingat dengan diskusi hai hai n salah satu teman pniel saat ngomongin Maria itu mengandung janin atau rahim hahahaha
__________________

imprisoned by words...

Samuel Franklyn's picture

Lapan: Sejak saat itu saya sudah belajar lebih lanjut

Sejak saat itu saya sudah belajar lebih lanjut. Saat ini saya berkesimpulan bahwa rasul dalam makna saksi kebangkitan Kristus sehingga bisa mengajarkan suatu doktrin yang otoritatif memang sudah tidak ada. Jadi kalau hai-hai bilang karunia rasul sudah tidak ada memang sudah tidak ada asalkan definisi rasulnya adalah saksi kebangkitan Kristus dan pengajar doktrin yang otoritatif. Akan tetapi rasul dalam makna orang yang diutus gereja untuk membangkitkan jemaat di tempat dimana Injil belum diberitakan maka para rasul itu masih ada. Cuma saja jemaat modern menyebut mereka para misionaris. Tugas mereka sama beratnya dengan para rasul kebangkitan Kristus. Walaupun mereka tidak memiliki otoritas yang sama dengan para rasul Yesus akan tetapi jemaat seharusnya menghargai para misionaris dengan penghargaan dan rasa hormat yang sama.

Begitu juga dengan para nabi. Pemegang karunia nabi yang dimaksudkan Hai-hai sudah tidak ada adalah macam nabi Perjanjian Lama. Nabi PL mewakili Tuhan dan menjadi suara kehendak Tuhan bagi umatnya. Nubuatan mereka tidak mungkin salah. Nah nabi yang macam ini memang sudah tidak ada. Akan tetapi PB mencatat mengenai Agabus. Kalau dipelajari maka fungsi Agabus berbeda sekali dengan nabi-nabi PL. Agabus tidak menyatakan kehendak Allah yang belum diketahui Paulus melainkan cuma melakukan konfirmasi mengenai kehendak Allah yang sudah diketahui Paulus. Di jaman PB semua orang bisa mengetahui kehendak Allah jadi fungsi nabi untuk menyatakan kehendak Allah sudah berakhir. Akan tetapi dari waktu ke waktu sering kali Tuhan ingin memberikan konfirmasi tambahan lewat seorang nabi. Jadi fungsi nabi di PB memang tidak otoritatif lagi. Nabi macam begini masih ada akan tetapi mereka tidak akan menyebut diri mereka nabi. Jemaat juga tidak menyebut mereka nabi. Nabi sudah menjadi semacam jabatan yang hina di PB. Apalagi orang macam minie berkeliaran dengan stempel nabi palsu. Bwa ha ha ha.

bintang seven's picture

samuel franklyn: mau tanya

Saat ini saya berkesimpulan bahwa rasul dalam makna saksi kebangkitan Kristus sehingga bisa mengajarkan suatu doktrin yang otoritatif memang sudah tidak ada. Akan tetapi rasul dalam makna orang yang diutus gereja untuk membangkitkan jemaat di tempat dimana Injil belum diberitakan maka para rasul itu masih ada.
 
masih ada dan sudah tidak ada...hmm.., dilihat konteksnya sam, sbg saksi kebangkitan Kristus utk mengajarkan doktrin otoratif sudah tidak ada, tp utk memberitakan injil ditempat jemaat injil belum diberitakan mereka bisa disebut rasul, pertanyaan saya, apa bedanya? bukankah injil yg diberitakan rasul itu harus SAMA DENGAN rasul2 perjanjian baru? bukankah ketika mengaku rasul anda memiliki OTORATIF ALLAH? apa bedanya otoratif rasul paulus dan misal rasul2 baru versi sam? diberi tugas oleh Allah utk memberitakan injil=otoratif pemberitaan injil donk?
 
jadi paulus bukan rasul terakhir dg konteks pembangkitan jemaat dimana injil belum diberitakan?, hm..pertanyaannya, kapan mereka2 ini bertemu Yesus yg telah naik ke sorga? krn semua rasul itu telah bertemu yesus begitupun paulus? setau gw baik petrus atau paulus dll dipanggil scra KHUSUS DAN DIKHUSUSKAN. sedang pemberitaan injil entah itu utk daerah yg belum ada injil adalah berita dan panggilan umum kepada semua pengikut Kristus.
 
terimakasih sebelumnya sam.
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

bintang seven: Makna kata apostle adalah utusan

Makna kata apostle adalah utusan. Nah pertanyaannya di utus siapa? 12 rasul yang melihat Yesus dan rasul Paulus diutus Yesus. Akan tetapi ada rasul yang nggak diutus Yesus melainkan diutus jemaat lewat bimbingan Roh Kudus. Studi kasusnya jelas di Kisah Para Rasul:

Kisah 13:1-4
(1)  Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.
(2)  Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
(3)  Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.
(4)  Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus.

Semua orang sepakat bahwa ayat diatas adalah berbicara mengenai pengutusan Paulus dan Barnabas sebagai rasul jemaat. Akan tetapi di kemudian hari Paulus berkata:

Galatia 1:1
(1)  Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,

Juga Paulus mengalami perjumpaan dengan Tuhan Yesus.

1 Korintus 15:8
(8)  Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Perjumpaan dengan Yesus yang bangkit dari kematian adalah salah satu syarat rasul.

Kisah 1:21-22
(21)  Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,
(22)  yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya."

Jadi terlihat bahwa Paulus dan Barnabas adalah rasul jemaat akan tetapi  Paulus juga adalah rasul saksi kebangkitan Kristus. Barnabas rasul akan tetapi bukan rasul saksi kebangkitan Kristus.

Pemberitaan injil jelas tugas semua orang percaya. Akan tetapi apa semua orang percaya dipercaya oleh suatu jemaat yang dibimbing Roh Kudus untuk diutus memberitakan Injil? Jelas nggak semua orang diutus jemaat memberitakan Injil kan? Rasul jemaat tetaplah rasul walaupun bukan rasul saksi kebangkitan Kristus. Mereka rasul utusan jemaat. Jemaat juga nggak sembarang mengutus semua orang sebagai rasul.

bintang seven's picture

ok sam bagaimana dg...

 4:8 Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."
 
4:9 Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?
 
4:10 Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.
 
4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
 
di ayat 11 ini paulus memberikan penjelasan adanya:
 
1. rasul
2.nabi
3.pemberita injil
4.gembala
5.pengajar.
 
tapi sebelumnya paulus berceloteh ttg Yesus yg telah Naik dan Roh KUdus yg telah Turun, apa hubungannya turun naiknya roh kudus dg 5 jawatan ini? ternyata sangat berhubungan ya, Petrus itu menyebut dirinya rasul YESUS KRISTUS, sedangkan paulus menyebut dirinya rasul KRISTUS YESUS, apa bedanya, Yesus Kristus adalah nama Yesus waktu masih di dalam daging di dalam dunia Yesus yg masih hiduplah yg mengangkat petrus, sedang paulus bertemu Dia waktu Yesus sudah naik ke sorga. Yesus kristus dan Kristus Yesus.
 
ok terus pertanyaannya bagaimanakah sam mendapat kepastian atas pengangkatan orang2 ini bhw mereka rasul bagi jemaat?? sam, waktu  barnabas diutus dan diangkat jadi rasul jemaat rasul otokratif/rasul Yesus itu kan masih ada, mereka bisa dimintai keterrangan atau ditanya ttg pengangkatan rasul jemaat, shg jemaat tidak ragu2 lagi, ada otoritasnya gitu loh.
 
sekarang diaplikasikan dlm jemaat modern, drmanakah kepastian itu kita dapat, otoritas manakah yg bisa kita pastikan bhw itu adalah kehendak KRISTUS YESUS utk mempunyai rasul jemaat?? Roh kudus itu harus memberitahukan kepada siapa bhw si A ini hrs diangkat jd rasul jemaat, apakah kepada nabi??
 terus apa beda tugas rasul dan pemberita injil ya?
 
thx.
 
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

bintang seven: Otoritas Roh Kudus

ok terus pertanyaannya bagaimanakah sam mendapat kepastian atas pengangkatan orang2 ini bhw mereka rasul bagi jemaat?? sam, waktu  barnabas diutus dan diangkat jadi rasul jemaat rasul otokratif/rasul Yesus itu kan masih ada, mereka bisa dimintai keterrangan atau ditanya ttg pengangkatan rasul jemaat, shg jemaat tidak ragu2 lagi, ada otoritasnya gitu loh.

Nggak seperti itu kejadiannya. Waktu Barnabas dan Saulus diutus maka jemaat nggak nanya dulu ke 12 rasul Yesus yang masih hidup. Kenapa mereka nggak nanya? Karena mereka nggak butuh persetujuan 12 rasul Yesus untuk mengutus rasul jemaat. Coba baca lagi ayat diatas. Roh Kudus langsung berbicara kepada mereka. Kalau Roh Kudus sudah memerintahkan masak musti nanya sama manusia lagi? Kan itu konyol. Masak otoritas Roh Kudus musti dikonfirmasi lagi sama manusia. Yang benar saja.

sekarang diaplikasikan dlm jemaat modern, drmanakah kepastian itu kita dapat, otoritas manakah yg bisa kita pastikan bhw itu adalah kehendak KRISTUS YESUS utk mempunyai rasul jemaat?? Roh kudus itu harus memberitahukan kepada siapa bhw si A ini hrs diangkat jd rasul jemaat, apakah kepada nabi??

 terus apa beda tugas rasul dan pemberita injil ya?

Coba check ayat diatas "Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus". Roh Kudus berbicara bukan kepada 1 orang melainkan kepada semua orang sedang beribadah. Artinya semua orang yang beribadah di beritahukan hal yang sama oleh Roh Kudus. Jadi Roh Kudus bicara secara kolektif kepada seluruh jemaat yang hadir. Bukan cuma ke 1 atau 2 orang. Soal jemaat modern saya nggak membahas jemaat modern. Saya membahas apa yang tertulis dalam Firman.

Soal beda tugas rasul dan pemberita Injil maka silahkan membandingkan apa yang dilakukan Filipus dan para rasul Yesus. Perbedaan antara apa yang dilakukan Filipus dan para rasul Yesus itulah perbedaan tugas rasul dan pemberita Injil.

bintang seven's picture

hurufiah.

Kapan diartikan hurufiah, kapan gak?
 Kata gelap yang dipakai pada Kejadian 1:2 adalah:
choshek (02822)
Banyak kata gelap dipakai. Kapan diartikan hurufiah sebagai "kekurangan cahaya yang menyebabkan kita sulit melihat benda-benda" dan kapan diartikan sebagai TriTunggal?
 
jwb:  gelap di bumi dan gelap disurga, awan jg kita sering liat, tp bgmna mungkin awan surga = awan dibumi, awan surga=malaikat=kendaraan=pelayan Allah. sementara awan bumi ya hurufiah.
klo di kejadian ada awan, bukan cuma dikej aja tp mazmur,ibramo pun mencatatnya, shg bisa di ambil kesimpulan awan surga=malaikat
 
104:3 yang mendirikan kamar-kamar loteng-Mu di air, yang menjadikan awan-awan sebagai kendaraan-Mu, yang bergerak di atas sayap angin, 104:4 yang membuat angin sebagai suruhan-suruhan-Mu, dan api yang menyala sebagai pelayan-pelayan-Mu,
 
ibrani

Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api.  

gak cuma dari 1 ayat kok, bgtu jg dg matahari, air,bulan surgawi gak cuma dari 1 ayat, bgmna mungkin air di kejadian yg diatas surga = Allah yg mahatinggi, coba dikumpulin dlu pan ayat2nya.

 

 

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

n4th4n_andy's picture

@b7 .. ini untuk yg no.2

1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Siapa kah yang di maksud dalam Yoh 1 : 1-4, tentu Yesus bukan ?
dan ini pernyataan Yesus tentang kebersamaan-Nya dengan Allah (saya rasa in cukup eksplisit)
Yoh 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."

sekarang kita lihat kitab kejadian 1 : 2
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
 
saya coba pakai warna untuk menunjukkan keterkaitan nya.
 
Rasul Yohanes hanya dapat menuliskan demikian(sebatas pengertian/hikmat/pemahamannya sendiri) dalam Yoh 1:1 Firman itu bersama-sama dengan Allah ,  tetapi Yesus sendiri mengatakan/menyatakan  dalam Yoh 10:38 .........., bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.
 
saya gunakan warna untuk memparalel kan arti bersama-sama dengan Allah.
Pembahasan nya :
dari Kej 1:2
bahwa  gelap tidak berada  di dalam Roh Allah
bahwa air tidak berada  di dalam Roh Allah
 
dan dalam kitab Kej pasal 1 dalam ayat-ayat  selanjut nya pun yang tertulis :
Kej 1:3. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:6. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:9. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:11. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:14. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:20  Berfirmanlah Allah :
Kej 1:24. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:26. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:29. Berfirmanlah Allah :
 
nah sekarang kesimpulan.
Dalam kitab Kejadian pasal 1  ini :
 
 - gelap tidak berfirman ; bahkan menurut saya tidak akan pernah dan tidak mungkin bisa berfirman
 
 - air tidak berfirman ; bahkan menurut saya tidak akan pernah dan tidak  mungkin bisa berfirman
 
 - gelap itu dipisahkan-Nya dari terang
 
 - air itu di pisahkan-Nya bahkan air itu di perintahkan-Nya untuk berkumpul
    di satu tempat.
 
note : kebenaran itu akan kembali kepada KEBENARAN itu sendiri, jikalau Alkitab adalah standart Kebenaran maka IA akan kembali kepada  standart Kebenaran-Nya , bukan milik pribadi ataupun kelompok melainkan milik-Nya
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

bintang seven's picture

andy

Pembahasan nya :
dari Kej 1:2
bahwa  gelap tidak berada  di dalam Roh Allah
bahwa air tidak berada  di dalam Roh Allah.
 
gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang layang diatas permukaan air, darimana kah anda bisa mengatakan mereka TIDAK BERSAMA SAMA? kalimatnya jelas gelap menutupi samudera Raya, bisakah anda menutupi piring anda dg tisue lalu mengatakan tisue itu TERPISAH DARI PIRING yg ditutupi tadi?
 
 
 - air itu di pisahkan-Nya bahkan air itu di perintahkan-Nya untuk berkumpul
    di satu tempat.
 
1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering."
 
yg disuruh berkumpul pada satu tempat itu air yg dibawah langit. bukan yg diatas, tp yg diatas memang MEMISAHKAN DIRI dr yg DIBAWAH, dia gak disuruh2 tp membatasi dirinya dg langit/shamayim/surga. Penguasa malam dan siang ada disurga. sedang Air ada diatas surga. ketiganya yg esa.
 
- gelap tidak berfirman ; bahkan menurut saya tidak akan pernah dan tidak mungkin bisa berfirman
- gelap itu dipisahkan-Nya dari terang
 
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
 
di dalam Firman ada Hidup dan hidup adalah terang manusia. dan kegelapan tidak menguasainya, mengapa kegelapan muncul di ayat ini, kegelapan macam apa yg tidak menguasai HIDUP alias terang manusia?
jika itu kegelapan HURUFIAH betapa bingungnya mengartikan ayat ini, itulah mengapa jarang dikotbahkan, krn membingungkan , mengapa krn benak mereka cuma tau KEGELAPAN = kurangnya cahayaalias REMANG2 alias hurufiah. bagaimana mungkin HIDUP YG ADALAH TERANG MANUSIA TIDAK DIKUASAI KEGELAPAN = hidup yg adalah terang manusia tidak dikuasai cahaya remang2??
 
tapi jika ini adalah cerita pada mulanya, dan kitab kejadian juga adalah mula penciptaan, TERANG yg DIPISAHKAN DARI GELAP PADA KEJADIAN 1 adalah Firman dan Allah itu sendiri!! itulah yg dimaksud Yohanes. GELAP dipisahkan dari Terang. GELAP TIDAK MENGUASAI TERANG.
 
Firman adalah dwitunggal Terang didalam gelap!! Yesus Kristus yg telah menjadi daging adalah anak TErang=anak Allah. KEJADIAN mencatat, ALLAH BERFIRMAN, bukankah Allah dan Firman yg dimaksud itu= Allah +firman= Terang + gelap.
 
Terang yg tingGal dlm manusia PERCAYA disebut HIDUP. supaya tidak mati kita harus memiliki HIDUP. tp utk memiliki hidup kita harus percaya, percaya apa? percaya pada karya Yesus Anak Allah dikayu salib. dan paulus mengatakan mustahil anda percaya Yesus tanpa Roh kudus.
 
12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh kudus.
 
ketiganya yg esa, ALLAH YG ESA bekerja, semua adalah dari ALLAH, OLEH ALLAH DAN UNTUK ALLAH, Allah yg membatasi diri, satu sama lain adalah yg menganugerahkan segala sesuatunya kepada kita. itulah mengapa keselamatan adalah anugerah krn semua dikerjakan oleh 1 oknum: ALLAH!! TERPUJILAH ALLAH SAMPAI SELAMA2NYA.
 
 
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

n4th4n_andy's picture

b7  wrote : Firman adalah

b7  wrote :
Firman adalah dwitunggal Terang didalam gelap!!
bandingin sama yg ini  :
Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
 
Kej 1:3. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:6. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:9. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:11. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:14. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:20  Berfirmanlah Allah :
Kej 1:24. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:26. Berfirmanlah Allah :
Kej 1:29. Berfirmanlah Allah :
 
 
 
 
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

bintang seven's picture

jgn kuatir ndy

sebelum menyimpulkan seperti pernyataan kamu yang saya kutip itu seharus nya kamu bertanya dulu kepada pengajar kamu/sumber tempat kamu belajar atau paling tidak kesimpulan" kamu di ikuti dengan ayat" alkitab yang mendukung kesimpulan kamu supaya kamu bisa sempurna
 
tidak usah menkhwatirkan saya andy, jika anda bisa membuktikan bhw yg saya tulis salah, akan saya angkat guru baru deh. kesombongan dan keyakinan itu beda2 tipis, apakah paulus sombong ketika Ia tidak minta pertimbangan pd manusia utk memberitakan injil? mungkin dia terlalu yakin, tipis kan??
 
6. Allah Bapa/yg mahatinggi/air punya 2 anak yaitu yesus/gelap/firman dan kristus/allah/Roh. gelap+roh dan bersatu didalam daging lahir dari perawan maria disebut YEsus Kristus sang anak TUnggal bapa, sang domba Allah.
kalau Anak Tunggal ya 1 .. mungkin kah Dwi(2)Tunggal ???
 
baiklah saya coba jawab:
 
anak tunggal Allah adalah Yesus.
 
Yoh 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
 
sedangkan anak Tunggal Bapa adalah Yesus Kristus. = Yesus + Kristus , adalah = Yesus + Allah (Roh).
 
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
 
anak Tunggal Bapa berbeda dg anak Tunggal Allah, ini aja dlu.
 
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

n_A : saya mau sharing

n_A.....saya senang dengan tata bahasa, maka saya ingin berdiskusi dengan anda.
 
 
1. siapakah BapaNYA Yesus (tanpa Kristus): bapa Yesus adalah Allah
bukankah seharusnya di jawab dengan sebuah nama .. siapakah nama nya ??
smile: jika pertanyaannya dari anda , harus dijawab dengan nama, jika pertanyaan b7, apakah tidak sama dengan permisalan ini?

Siapakah bapanya si Budi? Bapa si Budi adalah om yang rambutnya putih, yang kemaren nraktir kita makan bebek panggang itu lho.
Siapakah namanya? kalau tidak salah pa Tino....
Bagaimana jika dengan ilustrasi tersebut?
kesimpulan : B7 masih benar dalam pertanyaan dan jawaban no 1.
 
 
2. siapakah Allah? Allah adalah Roh yg melayang2 diatas permukaan air di kej 1. Allah adalah Roh.
jawaban adalah bentuk dari Allah 
 
smile :yang nomor dua apa maksud anda? saya tidak mengerti.
 
3. siapakah Yesus KRISTUS? Yesus Kristus adalah Yesus anak Allah + Roh Allah.
jawaban anak sekolah minggu pasti lebih baik dari ini
 
smile, bagaimana jawaban yang paling benar menurut anda?
Jika mengkoreksi tentunya dengan memberikan koreksinya, dengan alasannya.
 
4. siapakah bapaNYA Yesus Kristus? BapaNYA Yesus Kristus adalah ALLAH BAPA
sekali lagi seharusnya nama nya
IMO, idem dengan no 1
 
5. siapakah Allah bapa? IA adalah ALlah yg Mahatinggi = Air di dalam kejadian 1:2
 pemahaman dari mana ini ????
 
nah kalau ini saya pun masih belum bisa menerima,...coba anda cari blog Hai Hai, maka anda akan menemui tentang hal ini.
 
ini saja dulu,....thanks
 
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

n4th4n_andy's picture

@smile .. tata bahasa ya deal nya ..hehe

n_A.....saya senang dengan tata bahasa, maka saya ingin berdiskusi dengan anda.
b7 menulis :
1. siapakah BapaNYA Yesus (tanpa Kristus): bapa Yesus adalah Allah 
 
smile: jika pertanyaannya dari anda , harus dijawab dengan nama, jika pertanyaan b7, apakah tidak sama dengan permisalan ini?

Siapakah bapanya si Budi? Bapa si Budi adalah om yang rambutnya putih, yang kemaren nraktir kita makan bebek panggang itu lho.
Siapakah namanya? kalau tidak salah pa Tino....
Bagaimana jika dengan ilustrasi tersebut?
kesimpulan : B7 masih benar dalam pertanyaan dan jawaban no 1.
 
oke lah kita anggap jawaban b7 masih benar .. benar dalam konteks ny pertanyaan itu di jawab atau kah benar dalam hal ketidaktahuan ??
jikalau tidak tahu maka bukankah cukup di jawab dengan "saya tidak tahu/saya belum kenal"
 
dari jawaban b7 ptanyaan no 1 bukankah akan kembali keluar 1 pertannyan lagi  " siapakah Allah bapa Yesus itu ? " dan bila pertanyaan itu lebih detail bentuk nya adalah " Siapakah Nama Allah Bapa Yesus itu ? "
 
2. siapakah Allah? Allah adalah Roh yg melayang2 diatas permukaan air di kej 1. Allah adalah Roh.
 
Apakah Allah nama nya adalah Roh atau kah bentuk dari Allah adalah Roh ???
sekali lagi awalkata pertanyaan  " Siapakah .... ? "
 
 
3. siapakah Yesus KRISTUS? Yesus Kristus adalah Yesus anak Allah + Roh Allah.
jawaban anak sekolah minggu pasti lebih baik dari ini
 
smile : bagaimana jawaban yang paling benar menurut anda?
Jika mengkoreksi tentunya dengan memberikan koreksinya, dengan alasannya.
saya coba jawab :
Yesus KRISTUS ?  : Dia yang di salibkan itukah ? orang  yang mati di kayu salib, di kubur dan di bangkitkan pada hari ketiga itukah ? Orang Nazareth itu kah  yang lahir dari Maria yang bersuamikan Yusuf , yang di kandung dari Roh Kudus ?  jikalau jawaban dari semua yang jawaban pertanyaan itu adalah ya maka jawaban saya adalah : Yesus KRISTUS , Anak Allah yang di kandung dari Roh Kudus yang di lahirkan oleh perawan Maria yang bersuamikan Yusuf ..
 
4. siapakah bapaNYA Yesus Kristus? BapaNYA Yesus Kristus adalah ALLAH BAPA
sekali lagi seharusnya nama nya
IMO, idem dengan no 1
IMO .. a question  .. mungkinkah Yesus di pisahkan dari KRISTUS  ??
sekali lagi pertanyaan dengan kata  " Siapakah .... ? "
jikalau memakai jawaban dari b7  : BapaNYA Yesus Kristus adalah ALLAH BAPA  seharusnya jawaban atas b7 atas pertanyaan no.1 adalah sama dengan jawaban pada pertanyaan b7 yg no.4
tetapi yang di permasalah kan adalah bentuk dari tata bahasa pertanyaan kan ?
jkalau memakai ilustrasi yang dari smile  
siapakah bapa Budi ? bapa Budi itu loh om yang rambut nya putih, tapi saya kurang tau nama nya, kalau tidak salah  pa tino  << dengan begini jelas menunjuk kepada satu personal tetapi si penjawab juga menerangkan bahwa penjawab  tidak tahu/kenal nama bapa  Budi(personal itu).
note : yang di tulis miring itu saya tambahin gpp kan he he  :-)
 
untuk no.1 dan no.4 .. bukankah lebih baik dengan satu jawaban ALLAH BAPA 
 
5. siapakah Allah bapa? IA adalah ALlah yg Mahatinggi = Air di dalam kejadian 1:2
 pemahaman dari mana ini ????
 
nah kalau ini saya pun masih belum bisa menerima,...coba anda cari blog Hai Hai, maka anda akan menemui tentang hal ini. 
 
ya saya saran sih jangan di terima dulu di uji lagi .. gk langsung d pakai mentah"
 
dalam alkitab kaya nya gk ada tuh pernyataan yang mengindikasi kan seperti jawaban b7
 
segitu aja dulu smile .. moga" berkenan kalo kurang ya sama" cari ajah he he
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

smile's picture

n_A....yup,...deal....

n_A...bagaimana jika dengan ilustrasi ini?
 
Siapakah kamu? Siapa kamu berani berbicara disini?
I'm majority voice.....
 
jika orang bertanya siapa, belum tentu harus kudu musti dijawab dengan namanya bukan?
 
tok...tok...tok....
siapa?
Ini, aku.
 
knok knok knok...
Siapa tuch???
ini, gue, kuya.....(mungkin tidak selalu harus menyebut dengan nama jika ditanya siapa, hanya untuk yang sudah mengetahui siapa yang ditanya, apakah begitu?
 
Siapa????
Saya dari petugas kebersihan
Saya dari kantor pajak.
 
Mau apa? mau tau aja lu,...xixixixi....
 
tentu yang bertanya pun ga akan bertanya,..siapa namanya, bapa yang dari kantor pajak tuch....?
gimana, yah....
 
masih dalam tata bahasa...xixixi...jangan OOT yah....kalo masalah alkitab smile masih jauh dari kata mengerti,...kalau dikit dikit boleh diluar topik ini dalam blog yang lain yang berhubungan.....ok....
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

n4th4n_andy's picture

@smile ...ha ha ha setuju

yg OOT tu gmana ??
 
ini pertanyaan nya kan
1. siapakah BapaNYA Yesus ?
 
saya coba bikin 1 pertanyaan yg mirip
 
siapakah bapanya Gita(Gutawa) ?
 
gimana coba ..
kalo ikut tata bahasa prokem seh saya setuju banget sama post kamu n lapan
he he
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

bintang seven's picture

yg OOT tu gmana ??   ini

yg OOT tu gmana ??
 
ini pertanyaan nya kan
1. siapakah BapaNYA Yesus ?
 
saya coba bikin 1 pertanyaan yg mirip
 
siapakah bapanya Gita(Gutawa) ?
 
gimana coba ..
kalo ikut tata bahasa prokem seh saya setuju banget sama post kamu n lapan
he he
 
 
bapanya gita gutawa ya erwin gutawa, krn gita gutawanya ngomong begitu, dan di media ditulis begitu, diakui dan diberitakan oleh yg bersangkutan spt itu. arahnya si nathan ini kemana sih? nama BapaNYA Yesus siapa gitu?? namanya Yesus ada mulai di perjanjian baru, nah menurut anda siapa nama bapanya Yesus? kubek kubek deh perj. baru, cuma dicatat n diberitakan bhw bapanya yesus adalah ALlah!! kurang puas? atau kurang tolol kah anda ini?
__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

Si pemimpin orkestra itu.lho Nat........

siapakah bapanya Gita(Gutawa) ?
lho kok,...nanya udah jawab sendiri...sih Nat?
 
 
gimana coba ..
kalo ikut tata bahasa prokem seh saya setuju banget sama post kamu n lapan
he he
ya kalo smile ditanya siapa bapanya Gita(Gutawa), smile akan jawab pemimpin orkestra
kalo ditanya siapa namanya? Erwin Gutawa.
 
bener ga...xixixixi...
 
OOT tuh maksudnya jangan membahas keluar dari bahasan kita tentang tata bahasa...misalnya ke bahasan tentang ayat,.....gitu lho maksudnya Nat....
 
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

n4th4n_andy's picture

@smile ..pinjem joke versi lapan

pinjem joke dari lapan nih ( copas  :p )
 
B: Dia adalah seorang Tukang Pipa
A: Saya tidak tanya pekerjaannya!!!
 
hehehe
 
saya gk da bahas tentang ayat  smile 
gk perlu copas" ayat kan hehe
 
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

smile's picture

nat

deee.........kena deh gue......xixixi
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"